Fakta Khasiat Daun Sirih Untuk Kesehatan

Khasiat Daun Sirih untuk Kesehatan - Daun sirih (Piper betle) yaitu daun dari tumbuhan yang hidup merambat dan bersandar pada pohon lain, biasanya sirih di tanam pada perdu pohon kedongdong sehingga ujung tanamannya akan terus menjalar mengikuti pohon kedongdong. Tanaman sirih yaitu orisinil berasal dari Indonesia dan sering kali sirih dijadikan masakan oleh orang bau tanah yang dimakan bersama gambir, kapur sirih, dan pinang. Tidak hanya itu, sirih juga telah menjadi masakan penting dalam menyambut tamu di tempat rumpun Melayu.

 yaitu daun dari tumbuhan yang hidup merambat dan bersandar pada pohon lain Fakta Khasiat Daun Sirih untuk Kesehatan


Ciri-Ciri Tanaman Sirih



Tanaman sirih berbentuk lingkaran dengan warna hijau kecoklatan dan beruas-ruas. Pada setiap ruas batang keluar akar-akrnya yang akan mengikat dirinya pada pohon tumpangannya. Sirih mempunyai daun yang runcing dibagian ujungnya ibarat jantung dengan panjang 5-8 cm dan lebar 4-5 cm. Daun sirih tumbuh tunggal pada padang sirih dan berselang seling dengan daun selanjutnya. Tanaman ini bisa merambat di atas pohon sampai ketinggian 15 meter.


Fakta Khasiat Daun Sirih untuk Kesehatan



Daun sirih mempunyai kandungan yang luar biasa didalamnya sehingga penggunaannya untuk kesehatan sangat penting sekali. Daun sirih mengandung minyak terbang (betIephenol), seskuiterpen, pati, diatase, gula dan zat samak dan kavikol yang mempunyai daya mematikan kuman, antioksidasi dan fungisida, anti jamur. Mengunyah daun sirih bisa untuk melancarkan dahak, melancarkan ludah, mengehntikan pendarahan, mengobati mimisan, melancarkan pencernaan. Berikut beberapa penyakit yang bisa di atasi dengan dau sirih.

1. Mengobati mata merah atau kotor
Untuk mengobati mata merah dan kotor daun sirih juga bisa di andalkan. Hanya dengan meggunakan beberapa lembar daun sirih maka mata bisa dibersihkan dan di obati. Berikut caranya.
- Siapkan 4-5 helai daun sirih, kemudian rendamkan dalam 1/2 gelas air panas, tunggu sampai dingin
- Kemudian sesudah cuek remas-remas daun sirih tadi sampai hancur dan saring
- Gunakan obat ini sebagai obat tetes mata 3 kali sehari dengan ukuran 2-3 tetes.

2. Mengatasi Batuk
Khasiat kesehatan dari daun sirh yaitu mengobati batuk. Batuk bisa di obati dengan menciptakan ramuan herbal daun sirih. Caranya yaitu dengan menyediakan 5 lembar daun sirih dan satu gelas air higienis dan satu buah jeruk nipis, Berikut caranya;
- Daun sirih dicuci higienis dan diblender bersama 1 gelas air
- Selanjutnya disaring dan idberi air perasan jeruk nipis
- Minum airnya, batuk anda akan lekas sembuh.

3. Mengatasi sariawan dengan daun sirih
Manfaat daun sirih untuk mengatasi sariawan. Daun sirh sebagai daun herbal menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan sampai pada mengobati sariawan. Caranya yaitu dengan mengunyah 2 lembar daun sirih sesudah dicuci bersih. Kemudian ampasnya dibuang, lakukan beberapa kali sampai sariawan anda sembuh.

4. Mengobati Bronchitis
Bronchitis yaitu penyakit yang terjadi akhir dari peradangan pada bronkus atau bronkiolus. Penyakit ini bisa disebabkan oleh virus, bakteri, bubuk atau lantaran menghirup zat kimia yang terpolusi. Akibat dari hal-hal ini maka bronkus bisa ter iritasi dan kotoran yang menumpuk pada bronkus bisa mengiritasi rambut halus silia dalam bronkus sehingga tidka berfungsi sebagaimana mestinya.

Bronchitis biasanya hanya penyakit yang biasa saja dan bisa disembuhkan dengan sempurna, namun penyakit bronchitis pada beberapa orang bisa berakibat fatal ibarat pada penderita jantung, paru-paru dan lansia. Penyakit ini juga harus ditangani dengan serisu supaya tidka menjelma TBC yang bisa menularkan ke orang lain. Bagi anda yang mengalami penyakit ini, anda bisa mencoba ramuan sederhana dibawah ini.

- Siapakan 7 lembar daun sirih
- Satu potong gula batu
- dan 2 gelas air putih

Cara membuatnya:
Daun sirih di rajang dan direbus dengan 2 gelas air
Masukkan gula batu
Masak hinggaair rebusan ini tersisa 1 gelas, dan gunakan untuk mengobati bronchitis

Cara Penggunaan:
Minum ramuan daun sirih ini sebanyak 3 kali sehari, dengan ukuran 3 sendok makan sehari. Lakukan beberapa hari.

5. Mengatasi gatal-gatal pada kulit
Khasiat daun sirh juga bisa untuk mengatasi gatal-gatal pada kulit. Caranya yaitu dengan mengambil beberapa daun sirih dan tumbuk sampai halus, kemudian hasil tumbukan daun sirih di baluskan pada kulit yang gatal secara merata.

6. Mengobati Bisul
Manfaat daun sirih untuk mengatasi bisul. Bisul yang dalam bahsa latin disebut dengan abscessus yaitu sekumpulan jerawat (darah busuk) yang telah terakumulasi di rongga jaringan sesudah terinfeksi sesuatu (biasanya basil atau parasit) atau barang aneh ibarat luka tembakan/tikaman. Jadi, bisul yaitu reaksi ketahan jaringan badan untuk mencegahnya menyebarnya benda aneh kedalam tubuh.

Bisul yang sudah pecah atau sudah mengeluarkan nanahnya, bisa di obati dengan menciptakan ramuan dari daun sirih. Caranya yaitu sebagai berikut:
- Ambil beberapa daun sirih
- Rebus daun sirih tahi sampai mendidih
- Selanjutnya diamkan sampai hangat
- Air hangat rebusan daun sirih ini di seka-kan pada bisul yang telah pecah. Anti biotik pada daun sirih ini akan mematikan basil yang ada pada luka dan jerawat bisul.

7. Menghilangkan amis ketiak
Bau ketiak yang menyangat akan menciptakan anda tidak nyaman dan selalu merasa tidak percaya diri saat berada di antara teman-teman anda.

Manfaat dan khasiat daun sirih salah satunya yaitu menghilangkan amis bdan taksedap ibarat amis ketiak. Gunakan saja herbal alami dari daun sirih. Daun sirih bisa dipakai sebagai obat luar atau obat dalam. Obat luar yaitu air rebusan 10 lembar daun sirih, gunakan sebagai air untuk menadi atau membilas kepingan yang sering berkeringat. Anda bisa juga menggosokkan daun sirih rebusan tadi pada area yang sering berkeringat ibarat ketiak.

Obat dalam yaitu air rebusan daun sirih diminum secara teratur. Caranya yaitu rebus 5 lembar daun sirih bersama 2 gelas air minum. Rebus sampai air berkurang menjadi 1 gelas, dan minum 2 kali sehari.

Inilah beberapa fakta kesehatan dari khasiat daun sirih untuk tubuh. Ini yaitu sebagai lanjutan dan sambungan artikel "manfaat daun sirih" pada postingan sebelumnya. Semoga membantu dan bisa di aplikasikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel