Penyebab Dan Tanda-Tanda Penyakit Kista

Penyakit Kista - Penyebab dan Gejala


















Pernah mendengar kata "Kista"? Ya, kista merupakan penyakit yang menjadi 'momok' para wanita. Lantas apa penyebab kista?Gejala-gejala menyerupai apa yang dialami bila terjangkit kista, dan bagaimana mengobati kista? Yuk simak goresan pena eSehat.com berikut yang dikutip dari banyak sekali sumber.





Kista merupakan benjolan yang berisi cairan yang berada pada indung telur. Bentuknya kistik, berisi cairan kental, dan ada pula yang berbentuk anggur. Kista juga ada yang berisi udara, cairan, nanah, ataupun bahan-bahan lainnya. 





Kista merupakan jenis tumor jinak yang terbungkus selaput semacam jaringan. Kumpulan sel-sel tumor itu terpisah dengan jaringan normal di sekitarnya dan tidak sanggup menyebar ke belahan badan lain. Itulah sebabnya tumor jinak relatif gampang diangkat dengan jalan pembedahan, dan tidak membahayakan kesehatan penderitanya. 





Selain pada ovarium kista juga sanggup tumbuh pada vagina dan di tempat vulva (bagian luar alat kelamin perempuan). Kista yang tumbuh di tempat vagina, antara lain inklusi, duktus gartner, endometriosis, dan adenosis. Sedangkan kista yang tumbuh di tempat vulva, antara lain pada kelenjar bartholini, kelenjar sebasea serta inklusi epidermal.





Kista juga sanggup dikatakan penyakit degeneratif atau keturunan. Jika orang bau tanah atau nenek anda pernah menderita penyakit kista atau mioma, maka sanggup dipastikan anda termasuk salah satu keturunan pembawa sifat penyakit kista. 





Gejala Penyakit Kista 


Kista banyak menyerang kaum wanita. Biasanya ditandai dengan adanya rasa nyeri ketika haid, nyeri perut belahan bawah, sering merasa ingin buang air besar atau kecil, dan pada keadaan yang sudah lanjut sanggup teraba benjolan pada tempat perut. Dan kalau kista pecah, contohnya ketika bekerjasama seksual, penderita akan merasa nyeri yang bertambah bila melaksanakan acara fisik berat. 





Jenis-Jenis Kista 


Berdasarkan tingkatan keganasan, penyakit kista sanggup dibagi menjadi dua macam, yaitu:





1. Kista non-neoplastik, yang sifatnya jinak dan biasanya akan mengempis sendiri sehabis 2 sampai 3 bulan.





2. Kista neoplastik, kista ini umumnya harus dioperasi, namun hal itu pun tergantung pada ukuran dan sifatnya.





Penyebab Penyakit Kista 


Selain faktor keturunan, penyakit kista juga sanggup disebabkan oleh polusi udara dan debu, adanya dioksin dari asap pabrik dan pembakaran gas bermotor sanggup menurunkan daya tahan badan insan yang kemudia akan membantu tumbuhnya kista. Selain itu dari faktor makanan, lemak berlebih atau lemak yang tidak sehat akan mengakibatkan zat-zat lemak tidak sanggup dipecah dalam proses metabolisme sehingga akan meningkatkan hormon testosteron.





Itulah beberapa hal yang berkaitan dengan penyakit kista. Semoga bermanfaat.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel