15 Obat Sakit Gigi Tradisional Yang Gampang Dibuat

Obat Sakit Gigi Tradisional dari materi alami berupa flora atau tanaman. Disertai cara mengatasi sakit gigi tanpa obat.



 Tradisional dari materi alami berupa flora atau tumbuhan 15 Obat Sakit Gigi Tradisional Yang Praktis Dibuat



Sakit gigi yakni rasa nyeri yang terjadi pada tempat sekitar gigi dan rahang akhir adanya kerusakan yang disebabkan oleh beberapa hal. Menurut ahli, sakit gigi yakni salah satu tanda-tanda ringan dari penyakit jantung dan stroke. Oleh lantaran itu, Anda harus sedikit waspada kalau kini mengalami duduk kasus ini.





Sakit pada gigi menciptakan penderita tidak nyenyak tidur dan berefek pada kepala pusing, gampang murka akhir situasi sekitar yang gaduh, dan tidak bisa mempusatkan perhatian pada satu tujuan. Dalam banyak kasus, sakit gigi disebabkan oleh kerusakan gigi, bisa keretakan, kekeroposan, atau penyakit gusi.





Penyebab sakit gigi yang paling umum yakni terdapatnya basil pada gigi yang lama-kelamaan sanggup menciptakan gigi berlubang. Tetapi dalam beberapa masalah sakit gigi tidak hanya terjadi akhir gigi mengalami masalah, tetapi gusi yang terinfeksi atau mengalami pembengkakan juga ‘sukses’ menghadirkan rasa nyeri pada rahang atau gigi.





Obat Sakit Gigi



Kebanyakan penderita mendapat saran dari teman atau anggota keluarganya untuk mengobati sakit gigi dengan berkumur air hangat dan memakai garam. Sebenarnya cara mengobati sakit gigi tersebut tidak berhasil sepenuhnya, faktanya pada beberapa masalah ada yang menciptakan rasa sakit pada gigi semakin parah dan berdenyut. Itu terjadi lantaran beberapa orang ada yang bergigi sensitif.





Oleh lantaran itu alangkah baiknya Anda menentukan salah satu dari beberapa pilihan obat sakit gigi tradisional berikut, kemudian jalani pengobatan alami secara rutin biar rasa sakit cepat mereda.





1. Daun Inggu Kering


Bahan: 2 - 4 gram daun inggu kering dan 2 cangkir (ukuran sedang) air bersih.


Cara pengobatan: Rebus daun inggu kering ke dalam panci yang terisi 2 gelas air hingga mendidih. Saring air dari daunnya, kemudian tunggu hangat dan gunakan ramuan untuk berkumur beberapa kali.





2. Minyak Batok Kelapa


Bahan: Batok kelapa yang telah terbagi dua dan kapas secukupnya.


Cara pengobatan: Ambil satu kepingan batok kelapa, kemudian bakar hingga keluar minyaknya. Ambil minyak batok kelapa memakai kapas, kemudian tempelkan pada gigi yang sakit. Sehabis itu Anda akan kaget lantaran reaksi dari obat ini cukup cepat, rasa sakit pada gigi akan hilang hanya dalam beberapa menit.





3. Daun Sirih dan Cengkeh


Bahan: Daun sirih dan cengkeh secukupnya.


Cara pengobatan: Rebus kedua bahan, kemudian gunakan untuk berkumur beberapa kali. Jika Anda merasa belum bisa menciptakan ramuan ini, obat kumur dari adonan cengkeh dan daun sirih ini bisa Anda beli di pasar.





4. Bawang Putih


Bahan: Bawang putih (1 butir).


Cara pengobatan: Kupas kulit luar bawang putih, sehabis itu tumbuk hingga halus. Tempelkan tumbukan bawang putih pada kepingan gigi luar yang sakit.


Cara pengobatan 2: Cuci bawang putih dengan air hangat. Kunyah bawang putih mentah selama beberapa menit, kemudian buang dan basil penyebab sakit gigi akan mati.





5. Minyak Cengkeh


Bahan: Minyak cengkeh secukupnya.


Cara pengobatan: Gunakan minyak cengkeh dengan cara meneteskannya pada gigi yang sakit memakai kapas atau cotton bud (ditempel-tempel). Setelah rasa sakit hilang (kira-kira 30 menit), barulah berkumur dengan air hangat.





6. Bunga Matahari


Bahan: Bunga matahari (50 gram), jahe (5 gram), dan air jernih (600 cc).


Cara pengobatan: Jahe dan bunga matahari direbus dalam 600 cc air hingga mendidih dan air tersisa 300 cc. Saring air rebusan dan minum obat herbal sakit gigi ini selagi hangat. 





7. Asam Jawa (Obat Penyembuh Karang Gigi)


Bahan: Biji asam jawa secukupnya.


Cara pengobatan: Goreng tanpa minyak (sangrai) biji asam jawa, sehabis itu ditumbuk hingga lembut. Masukkan biji asam jawa yang telah halus pada kain, kemudian gosok pada gigi yang berlubang.





8. Biji Jarak Cina


Bahan: 1 butir biji jarak cina dan 1 gelas air panas.


Cara pengobatan: Giling atau tumbuk biji jarak cina hingga benar-benar halus, seduh dalam satu gelas air panas dan aduk. Saring airnya, tunggu dingin, terakhir gunakan air untuk berkumur.





9. Daun Cengkeh


Bahan: Daun cengkeh secukupnya.


Cara pengobatan: Cuci daun cengkeh, seduh dalam seelas air panas, kemudian lumatkan daun cengkeh. Gunakan kain untuk memeras daun cengkeh yang halus, kemudian tempelkan kapas pada air hasil perasan. Tempel dan gosok kapas pada gigi yang sakit (berlubang).





10. Teh Hangat (Tanpa Gula)


Bahan: Satu gelas teh hangat tanpa gula.


Cara pengobatan: Gunakan air teh untuk berkumur beberapa kali, kemudian biarkan 15 menit. Setelahnya letakkan kantung teh bekas pada gusi untuk meringankan peradangan.





11. Cabe Rawit.


Bahan: Cabe rawit hijau atau merah secukupnya.


Cara pengobatan: Tumbuk cabe rawit, kemudian seduh dalam air panas. Kenai kapas dengan air seduhan cabe rawit, kemudian tempel pada gigi yang sakit. Bisa juga untuk berkumur.





12. Getah Jarak


Bahan: Getah tumbuhan jarak secukupnya.


Cara pengobatan: Teteskan bertahap getah jarak pada gigi yang berlubang, atau bisa juga gunakan kapas untuk diselipkan pada gigi yang berlubang.





13. Akar Meniran


Bahan: Akar meniran (5 gram).


Cara pengobatan: Bersihkan akar meniran, kemudian kunyah memakai gigi yang sakit. Setelah itu berkumur dengan air biasa, dan istirahatlah.





14. Akar Kangkung


Bahan: Segenggam akar kangkung dan 1/2 sdt cuka.


Cara pengobatan: Aliri (bersihkan) akar kangkung, kemudian rebus dalam segelas air dan tambahkan 1/2 sdt cuka. Air rebusan yang sudah agak hirau taacuh dipakai untuk berkumur.





15. Serai


Bahan: Sereh atau sirih (40 gram), air matang (2 gelas).


Cara pengobatan: Rebus semua sereh dalam 2 gelas air hingga mendidih dan air berkurang satu gelas. Gunakan obat ini untuk berkumur setiap hari hingga sakit gigi hilang.





Cara Mengatasi Sakit Gigi Tanpa Obat





  • Bersihkan kepingan gigi yang sakit memakai sikat gigi dengan pasta yang cocok untuk meredakan rasa sakit. Jika sehabis beberapa menit belum sembuh juga, bisa jadi ada sisa makanan yang menyelip pada lubang gigi. Gunakanlah lidi kecil atau tusuk gigi untuk mengangkat kotoran yang menyelip pada lubang atau sekitar gigi, sehabis itu berkumur.
  • Pijat atau urut kepingan pelipis (posisi gigi yang sakit) dari depan hingga belakang (depan telinga) memakai minyak yang tak beraroma selama beberapa menit hingga rasa nyeri hilang perlahan.
  • Tempelkan pengecap pada kepingan gigi yang sakit, kemudian tarik atau sedok hingga darah pada gigi yang sakit keluar. Jika berhasil, warna darah yang keluar biasanya merah kehitaman.





Jika sakit gigi sudah hilang, rawatlah gigi dengan cara rajin menggosok gigi, berkumur sehabis makan dan sehabis bangkit tidur, jangan terlalu sering makan coklat, dsb. 





Apabila Anda ingin sakit gigi benar-benar sembuh, berkunjunglah ke dokter gigi dan minta pendapat terbaiknya. Biasanya dokter merekomendasikan untuk mencabut gigi atau menambal gigi (jika lubang tidak terlalu besar). Dengan begitu rasa sakit pada gigi yang suatu ketika sanggup kambuh tidak perlu menciptakan Anda resah.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel