Tanaman Obat Herbal Gres Cina (Artemisia Vulgaris L.)

Tanaman Obat Herbal Baru Cina (Artemisia vulgaris L.)







Tumbuhan ini merupakan tumbuhan menahun, berambut halus, tegak, tinggi mencapai 1 m, berbau tajam, menyenangi tanah yang cukup lembab dan kayahumus, tumbuh liar di hutan dan ladang, jenis yang biasa ditanam dipekarangan sebagai Tanaman obat; Artemisia argyi Levl. Et. Vant.


KLASIFIKASI :





Barucina disebut Artemisia vulgaris L. yang termasuk kedalam famili Compositae. Tanaman ini dikenal dengan nama tempat jukut lokatmala, suket gajahan atau daun sudamala.





SIFAT KIMIAWI :





Tumbuhan ini kaya dengan banyak sekali kandungan kimia yang sudah diketahui, a. l: Minyak menguap, alpha amirin, fenenol,dehydromatricaria ester, cineole, terpinen-4, 1-beta caryophylene,1-quebrachitol. Akar dan batang mengandung mengandung inulin yang terdiri dari artemose, cabang kecil mengandung oxytocin, yomogi alkohol, ridentin.





EFEK FARMAKOLOGIS :





Tumbuhan ini bersifat: rasadingin, menghilangkan sakit, menghentikan pendarahan (hemostatik), melancarkan peredaran darah, mencegah keguguran, mengatur menstruasi. Dalam farmakologi Cina disebut flora ini mempunyai rasa pahit, pedas dan hangat. Herba ini masuk meridianginjal, paru dan limpa.





PENYAKIT YANG DAPAT DISEMBUHKAN DAN CARA PENGGUNAANYA


Berdasarkan banyak sekali literatur yang mencatat pengalaman secara bebuyutan dari banyak sekali negara dan daerah, tumbuhan ini sanggup menyembuhkan penyakit-penyakit sebagai berikut :


  • Badan lemas setelah melahirkan. Pohon barucina 4 pohon, rebus dalam 6 gelas air hingga tersisa2 gelas. Diminum sehari 2 kali 1 gelas sebelum makan.
  • Lemah syahwat. Biji barucina 15 – 45 grdigiling halus, makan.
  • Ayan (epilepsi). Segenggam akarartemisia tambah 1 ibu jari gula enau tambah 4 gelas air, rebus menjadi duagelas. Sehari 2 kali 1 gelas.
  • Sakit tenggorokan. Herba segar ditumbuk, peras, minum airnya.
  • Disentri. Barucina tambah jahe segar,direbus hingga kental, minum 3x.
  • Menstruasi hiperbola (banyak), sakit pada ketika menstruasi (dysmenorrhea), menstruasi tidak teratur. Tanaman 10 – 30 gr, rebus, minum.
  • Mencegah keguguran, pergerakan janin berlebihan. Tanaman 10 – 30 gr, rebus, minum
  • Mempermudah persalinan, susah punya anak. Tanaman10 – 30gr, rebus, minum.
  • Muntahdarah (haematemesis), mimisan (epistaxis), pendarahan usus (rectalhaemorrhagia)





PERHATIAN : Bagi yang tidak cocok, minum rebusan Artemisia argyi mempunyai keluhan ekspresi kering, rasa tidak lezat dilambung, mual, muntah, mencret, dan pusing. Gejala ini sanggup dihilangkan dengan memakai minyak daun Artemisia argyi.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel