Khasiat Dan Manfaat Daun Jarak Yodium/Jarak China

Pada masa tahun 80 hingga 90 orang-orang mengenal obat luka dengan nama obat merah atau disebut juga yodium.  Dan pada ketika itu ada obat alami yang biasa disebut dengan daun Yodium yang dipakai untuk mengobati luka baru, alasannya fungsinya menyerupai obat yodium atau obat merah maka tanaman ini biasa disebut dengan daun yodium. cukup petik tangkai daunnya dan getahnya dioleskan pada luka-luka yang gres tadi.
Nama ilmiah daun Yodium yakni Jatropha multifida. Sedangkan nama lokalnya cukup majemuk menyerupai : jarak cina, jarak gurita , jarak tintir, batai dsb, mungkin nama di kampung anda lain. Ciri fisik jarak yodium ini sangat muda dikenali dari bentuk daunnya yang berjari banyak dan tepinya bergerigi. Bentuk bunganya cukup indah dengan warna merah sehingga banyak ditanam orang sebagai tanaman hias di pekarangan rumah.




Khasiat Jarak Yodium antara lain:
1. Obat Luka Gores /Teriris
Kandungan senyawa flavonoida dan tannin yang terdapat di dalam daun jarak Yodium sangat efektif untuk melawan infeksi basil Staphylococcus aureus, serta mempercepat pengeringan luka gores.  Cara : ambil tangkai daun jarak yodium tunggu hingga getahnya keluar. Oleskan getah ini pada luka di kulit yang luka. Cara ini sangat efektif untuk mempercepat luka kering.

2. Obat memar, terkilir, dan patah tulang
Zat Anti-inflamasi yang terdapat dalam daun jarak cina berkhasiat untuk mengatasi bengkak, memar, dan sebagainya. Cara menciptakan ramuan: petik 7 lembar daun jarak cina, lalu tumbuk hingga lumat. Campur dengan sedikit air, balurkan pada bab yang memar tadi.

3. Meredakan radang sendi dan pegal linu
Di beberapa tempat, daun jarak yodium sering dipakai untuk mengobati radang sendi. Caranya, ambil 7 daun jarak cina lalu tumbuk sampai  getahnya keluar. Tambahkan dengan minyak aroma terapi, untuk membuka pori-pori kulit anda sehingga getah tananam sanggup meresap lebih dalam. Balurkan gabungan ini pada persendian yang bermasalah.

4. Obat sakit gigi
Untuk obat sakit gigi  alami, caranya cukup mudah.  siapkan biji jarak yodium secukupnya, tumbuk biji hingga halus, lalu seduh dengan segelas air panas. Pakai air seduhan hangat tadi untuk kumur-kumur  selama lebih kurang 5 menit. Lakukan secara rutin di 3 kali sehari pagi, siang, dan malam hari.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel