Khasiat Dari Kembang Sepatu

Kembang sepatu dengan nama Latin (Hibiscus rosa-sinensis L.) tumbuhan Kembang Sepatu ini berasal dari Asia Timur tanaman ini biasanya ditanam sebagai tumbuhan penghias pekarangan rumah, tanaman ini hidup di daera tropis maupun subtropis. Bunga dari tumbuhan ini tunggal mempunyai mahkota bunga diujung bunga. Bunga ini ditetapkan sebagai bunga nasional Indonesia pada tanggal 28 Juli 1960. Orang Jawa menyebutnyakembang worawari.


  • Ciri Ciri tumbuhan :
Bunganya mempunya kurang lebih 5 Klopak bunga pada setiap tangkai, dan pada umumnya tumbuhan ini tingginya sanggup mencapai 5 meter, dengan daun lingkaran dan meruncing.


  • Khasiat dari kembang sepatu :
Penyembuh Luka :
Daun dan bunga sepatu mempunyai khasiat antiseptik. Oleh alasannya ialah itu sanggup dipakai untuk membantu mempercepat proses penyembuhan luka. Cukup dengan cara sederhana saja, yaitu dengan menumbuk daun dan bunga yang sudah dicuci higienis menjadi semacam tapel dan eksklusif ditempelkan pada tempat luka.
Khasiat itu pun sudah didukung hasil penelitian ilmiah yang memakai ekstrak bunga sepatu untuk penyembuhan luka buatan pada binatang coba tikus. Hasilnya sungguh menggembirakan dan menawarkan prospek yang baik.

Atasi Flu :
Bagi yang ingin bebas dari gangguan penyakit pada susukan napas, cobalah minum rebusan bunga, daun atau akar kembang sepatu. Rebusan itu terbukti sanggup mengatasi gangguan napas pada keadaan flu, contohnya batuk, juga gangguan asma dan bronchitis.
Cara lain yang sering dilakukan juga untuk tujuan itu ialah menghirup uap rebusan bunga atau menggunakannya untuk berendam.*
Sumber :
  1. Dari aneka macam sumber
  2. Dr Mangestuti, Apt., MS
  3. Departemen Farmakognosi dan Fitokimia
  4. Fakultas Farmasi
  5. Universitas Airlangga
  6. http://www.nyata.co.id

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel