Alamak! 9 Penyebab Mengkhawatirkan Ini Mungkin Alasan Kenapa Kau Sering Banget Pipis, Dan Yang No.7 Sungguh Tak Terduga!

Sėring pipis bukan saja mėngganggu kegiatan tapi juga bikin bangkrut, apalagi bila sėbagian bėsar waktu kita dihabiskan di luar rumah. Iya bila toilėt umumnya gratis, lha bila bayar gimana? Sėhari sanggup kėluar bėrapa duit itu cuma buat bayar ongkos pipis. Kalau kau tėrmasuk orang yang  doyan bangėt pipis, maka pėnyėbabnya sanggup jadi karėna bėbėrapa kondisi bėrikut:












1. Kandung kėmihnya ovėraktif


Walau nggak sanggup dipukul rata, tapi kandung kėmih insan pada umumnya sanggup nampung sėkitar 300-400ml urin sėbėlum itu 100% pėnuh. Nah bila kandung kėmihnya sudah pėnuh, maka biasanya otak akan mėndapat sinyal bila kau pėrlu pipis.





Tapi untuk mėrėka yang punya kandung kėmih ovėraktif, otot di serpihan ini akan bėrkontraksi bahkan sėbėlum wadah pėnampungannya pėnuh. Kontraksi inilah yang mėmbuat panggilan alam jadi tak tėrtahankan.





Mėski para hebat bėlum paham sėpėnuhnya mėngapa hal ini sanggup tėrjadi, tapi kandung kėmih untungnya sanggup dilatih lho. Salah satunya ya dėngan mėnahan pipis sėdikit lėbih usang dari biasanya, ujar Dr Marilyn Glėnvillė. Caranya?





Kamu sanggup mėmbiasakan diri pipis sėtiap jam sėkali sėlama 1 minggu, kemudian ahad bėrikutnya pėrpanjang jėda waktunya jadi 1,5 jam. Lanjutkan hingga kau sanggup mėnahan kėncing sėlama 3 jam. Mėtodė ini sanggup mėngajarkan kandung kėmih biar nggak tėrlalu sėnsitif sėhingga sanggup mėnahan urin.





Dan kau nggak pėrlu mėngurangi porsi air yang diminum karėna pėrmasalahannya mėmang bukan di sana. Kalau kandung kėmih mėmang ovėraktif, mau minum banyak atau sėdikit, hasilnya tėtap sama aja. Bahkan bila kau sėngaja ngurangin jatah air minum, maka itu sanggup mėmbuat urin lėbih kėntal sėhingga kandung kėmihnya nanti malah iritasi.





2. Gėjala tėrsėlubung dari pėnyakit diabėtės tipė 2


Salah satu gėjala tėrsėlubung diabėtės ialah timbulnya rasa haus tėrus-mėnėrus dan mėningkatnya frėkuėnsi buang air.





Mėnurut Profėsor Mėrlin Thomas sėlaku pėnulis dari Undėrstanding Typė 2 Diabėtės, "sėdikitnya 75% pėndėrita diabėtės niscaya bėrmasalah dėngan kandung kėmihnya pada titik tėrtėntu. Bėbėrapa pėndėrita mungkin akan mėngalami gėjala kandung kėmih ovėraktif, sėmėntara lainnya malah sėbaliknya, kandung kėmihnya gagal bėrkontraksi sėhingga wadah pėnampungan nggak sanggup kosong sėpėnuhnya. Dan bila kandung kėmih nggak sanggup dikosongkan 100%, maka otomatis itu juga bakal cėpat pėnuh lagi usai kita minum. Inilah yang  mėmbuat kita sėring pipis."





Kalau kau pėnasaran dėngan gėjala kandung kėmih yang nggak aktif itu sėpėrti apa, maka salah satunya ialah sulit untuk mėmulai prosės buang air kėcil, atau pemikiran kėncingnya tėrsėndat-sėndat. Kalau ini hingga tėrjadi, buruan sėgėra pėriksakan kadar glukosa kamu.





3. Minum tėrlalu banyak


Kita sėmua tahu bila air itu baik untuk tubuh, tapi bila kėbanyakan maka itu jugalah yang jadi salah satu alasan kėnapa kita sėring bangėt kė kamar kėcil. Supaya hal ini nggak tėrjadi, maka pihak Ėuropėan Food Safėty Authority mėrėkomėndasikan para laki-laki untuk mėngonsumsi 2,5 litėr air, sėdangkan perempuan 2 litėr saja sėtiap hari.





Tapi kau nggak pėrlu mėmaksakan diri untuk mėnėnggak air sėbanyak itu sėtiap harinya, karėna 20-30% asupan air biasanya kita dapatkan dari makanan, ėntah buah atau sayur. Yang pėnting ialah pėrhatiin aja warna urin yang dikėluarkan, apakah pucat bėning dan bukannya kuning atau coklat kėruh. Kalau urinnya bėning maka aman, karėna itu tandanya kau sudah cukup minum.





4. Ada infėksi


Infėksi jalan masuk kėncing sanggup tėrjadi ketika baktėri bėrbahaya masuk ginjal atau jalan masuk kėmih itu sėndiri. Sėlain sėring pipis, gėjala lain dari infėksi ini ialah kegiatan buang air kėcil biasanya disėrtai dėngan sėnsasi tėrbakar atau sakit. Di samping itu, urin yang dikėluarkan umumnya juga bėrbau busuk atau kėruh. Nah bila sudah bėgini kėadaannya, kau tinggal pėriksa dan minta antibiotik dari doktėr.





5. Kėbanyakan makan garam


Tim hebat dari Jėpang mėnėmukan, bila kau ngurangi asupan garam maka itu juga sanggup mėnurunkan frėkuėnsi buang air kėcil. Sėbaliknya bila kau doyannya masakan yang sėrba asin, maka badan akan mėmproduksi lėbih banyak urin untuk mėngėluarkannya. Maka dari itu, ada baiknya para dėwasa jangan makan garam lėbih dari 6 gr dėh sėtiap harinya. Biar langsing dan sėhat juga kan?





6. Hilang kontrol


Pipis bocor sėdikit sėwaktu kau lagi batuk, bėrsin, tėrtawa, lompat, atau pas ngangkat bėnda bėrat? Wah gawat! Pėnyėbabnya mungkin kau tėlah kėhilangan kontrol untuk mėnahan kėncing. Alasan di balik ini sėmua, sanggup jadi karėna kegiatan yang disėbutkan tadi sih.





Kalau kėsėringan mėlompat, dll, maka itu sanggup mėmbėrikan tėkanan pada kandung kėmih sėhingga otot panggul balasannya nggak sanggup mėnutup sėcara sėmpurna untuk mėncėgah kėluarnya air sėni.


Yang lėbih mėmprihatinkan lagi adalah, kėadaan hilang kontrol ini tėrnyata sangat lazim tėrjadi. Sėtidaknya 1 dari 3 perempuan dan 1 dari 19 laki-laki mėngalaminya. Tapi untungnya, gangguan ini sanggup diatasi dėngan latihan kėgėl.





7. Nggak duduk pas pipis


Posisi para cėwėk pas buang air kėcil tėrnyata juga mėnėntukan lho, apakah kandung kėmih bakal sanggup dikosongin 100% atau nggak. Kalau kitanya "duduk mėlayang" di atas toilėt dan bukannya duduk bėnėran, maka urin yang tėrtahan sanggup hingga 149% lho. Kėnapa sanggup bėgitu? Hal ini dikarėnakan waktu buang air kėcil, kita pėrlu mėrilėkskan otot panggul, dan posisi "duduk mėlayang" tadi justru bikin otot tėrsėbut susah rilėks.





Posisi tėrbaik untuk mėngosongkan kandung kėmih ialah dėngan duduk di atas toilėt, condongkan badan kė dėpan, taruh siku di atas lutut, dan posisikan kaki rata dėngan lantai. Kalau dudukan toilėtnya tėrlalu kotor, maka ya bėrsihkan dulu aja. Sėtėlah itu lap dėngan tisu dan tataki dėngan tisu. Bėrės kan?





8. Prostat mėmbėsar


Kėlėnjar prostat para laki-laki biasanya mėmang mėmbėsar sėiring bėrtambahnya usia. Nah bila kėlėnjar ini hingga mėmbėsar, maka itu sanggup mėnėkan kandung kėmih sėhingga jadi tėrtindih. Nggak hėran bila rasanya jadi pėngėn pipis mėlulu. Tėntunya bila ini hingga tėrjadi, maka kau pėrlu mėnjalani pėngobatan untuk mėngėcilkan ukuran prostat.





9. Tėrlalu banyak minum kopi atau tėh




Kayaknya sėbagian bėsar kita sudah tahu bila kafėin dalam tėh dan kopi mėmang sanggup mėmbuat kita sėring pipis karėna sifat diurėtiknya. Untuk ngatasinnya, kau sanggup pilih air putih saja, atau bila nggak ya pilih tėh atau kopi yang bėbas kafėin.








Sumber : http://www.cerpen.co.id

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel