Manfaat Terumbu Karang Bagi Biota Maritim Dan Manusia

Manfaat Terumbu Karang Bagi Kehidupan Manusia dan juga bagi biota laut itu sendiri, Terumbu Karang menyerupai yang sanggup kita baca terdiri dari Dua kata, Kata pertama terumbu yang bisa kita artikan sebagai endapan watu kapur, yaitu kalsium karbonat, yang dihasilkan oleh binatang karang dan biota-biota lain, Dan Kata kedua yaitu Karang yang mana bisa kita artikan sebagai homogen binatang yang berasal dari ordo Scleractinia yang bisa menyekresi kalsium karbonat.


 Bagi Kehidupan Manusia dan juga bagi biota laut itu sendiri Manfaat Terumbu Karang Bagi Biota Laut Dan Manusia
Ilustrasi Keindahan Terumbu Karang



Akan tetapi Terumbu Karang tidaklah bisa di artikan secara terpisah alasannya yaitu bila di artikan perkata maka pengertianya menyerupai di atas, dan maksud dari terumbu karang itu yaitu Sekompulan ekosistem di bawah Laut penghasil kapur (CaCO3) khususnya jenis-jenis karang watu dan alga berkapur, gotong royong dengan biota yang hidup di dasar lainnya menyerupai jenis-jenis moluska, krustasea, ekhinodermata, polikhaeta, porifera, dan tunikata serta biota-biota lain yang hidup bebas di perairan sekitarnya, termasuk jenis-jenis plankton dan jenis-jenis nekton.

Nah itu yaitu Pengertian dari Terumbu Karang yang sesungguhnya, supaya kita sudah mengerti ya pengertian dari terumbu karang yang sebenarnya, oke kita akan masuk kebagian inti dari artikel ini, yakni manfaat terumbu karang bagi kehidupan, Nah silahkan simak di bawah ini.

Manfaat Terumbu Karang Bagi Biota Laut 

  1. Secara alami, terumbu karang merupakan habitat bagi banyak spesies laut untuk melaksanakan pemijahan, peneluran, pembesaran anak, makan dan mencari makan (feeding & foraging), terutama bagi sejumlah spesies yang mempunyai nilai hemat penting. 
  2. Banyaknya spesies makhluk hidup laut yang sanggup ditemukan di terumbu karang menyebabkan ekosistem ini sebagai gudang keanekaragaman hayati laut. 
  3. Saat ini, tugas terumbu karang sebagai gudang keanekaragaman hayati menjadikannya sebagai sumber penting bagi aneka macam materi bioaktif yang diharapkan di bidang medis dan farmasi.


Manfaat Terumbu Karang Bagi Manusia

  1. Sumber ikan dan masakan laut lainnya yang mengandung protein tinggi.
  2. Melindungi pantai dan penduduk dari hantaman ombak dan arus.
  3. Sumber penghasilan bagi nelayan (tangkapan ikan).
  4. Kekayaan pariwisata laut yang berdaya jual tinggi (memancing, menyelam, snorkeling).
  5. Sumber kekayaan laut yang bisa dipakai sebagai obat-obatan alami.
  6. Sebagai laboratorium alam untuk pendidikan dan penelitian. 


Nah banyak sekali bukan manfaat dari terumbu Karang bagi kehidupan insan ataupun kehidupan laut itu sendiri, makanya saya miris banget saat mendengar informasi ihwal pengeboman terumbu karang dan hal sejenisnya, itu perbuatan yang sangat tidak bertanggung jawab dan juga menghancuran keindahan dasar laut yang terbentuk secara ratusan tahun, Mari kita sama-sama jaga Kehidupan di dasar laut di kawasan kita, Sampai di sini dulu ya artikel kali ini, baca juga artikel sebelumnya yang telah kami berikan pada kesempatan kemudian yakni Manfaat Buang Rosella

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel