16 Manfaat Buah Berenuk Untuk Kesehatan Yang Wajib Anda Ketahui


Nama buah berenuk mungkin masih terdengar absurd di sebagian indera pendengaran masyarakat kita. Memang, buah yang satu ini bukan berasal dari negara kita, melainkan dari negeri paman sam Amerika.

Buah yang sekilas memang menyerupai dengan buah maja, namun mempunyai ukuran yang jauh lebih besar. Buah berenuk ini sanggup kita jumpai dengan gampang di daerah Mojokerto, bahkan tidak tanggung-tanggung, buah berenuk ini dijadikan sebagai ikon atau maskot kota Mojokerto.










 Nama buah berenuk mungkin masih terdengar absurd di sebagian indera pendengaran masyarakat kita 16 Manfaat Buah Berenuk untuk Kesehatan yang Wajib Anda Ketahui

Manfaat Buah Berenuk untuk Kesehatan yang Wajib Anda Ketahui



Buah berenuk mempunyai rasa yang pahit, sehingga bukan merupakan buah yang sanggup dikonsumsi secara langsung, melainkan harus melalui proses pengolahan terlebih dahulu. Buah ini juga sudah dikenal luas sebagai salah satu buah yang sanggup diolah menjadi aneka obat herbal yang berguna untuk mengobati aneka macam jenis penyakit.

Sebelum kita bahas lebih jauh wacana manfaat buah brenuk untuk kesehatan, ada baiknya kalau kita mengetahui kira-kira apa saja kandungan nutrisi di dalam buah brenuk ini. 

Kandungan Nutrisi Buah Berenuk


Ternyata buah berenuk mengandung cukup banyak nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan badan kita. Diantaranya seperti magnesium, fosfor, kalsium, kalium, natrium, karbohidrat, tiamin, riboflavin, niasin, vitamin E, C, E, saponin, dan juga flavonoid. Berdasarkan semua kandungan mineral dan vitamin tersebut, maka tak heran lagi jikalau buah berwarna hijau ini sangat cocok untuk menyehatkan badan Anda. Anda sanggup mengkonsumsi buah ini dengan diolah kembali kemudian ditambah madu alami semoga lebih yummy dikala dikonsumsi.

Manfaat Buah Berenuk


Sekarang mari kita bahas satu persatu apa saja manfaat buah berenuk ini. Berikut ini Manfaatbuahkesehatan rincikan untuk anda, diantaranya adalah:

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh


Manfaat buah berenuk yang pertama ialah untuk meningkatkan sistem kekebalan badan kita. Hal ini akan menciptakan badan kita tahan menghadapi aneka macam serangan bibit penyakit maupun perubahan cuaca.

2. Anti oksidan


Manfaat buah berenuk selanjutnya ialah lantaran kandungan anti oksidan alami. Buah ini mengandung vitamin C yang sanggup digunakan sebagai pelindung badan dari imbas radikal bebas. Tubuh Anda pun tidak terkena imbas negatifnya.

3. Melancarkan pencernaan


Manfaat buah berenuk selanjutnya ialah untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan badan kita. Kandungan serat di dalamnya sanggup menjaga kesehatan pencernaan badan kita. 

4. Mengatasi hipertensi


Selanjutnya, buah berenuk juga bermanfaat untuk mengatasi hipertensi. Buah ini tidak mengandung senyawa yang akan mempengaruhi tekanan darah di badan Anda. Justru, penyakit hipertensi sanggup dicegah dengan mengonsumsi buah ini.

5. Obat diare


Anda menderita diare? Nah, buah berenuk ini juga bermanfaat untuk mengobati diare secara alami. Kandungan alami yang ada di dalam buah ini mengandung banyak gizi yang akan mengusir basil penyebab diare di dalam kanal pencernaan Anda.

6. Meredakan asma


Manfaat buah berenuk selanjutnya ialah untuk mredakan asma. Buah ini punya senyawa yang sanggup menyehatkan pernapasan, termasuk dalam mengatasi beberapa penyakit pernapasan.

7. Melancarkan kemih


Selanjutnya, buah ini juga bermanfaat untuk menyehatkan kanal kemih dengan cara membuatnya lebih lancar. Saluran kemih yang tidak lancar biasanya disebabkan lantaran gangguan kesehatan akhir basil yang masuk ke dalamnya. Buah ini sanggup menjadi anti basil untuk mengatasinya.

8. Penurun panas demam


Anak anda menderita panas tinggi? Nah, buah ini bermanfaat untuk mengatasi demam lantaran buah ini punya sifat penurun panas yang alami untuk tubuh. Anda sanggup menawarkan buah ini yang dicampur dengan materi lainnya untuk meredakan panas.

9. Baik untuk lambung


Buah berenuk juga baik untuk lambung kita.

10. Obat maag


Buah berenuk juga bermanfaat untuk mengobati maag. 

11. Obat Kulit & Luka


Slanjutnya, daun Buah Berenuk sanggup dimanfaatkan sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan penyakit gatal-gatal dan tapal untuk luka. Untuk fungsi ini, daun Berenuk dicampur dengan daun sirih dan kapur sirih.

Manfaat Buah Berenuk Lainnya


 

  • Obat penyakit bronchitis

  • Mengatasi flu

  • Pereda batuk

  • Mengeringkan luka

  • Menyehatkan tulang dan gigi


 

 

Cara Mengolah Buah Berenuk


Berikut ini beberapa cara pengolahan buah berenuk semoga sanggup kita ambil manfaatnya:



  • Buat menyerupai jamu godogan. Potongan daging buah, akar, kulit batang direbus, dan biarkan mendidih selama 20 menit. Kemudian air rebusan didinginkan dan siap diminum. Sebaiknya air diminum dalam kondisi hangat. Tambah dengan madu atau gula aren secukupnya. Rendaman air Berenuk sanggup digunakan untuk obat penyakit demam, flu, pilek, bronkhitis dan asma.

  • Buat Tapal. Daun Berenuk (bisa ditambah dengan daging buah, kulit batang dan akar) ditumbuk halus dalam Kemudian pasta yang dihasilkan ditapalkan ke kulit dan luka hingga kering.



Itulah 16 manfaat buah berenuk untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada yang lainnya juga. Selamat mencoba. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel