13 Manfaat Mahoni Untuk Kesehatan Dan Kecantikan



Tanaman mahoni merupakan salah satu tumbuhan yang kayunya dimanfaatkan untuk banyak sekali keperluan tekstil, dibentuk untuk kayu atua papan yang dimanfaatkan untuk menciptakan lemari, kursi, meja atau aneka gesekan yang cantik.


Dibalik manfaat mahoni untuk keperluan tekstel tersebut, ternyata tumbuhan mahoni mempunyai biji yang berguna untuk kesehatan manusia. Manfaat biji mahoni untuk kesehatan masih belum banyak diketahui oleh masyarakat kita. Padahala biji mahoni sanggup diolah menjadi herbal yang sanggup mengobati banyak sekali penyakit. Kali ini admin ingin menyebarkan mengenai manfaat mahoni untuk kesehatan.


Sebelum kita bahas lebih jauh mengenai manfaat mahoni untuk kesehatan, ada baiknya kalau berkenalan terlebih dahulu dengan tumbuhan ini. Mahoni termasuk pohon besar dengan tinggi pohon mencapai 35–40 m dan diameter mencapai 125 cm. Batang lurus berbentuk silindris dan tidak berbanir. Kulit luar berwarna cokelat kehitaman, beralur dangkal menyerupai sisik, sedangkan kulit batang berwarna abu-abu dan halus ketika masih muda, berkembang menjadi cokelat tua, beralur dan mengelupas sesudah tua.


Mahoni gres berbunga sesudah berumur 7 tahun, mahkota bunganya silindris, kuning kecoklatan, benang sari menempel pada mahkota, kepala sari putih, kuning kecoklatan. Buahnya buah kotak, bundar telur, berlekuk lima, warnanya cokelat. Biji pipih, warnanya hitam atau cokelat. Mahoni sanggup ditemukan tumbuh liar di hutan jati dan tempat-tempat lain yang erat dengan pantai, atau ditanam di tepi jalan sebagai pohon pelindung.  Tanaman yang asalnya dari Hindia Barat ini, sanggup tumbuh subur bila tumbuh di pasir payau erat dengan pantai.

Manfaat Mahoni untuk Kesehatan dan Kecantikan


 Manfaat Mahoni untuk Kesehatan dan Kecantikan 13 Manfaat Mahoni untuk Kesehatan dan Kecantikan

Nah, baik berikut ini ialah beberapa Manfaat Mahoni untuk Kesehatan yang harus kita ketahui:


1. Hipertensi (Tekanan darah tinggi):

 

Manfaat pertama dari biji mahoni ialah untuk mengatasi tekanan darah tinggi. Caranya: 8 gram biji segar diseduh dengan 2 gelas air panas. Setelah hirau taacuh disaring kemudian dibagi menjadi 2 bagian. Minum pagi dan sore hari.


2. Mengontrol Gula Darah

 

Manfaat biji mahoni yang lainnya ialah sanggup dipakai uintuk mengobati diabete atau penyakit gula darah. Caranya dengan mengkonsumsi 1/2 sdt biji mahoni bubuk dengan air hangat sebelum makan sanggup membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil. Kandungan saponin yang ada pada tumbuhan mahoni, pribadi bertanggung jawab untuk membantu mengeluarkan gula darah. 


3. Penangkal Serangga

 

Biji mahoni yang diambil dalam bentuk bubuk, sanggup berfungsi sebagai semacam semprotan penangkal serangga. Secara khusus, saponin dalam bijinya cenderung untuk mencegah serangga. Bagi orang-orang yang tinggal di iklim tropis atau yang tidak sanggup menghindari kontak dengan serangga menyerupai nyamuk pembawa malaria, bubuk biji mahoni sanggup dipakai sebagai komplemen untuk meningkatkan proteksi terhadap penyakit yang ditularkan oleh serangga.


4. Mengatasi Sembelit

 

Biji mahoni juga sanggup dipakai untuk mengobaati sembelit. Konsumsi buah ini dengan cara dihancurkan kemudian diminum bersama dengan air hangat untuk meredakan sembelit.


5. Mengurangi Alzheimer

 

Tambahkan biji buah mahoni pada makanan anda maka sanggup dikurangi. Penyakit Alzheimer tidak sanggup disembuhkan dan tidak regeneratif, oleh alasannya ialah itu bentuk-bentuk pemberian untuk bertahan hidup menyerupai ini sangat diperlukan.


6. Nyeri Haid

 

salah satu cara untuk mengatasi nyeri ketika haid ialah dengan memakai herbal mahoni. Makan sejumput buah mahoni pada hari pertama siklus menstruasi, akan mengurangi rasa sakit.


7. Tingkat Kehamilan

 

Daging buahnya yang dikonsumsi dapat meningkatkan kesuburan.


8. Menambah Nafsu Makan

 

Jika anda sering hilang nafsu makan, maka mahoni sanggup dijadikan sebagai solusi.



9. Demam, masuk angin



Obati demam dan masuk angin dengan ramuan mahoni. Caranya: 1/2 sendok teh serbuk biji mahoni diseduh dengan 1/4 cangkir air panas, kemudian tambahkan 1 sendok makan madu. Diminum selagi hangat, lakukan 2-3 kali sehari.



10. Eksema dan rematik



1/2 sendok teh serbuk biji mahoni diseduh dengan 1/2 cangkir air panas. Tambahkan 1 sendok makan madu. Diminum selagi hangat. Lakukan 3 kali sehari.


11. Manfaat Mahoni yang Lainnya

 


Ekstrak buah mahoni dan biji mahoni bubuk keduanya merupakan komplemen gizi yang sanggup diambil untuk banyak sekali hasil positif. Manfaat kesehatan dari buah mahoni dan biji mahoni lainnya mencakup :


  • memerangi radikal bebas dengan antioksidan

  • menurunkan membangun lemak dalam anutan darah

  • menurunkan kadar kolesterol dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh

  • Mengambil komplemen biji mahoni teratur sanggup membantu Anda meningkatkan kesehatan Anda dalam banyak sekali cara, dan dengan demikian mengakibatkan lebih kesejahteraan umum.



 manfaat mahoni untuk kesehatan

Efek Samping Mengkonsumsi Mahoni





Disamping keuntungannya yang cukup banyak, ada juga sedikit dampak sampingnya. Dari catatan di atas ada 2 materi kandungan biji Mahoni:

1. Saponin,
2. Flavonoid

Yang nomor 1 perlu diwaspadai, alasannya ialah dalam jumlah tertentu akan meningkatkan resiko terjadinya kolesterol pada cairan empedu, yang pada akirnya akan mengakibatkan watu empedu. Disamping itu juga bertindak sebagai steroid. Yang nomor 2, maksimal takaran per hari ialah 200 mg.

Disamping itu itu orang tertentu, rupanya belum hingga ke meningkatnya kolesterol cairan empedu, sudah merasa sakit di ulu hati. Jadi, asal sanggup mengukur dosis, dan tidak dipakai dalam waktu yang lama, mungkin alasannya ialah dampak flavonoida yang membantu permeability atau kelenturan pembuluh darah, maka memang sanggup dipakai untuk tekanan darah tinggi.

Masalahnya, dalam penelitian mengenai saponin, tidak memakai mahoni, juga dalam database depkes tidak ada banyaknya kandungan perbiji berapa. Karena insan itu unik, juga, tumbuhan mahoni dengan daerah tumbuh tertentu menghasilkan kadar tertentu juga maka menjadi sukarlah bagai kita untuk mengatur dan menentukannya.

Menurut pengalaman praktisi herbalis, sebaiknya cukup dimakan 1 biji perhari, kalau dimakan langsung. Dosis yang lain disetarakan dengan itu.



Bagaimana? Ternyata sangat banyak sekali ya manfaat tumbuhan mahoni? Itulah  13 Manfaat Mahoni untuk Kesehatan dan Kecantikan yang harus kita ketahui, semoga bermanfaat. Jangan lupa bagikan juga sama yang lainnya, supaya mereka juga tahu manfaatnya.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel