Khasiat Dan Manfaat Sirih Merah Bagi Kesehatan Tubuh

Khasiat dan Manfaat Sirih Merah bagi Kesehatan yang harus anda ketahui. Daun sirih biasanya dijaikan sebagai makanan para nenek baik dikota maupun dikampung. Namun beda halnya dengan sirih merah yang hanya dipakai untuk materi pengobatan tradisional atau sebagai tanaman hias dalam pot bunga dipekarangan rumah. Sirih merah dibudidaya sebahagian orang alasannya khasiatnya yang ampuh dalam menanggulangi beberapa macam penyakit.

Sudah semenjak zaman dahulu tanaman sirih merah atau yang disebut dengan Piper Crocatum dalam bahasa latinnya dipakai sebagai tanaman herbal untuk menyembuhkan persoalan kesehatan. Mungkin anda gres kali ini mendengar nama sirih merah dan keuntungannya untuk kesehatan, mari kini kita simak apa saja keuntungannya dalam menyembuhkan penyakit.

Khasiat dan Manfaat Sirih Merah bagi Kesehatan Khasiat dan Manfaat Sirih Merah bagi Kesehatan Tubuh


Manfaat dan Khasiat Sirih Merah



  1. Mencegah gusi berdarah. Daun sirih merah dapat dipakai sebagai obat alami dalam mengobati gusi berdarah, caranya sangat sederhana yaitu dengan merebus 4 helai daun sirih merah dalam 2 gelas air putih bersih. Kemudian dinginkan dan gunakan untuk berkumur-kumur.
  2. Mencegah sariawan. Sirih merah bermanfaat juga untuk mengobati sariawan atau bibir pecah-pecah. Caranya yaitu dengan mengunyah 2 helai sirih merah. Kunyah sampai hancur dan terasa cukup, dengan cara ini maka bibir yang luka atau pecah akan berangsur sembuh.
  3. Menghilangkan basi mulut. Manfaat sirih merah untuk menghilangkan basi ekspresi tak sedap. Kalau anda sering mengunyah sirih baik yang hijau atau merah, niscaya anda tahu bagaimana sensasi yang dihasilkan sirih. Dengan mengunyah sirih merah maka basi ekspresi yang tak sedap akan berubah dengan basi sirih. Cara lain yang dapat anda lakukan yaitu dengan memeras air sirih dan lalu meminumnya.
  4. Mengobati batuk. Untuk mengobati batuk ambil saja daun sirih merah sebanyak 15 lembar dan lalu rebus dengan 3 gelas air minum. rebus sampai air tersisa 1/4 gelas.
  5. Menghilangkan basi badan dengan daun sirih yaitu dengan merebus 5 helai daun sirih merah dengan 2 gelas air, masak sampai tinggal 1 gelas, dan minum disiang hari.
  6. Mengurangi jerawat. Daun sirih juga bermanfaat untuk mengobati infeksi diwajah atau di area lainnya. Ambil 10 lembar daun sirih dan basuh bersih. Kemudian tumbuk halus dan seduh dengan 2 gelas air hangat dan minum menyerupai biasa.
  7. Mengatasi luka bakar. Ambil beberapa helai daun sirih dan tumbuk halus, lalu campur dengan sedikit madu, dan oleskan pada luka bakar.
  8. Mengatasi mimisan. Untuk mengatasi persoalan mimisan ambil satu helai daun sirih muda dan gulung, lalu sumpalkan pada hidung yang bermimisan.
  9. Mengatasi gatal-gatal. Daun sirih merah juga bermanfaat untuk mengatasi gatal-gatal sekujur badan. Rebus sampai 20 helai daun sirih sampai mendidih. Kemudian ambilnya dan dinginkan, selanjutnya mandi dengan air tersebut atau basuk sekujur tubuh dengan air rebusan tersebut.


Inilah sebagian dari sekian banyak manfaat dan khasiat dauns irih merah untuk Kesehatan tubuh. Semoga membantu anda dalam mengatasi persoalan kesehatan tubuh. Selamat mencoba

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel