40 Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan Dan Kecantikan Alami


Halo, selamat daang para pembaca blog manfaat buah bagi kesehatan dimanapun anda berada. Kesehatan kita merupakan salah satu nikmat dair Tuhan SWT yang harus kita jaga dan kita syukuri. Salah satu cara untuk mensyukuri nikmat sehat yakni dengan menjaga tubuh kita dari barang yang haram dan dilarang.


Tuhan SWT sudah menyediakan banyak sekali makan dan minuman di dunia ini yang bisa kita makan dan minum, begitu juga yang yang tidak boleh kita makan dan tidak boleh kita minum. Ada yang halal dan baik, ada yang halal tapi tidak baik.


Maka dari itu, kita dianjurkan untuk mengkonsumsi yang baik dan halal. Semua kebutuhan kita sudah isediakan oleh alam. Kaprikornus ketika kita sakit juga. Kita bergotong-royong bisa memanfaatkan aneka herbal yang ada di alam, salah satunya yakni jeruk nipis. Jeruk nipis yang berukuran kecil ini ternyata ada sejuta manfaat jeruk nipis untuk kesehatan dan kecantikan tubuh kita.


Kandungan Nutrisi Jeruk Nipis



Sebelum kita bahas apa saja manfaat jeruk nipis untuk kesehatan dan kecantikan, ada baiknya kalau ktia mengetahui kandungan nutrisi di dalam jeruk nipis. Dalam kandungan 100 g jeruk nipis, terdapat kalori 51 kal, protein 0,9 g, lemak 0,2 g, karbohidrat 11,4 g, mineral 0,5 g, kalsium 33 mg, fosfor 23 mg, besi 0,4 mg dan asam askorbat 49 mg.


Selain nutrisi di atas, jeruk nipis juga mengandung vitamin C yang tinggi,asam sitrat, asam amino (triptofan, lisin), minyak atsiri (sitral, limonen, felandren, lemon kamfer, kadinen, gerani-lasetat, linali-lasetat, aktilaldehid, nildehid) damar, glikosida, asam sitrun, lemak, kalsium, fosfor, besi, sulfur vitamin B1 dan C. Sedangkan daun, buah dan bunganya mengandung minyak terbang.

 Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan dan Kecantikan 40 Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan dan Kecantikan Alami



Manfaat Jeruk Nipis untuk Kecantikan Alami


Jeruk nipis ini sangat bermanfaat untuk perawatan kecantikan wajah, kulit, rambut, menghilangkan komedo, ketombe, dan lain sebagainya, selengkapnya yakni sebagai berikut ini:

1. Menghilangkan Jerawat


Manfaat jeruk nipis untuk jerawat sudah tidak diragukan lagi. Sudah banyak sekali mereka yang melakukannya, baik untuk menghilangkan jerawat secara alami maupun untuk menghilangkan bekas jerawat.



Inilah salah satu manfaat yang sangat luar biasa dari jeruk nipis. Cara menghilangkan jerawat dengan jeruk nipis terbilang cukup mudah, aplikasikan jeruk nipis di wajah. Caranya, teteskan perasan jeruk nipis di atas kapas, kemudian oleskan pada wajah. Diamkan selama 10 hingga 15 menit, kemudian bilas dengan air dingin.



2. Merawat Kulit Wajah


Selain untuk menghilangkan jerawat, jeruk nipis juga bermanfaat untuk merawat keindahan kulit kita. Cara merawat wajah dengan jeruk nipis juga sangat gampang sekali, yaitu usapkan air perasan jeruk nipis di wajah, kemudian diamkan selama 15 menit. Setelah 15 menit, bilas wajah anda dengan air hingga bersih. Cara ini sanggup menciptakan kulit wajah anda menjadi lebih bersih, halus, putih dan juga bisa digunakan untuk mengecilkan pori-pori kulit sehingga sanggup mencegah timbulnya jerawat. Jika anda ingin menciptakan kulit wajah anda menjadi kenyal dan juga bersih, yang sanggup anda lakukan yakni mencampurkan perasan jeruk nipis dengan putih telur kemudian oleskan pada wajah. Setelah olesan jeruk nipis dan putih telur tersebut mengering, segera bilas dengan air hangat hingga bersih.



3. Memutihkan Kulit Wajah


Salah satu cara memutihkan kulit wajah secara alami yakni dengan menggunakan jeruk nipis. Bagaimana caranya? Sediakan 1 sdm bubuk kunyit, 1 sdm susu bubuk dan 100 ml air perasan jeruk nipis. Caranya, Campurkan semua bahan, kemudian aplikasikan pada wajah secara merata hingga ke leher. Biarkan kering sekitar 20 menit. Setelah itu, bersihkan dengan air hangat. Dan akhiri dengan membilasnya menggunakan air dingin.

4. Manfaat Jeruk Nipis untuk Merawat Kesehatan Rambut


Jika anda ingin mempunyai rambut yang sehat dan cantik, anda bisa menadapatkannya dengan melaksanakan perawatan secara alami menggunakan jeru nipis. Bagaimana caranya? Basuh rambut dengan air hangat yang sudah dicampur dengan air perasan jeruk nipis. Setelah itu, diamkan rambut sebentar dan bilas lagi dengan air masbodoh hingga higienis (dianjurkan untuk menggunakan shampo). Cara ini sangat efektif untukmengatasi beberapa problem rambut ibarat kulit kepala berminyak, rambut berketombe rontok, dan rambut yang sulit diatur. Caranya cukup simpel, yaitu hanya dengan

5. Manfaat Jeruk Nipis untuk Menghilangkan Bau Badan


Bau tubuh mungkin terkesan sepele, namun cukup mengganggu. Nah, salah satu cara ampuh menghilangkan anyir tubuh yakni dengan menggunakan jeruk nipis. Caranya  belah jeruk nipis, olesi belahan dalam jeruk nipis dengan kapur sirih,kemudian oleskan di ketiak anda sesudah habis mandi dan diamkan selama 5 menit kemudian bilas dengan air.



6. Mengangkat Sel Kulit Mati




Sel kulit mati tanggapan debu, polusi, bekas jerawat atau sebab paparan sinar UV bisa diatasi dengan menggunakan jeruk nipis. Cara mengangkak sel kulit mati dengan jeruk nipis pun sangat gampang sekali, yakni  gunakan air jeruk nipis murni dan oleskan ke kulit wajah dengan pertolongan kapas. Kandungan AHA (alpha hydroxy acids) dalam buah jeruk nipis bisa mengangkat sel-sel kuliat mati yang ada diwajah kita. Hal ini telah terbukti dengan adanya banyak sekali macam penelitian. Kulit yang higienis sanggup menciptakan pori-pori bernapas lebih bebas, mendorong pembentukan kulit gres yang lebih sehat, dan menjaga elastisitas kulit.



7. Manfaat Jeruk Nipis untuk Membersihkan Komedo



Anda mempunyai komedo di hidung atau sekitar hidung? Hmm cara ampuh untuk menghilangkan komedo bisa anda lakukan dengan menggunakan jeruk nipis. Gosokkan air jeruk nipis ke seluruh wajah yang banyak terdapat komedo setiap malam. Biarkan saja semalaman dan bilas keesokan paginya. Lakukan secara rutin untuk hasil yang maksimal.


8. Wajah Sehat dan Bersinar



Memiliki wajah bagus dan bersinar yakni dambaan setiap wanita, anda bisa mendapatkannya dengan melaksanakan perawatan wajah menggunakan jeruk nipis. Lakukan dengan cara yang sama di atas  ibarat cara no 2.

Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan


Bagaimana? Sangat luar biasa sekali bukan? Nah, berikut ini yakni manfaat jeruk nipis untuk kesehatan tubuh yang perlu kita ketahui:


9. Ambeien


Manfaat jeruk nipis untuk kesehatan yang pertama yakni sanggup mengatasi ambeien. Caraya yakni sediakan 10 gr akar pohon jeruk nipis dicuci bersih, kemudian direbus dengan air 1 liter selama 1/2 jam, kemudian saring. Diminum hangat-hangat 3 kali sehari.

10. Anyang-anyangan


Dua jeruk nipis dicuci, diperas kemudian diberi gula kerikil secukupnya dan 1 gelas air panas. Aduk hangat-hangat, minum sekaligus sehari sekali.

11. Batuk disertai Influenza


Potong sebuah jeruk nipis masak dan mengandung air yang cukup banyak, kemudian peras. Seduh air perasannya dengan 60 cc air panas. Tambahkan 1/2 sendok teh air kapur sirih sambil diaduk rata. Minum ramuan ini 2 kali sehari 2 sendok makan.

12. Batu Ginjal


Dua butir perasan jeruk nipis kampung diencerkan dengan 2 gelas air hangat, minum sesudah makan malam. Lakukan tiap hari selama 10 hari.

13. Difteri


Dua jeruk nipis dicuci, diperas airnya. Seduh dengan 1 gelas air panas ditambah 1 sendok makan madu. Gunakan untuk berkumur selama dua menit ketika masih hangat, kemudian diminum. Lakukan 3 kali sehari.

14. Demam atau Flu


Cara 1:
Satu jeruk nipis dicuci kemudian diperas, tambah dengan 3 siung bawang merah yang telah dilumatkan dan 1 sendok makan minyak kelapa. Oleskan pada kening penderita.

Cara 2:
Satu jeruk nipis dipanggang sebentar, dipotong, kemudian diperas, tambahkan 1 sendok makan madu. Minum sekaligus.

15. Haid Tidak Teratur


Tiga sendok makan air jeruk nipis ditambah 1 sendok makan madu dan 2 gelas air panas diaduk rata. Minum selagi hangat. Lakukan 3 kali sehari

16.  Sehabis Melahirkan


Satu sendok makan kapur sirih ditambah 2 sendok makan minyak kayu putih dan 2 butir perasan jeruk nipis kampung, diaduk hingga rata, balurkan pada perut. Lakukan selama 3 bulan tiap hari sehabis mandi, biar perut terhindar dari keriput, tetap halus dan kempis ibarat sediakala.

17. Melebatkan Rambut


Satu butir kuning telur ayam kampung dikocok dengan perasan 3 butir jeruk nipis kampung hingga rata. Gosokkan pada kulit kepala, pijit-pijit hingga merata, biarkan selama 2 jam gres dibilas dengan sampo merang biar rambut menjadi mengkilap dan lebat.
Sampo merang dibentuk dari 1 ikat merang, dibakar hingga menjadi arang, bukan abu, rendam dalam air dan biarkan semalaman. Saring, dan sampo merang siap untuk keramas.

18. Menghentikan Kebiasaan Merokok


Iris 1 jeruk nipis, isap kemudian minum air putih. Lakukan beberapa kali sehari.

19. Vertigo


Setengah genggam daun jeruk nipis dilumatkan. Tambahkan 1 sendok makan air jeruk nipis. Gosokkan ke tengkuk, pelipis, dan dahi. Lakukan 2 kali sehari.

20. Radang Tenggorokan


Potong 3 buah jeruk nipis masak, kemudian peras. Seduh air perasannya dengan 1/2 cangkir air panas, tambahkan 1 sendok makan madu sambil diaduk rata. Selagi hangat, gunakan ramun ini untuk berkumur selama 2-3 menit. Lakukan 3 kali sehari.

21. Mengurangi Lendir di Tenggorokan


Potong 2 buah jeruk nipis, peras airnya, tampung di gelas. Tambahkan sedikit garam, kemudian aduk hingga rata. Ramuan ini sanggup diminum pada ketika perut kosong.

22. Mengobati Kurap atau Panu


Cuci 1 genggam akar landep (Barleria prionitis L.) hingga bersih, kemudian tumbuk halus. Tambahkan air perasan 1 buah jeruk nipis sambil diaduk rata. Balurkan pada belahan kulit yang terkena kurap atau panu, kemudian balut dengan kain perban. Ganti balutan 2 kali sehari hingga sembuh.

23. Demam/Panas Saat Malaria


Sediakan 3 lembar daun jeruk nipis dan daun kendal (Cordia obliqua Willd.) (Blumea balsamifera L.) , dan 5 lembar daun prasman (Eupatorium triplinerve Vahl.). Rebus bahan-bahan tersebut dengan 3 gelas air higienis hingga tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring. Air saringan tersebut dibagi dua, diminum pagi dan sore.

24. Manfaat Jeruk Nipis untuk Terkilir


Tiga Buah jeruk nipis masak dan banyak airnya dibelah menjadi dua. Masukkan ke dalam poci kemudian diseduh dengan 1/2 cangkir air panas, kemudian ditutup. Setelah masbodoh diambil jeruknya kemudian diperas dan disaring. Tambahkan 2 sendok makan minyak kayu putih dan 2 sendok makan minyak gandapura. Ramuan ini digunakan untuk mengurut belahan yang cedera. Setelah itu minum 3/4 gelas air kelapa hijau muda. Lakukan 3 kali sehari.

25. Pegal Linu


Cuci daun jeruk nipis, daun ketepeng cina, dan daun sambiloto (masing-masing 1/3 genggam), 10 lembar daun sirih, 2 jari akar pepaya, 2 jari akar kepayang, 3 jari akar kelor, dan 10 buah cabe rawit, kemudian tumbuk hingga halus. Rendam ramuan tersebut dalam 1 liter alkohol selama 7 hari. Air perasannya sanggup digunakan untuk menggosok dan mengurut belahan tubuh yang sakit.

27. Mengobati Sakit Gigi


Campurkan air jeruk nipis, gilingan akar kecubung hitam dan gilingan legetan badak masing-masing 1 sendok makan. Tambahkan 3/4 cangkir air garam ke dalamnya, kemudian aduk hingga rata. Selanjutnya peras ramuan tersebut dan saring. Gunakan air saringannya untuk berkumur selama beberapa menit, kemudian buang. Lakukan 4-6 kali sehari.

28. Melangsingkan Badan


Tambahkan air perasan satu buah jeruk nipis ke dalam cangkir air teh hijau. Minum ramuan ini setiap pagi dan sore hari. Lakukan setiap hari.

29. Menambah Stamina


Campurkan sebutir kuning telur ayam kampung, air perasan 1 buah jeruk nipis dan sedikit irisan gula merah. Aduk hingga rata, kemudian minum. Lakukan sekali dalam seminggu.

30.  Tekanan Darah Tinggi


Sediakan 20 kuntum bunga dan 30 lembar daun jeruk nipis. Cuci hingga bersih, kemudian tambahkan air perasan 2 buah jeruk nipis. Rebus bahan-bahan tersebut dalam 3 gelas air higienis hingga tersisa 2 1/4 gelas. Setelah dingin, saring. Air saringannya diminum 3 kali sehari 3/4 gelas. Minum ramuan ini ditambah sedikit madu. Lakukan setiap hari.

31. Diet Alami


Jeruk nipis manis itu rendah kalori, dimana materi ini merupakan materi yang tepat untuk diet rendah lemak. Sebagai gambaran, kalau Anda mengonsumsi sekitar 3,5 Oz jeruk nipis manis, maka Anda hanya akan menambah 43 kalori untuk tubuh. Di samping itu, jeruk nipis manis juga rendah kandungan protein sehingga Anda mungkin perlu untuk menambahkan elemen protein untuk diet. Untuk semua alasan ini, jeruk nipis manis yakni pilihan yang bagus bagi mereka yang ingin timbunan lemaknnya cepat terkikis.

32. Melancarkan Pencernaan


Jeruk nipis mempunyai flavonoid yang meningkatkan produksi empedu, asam, dan cairan pencernaan. Semua hal itu sangat membantu berfungsinya sistem pencernaan dalam tubuh. Dimana kandungan falonoid akan menetralkan cairan pencernaan asam, pengeluaran racun dalam tubuh. Di samping itu, mengonsumsi jeruk nipis manis juga akan menenangkan perut bila Anda menderita muntah, mual, atau diare.

33. Manfaat Jeruk Nipis sebagai Sumber Vitamin


Jeruk kaya akan vitamin C yang gampang membantu memenuhi kebutuhan harian dalam bentuk alami. Seorang laki-laki cukup umur membutuhkan 90 miligram vitamin C setiap hari dan perempuan cukup umur sekira 75 miligram. Karena setiap porsi jeruk nipis manis berisi minimal 50 miligram Vitamin C, Anda tak perlu khawatir untuk kebutuhan vitamin C setiap hari ketika Anda menambahkan jeruk nipis manis di sajian harian.

34. Sumber Mineral





Jeruk nipis manis sangat kaya akan mineral dimana mempunyai kandungan kalium tinggi sekitar 490 miligran dalam satu porsi. Selain kalium, jeruk nipis manis juga menunjukkan kandungan tembaga, kalsium, besi dan fosfor. Semua kandungan mineral itu mempunyai beberapa manfaat kesehatan.

35. Mengatasi sembelit


Jeruk dianggap buah terbaik untuk mengeluarkan racun dari terusan usus dan membantu membersihkan lurus. Oleh sebab itu, minum air jeruk nipis akan membantu menunjukkan pengobatan terhadap problem sembelit. Rasa manis jeruk nipis mengandung serat makanan yang sangat penting untuk mencegah sembelit. Cara terbaik untuk minum jus jeruk nipis dengan menambahkan sedikit garam ke dalam jus.

Manfaat Jeruk Nipis untuk kesehatan

36. Mengobati penyakit kuning


Jeruk nipis manis telah digunakan sebagai obat alami yang efektif untuk mengobati penyakit kuning. Hal ini sebab kandungan gizi dalam buah ini membantu dalam meningkatkan fungsi hati dan diyakini mempunyai imbas meredakan demam dan penyakit kuning.

37. Mengatasi problem buang air kecil


Tingginya jumlah kandungan kalium dalam air jeruk nipis sanggup membantu membilas racun dari ginjal dan kandung kemih. Oleh sebab itu, minum air jeruk nipis sangat efektif menyembuhkan bisul kandung kemih.

38. Memperkuat sistem kekebalan tubuh


Rutin mengonsumsi jeruk nipis sanggup meningkatkan fungsi jantung dan kesudahannya menciptakan sirkulasi darah meningkat, sehingga tubuh menjadi sehat. Selain itu, kandungan vitamin C dalam buah ini juga menunjukkan kesehatan pada sistem kekebalan tubuh.

39. Mengobati Batuk


Jika anda terjangkit batuk, segera cari jeruk nipis sebab jeruk nipis ini salah satu obat batuk yang paling mujarab gini caranya,siapkan air hangat secukupnya kemudian peras satu buah jeruk nipis dicampur dengan satu sendok makan kecap atau madu kemudian beri sedikit garam, aduk hingga merata dan saring. Jangan lupa minum 2-3 kali sehari untuk meredakan batuk anda tersebut.

40. Mengobati Amandel


Anda niscaya belum tau bahwa penyakit amandel bisa disembuhkan dengan jeruk nipis. Caranya basuh 3 jeruk nipis dengan air bersih, potong-potong menjadi belahan kecil kemudian rebus dengan 2 gelas air yang mendidih hingga tersisa 3/4 dan saring, dalam keadaan yang hangat gunakan air tersebut untuk berkumur,lakukan 3-4 kali sehari.



Bagaimana? Sangat luar biasa sekali bukan? Apa anda akan menyia-nyiakan manfaat jeruk nipis begitu saja? Tentu saja tidak bukan? Itulah 40 Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan dan Kecantikan Alami yang bisa kita dapatkan. Semoga bermanfaat. Jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini kepada yang lainnya, biar mereka juga tahu apa saja khasiat jeruk nipis untuk kesehatan dan kecantikan alami.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel