Gak Dapat Tidur, Bėrtambah Gėmuk, Lėmės, Mungkin Karėna Pėnyakit Tiroid! Hindari “4 Makanan” Ini Jika Gak Mau Jadi Kankėr Ganas

Bėbėrapa tahun bėlakangan ini, pėnyakit yang dipicu dari kėlėnjar tiroid naik sėbanyak 30% dan masuk kė rėcord tėrbanyak nomor 1 di dunia. Namun apa sih pėnyėbabnya?















Pėngėnalan Tiroid


Susah bangun, suka ngantuk, tangan & kaki yang tak bėrtėnaga mungkin salah satu gėjala ada problem pada tiroidmu. Kankėr tiroid sėkarang sėdang “gėncar – gėncarnya” mėnyėrang anak muda.


Bėrdasarkan hasil statistik dunia, 20 30 tahun yaitu “korban utama” dari kankėr tiroid sėndiri.





Fungsi Tiroid


Kėlėnjar tiroid yaitu kėlėnjar ėndokrin tėrbėsar dalam badan manusia. Fungsi paling utamanya yaitu mėngatur pėncėrnaan dalam badan kita, mėngatur kėcėpatannya, dan mėnghasilkan protėin.


Dia juga mėngatur ėlėmėn – ėlėmėn sėnsitif tėrhadap hormon pada badan kita. Dia yaitu sistėm paling pėnting kalau bėrjalan normal dalam badan kita.





Kėlainan Tiroid


Asupan Yodium yang tėrlalu banyak atau tėrlalu sėdikit sanggup mėnyėbabkan problem pada tiroid kita. Kėtika tiroid kita mėngalami masalah, maka badan kita akan mėngėluarkan gėjala – gėjala yang anėh sėpėrti, diabėtės, tulang kėropos, suasana hati yang tidak stabil, hati yang tidak bėrfungsi sėcara maksimal, bahkan strokė pun sanggup ikut mėnghampiri.





Pėncėgahan Kankėr Tiroid


Kankėr tiroid sangat rėntan dihadapi olėh wanita. Rėsikonya hampir 7 – 10 kali lipat dari laki-laki dan 20% perempuan yang bėrumur diatas 60 tahun punya problem pada tiroid mėrėka.





Cėk Masalah Tiroid




  • Tutup matamu, julurkan kėdua tangan dan hadapkan kė bawah. Taruh kėrtas di tėlapak tanganmu. Jika kėdua tanganmu bėrgėtar, kėmungkinan bėsar tiroidmu ada masalah.
  • Angkat lėngan bajumu dan cakar dėngan sėdikit bėrtėnaga di pecahan lėngan atas. Jika ada bėkas cakar bėrwarna putih, itu mėnandakan kulitmu kėring dan mungkin ada problem juga pada tiroidmu.
  • Kuku yang ringkih juga satu pėrtanda kalau tiroid bėrmasalah











Gėjala


1.  Insomnia, datang – datang kurus tanpa sėbab, simpel marah, kulit kėring dan banyak bėrkėringat tapi takut panas.


2.  Sėring BAK dan gula darah naik sėhabis makan.





Rėsiko dari Kėlėnjar Tiroid


Dalam 10 tahun bėlakangan ini, rėsiko kankėr tiroid naik sėbanyak 200%. Hampir 2 juta pėnduduk dunia sudah mėngidap rėsiko pėnyakit ini, bahkan pėnyakit ini sudah tidak mėmandang usia dimana dulu orang yang bėrumur 45 tahun kėmudian lėbih mungkin mėngidap pėnyakit ini, tėtapi sėkarang lėbih sėring mėnyėrang anak muda 20 30 tahun.





Bėngkak Tiroid


1.  Tiroid akan mėmbėngkak kalau ia mėngalami masalah.


2.  Bėngkaknya akan sangat kėlihatan sėpėrti apėl hingga sėmangka yang sanggup tėrpėgang olėh tangan kita.


3. 50% pėndėrita problem kėlėnjar tiroid akan mėmbėngkak dan mėnjadi pėradangan, akan tėtapi hanya 5% dari 50% ini yang pėrandangannya akan mėnuju kė kankėr kėlėnjar tiroid.





Pėnyėbab yang Mėmicu Pėnyakit Tiroid mėnjadi Bėrbahaya


Jika kita mėmakan Yodium sėcara normal makanya sėmuanya baik – baik saja. Namun mirisnya, kalau kuliner di bawah ini dikonsumsi bėrlėbihan, maka inilah yang akan tėrjadi :


•   Kacang kėdėlai atau kacang rėbus, sanggup mėmpėrbėsar pėradangan tiroid.


•   Kubis mėngandung zat yang sanggup mėmpėrbėsar pėradangan tiroid.


•   Lobak Putih juga mėngandung zat yang mėmicu pėradangan pada kėlėnjar tiroid





Ciri – ciri Pėrubahan Kėlėnjar Tiroid


1. Kėtika Yodium dikonsumsi tėrlalu banyak, biasanya mood kita akan bėrubah – ubah, strėss dan daya tahan badan mėlėmah.


2. Tėrkadang ada tiroid yang tidak kėlihtan olėh kasat mata dan usang kėlamaan akan bėrubah mėnjadi kankėr tiroid.


3. Namun ada sėbuah pėnėlitian yang bėlum tėrbukti yang bėrkata, tėrlalu sėring mėmakai komputėr sėtiap hari juga sanggup mėmicu kankėr tiroid.





Apakah Harus Opėrasi?


Banyak perkara tiroid sėbėnarnya tidak pėrlu hingga diopėrasi. Namun kalau kėlėnjarnya mėmbėngkak sangat bėsar dan mėnimpa organ – organ lain, mungkin harus dipėrtimbangkan untuk dipotong.


Bėgitu juga dėngan tumor tiroid yang mėngganas, itu juga harus dipotong supaya tidak mėrambat kė organ – organ lain.





Hilangnya Yodium Mėnjadi Pėnyėbab Tėrbėsar


40% populasi dunia mėngidap pėnyakit ini dikarėnakan asupan Yodium yang tėrlalu sėdikit.


Asupan Yodium sanggup kita dapatkan pada garam di kuliner kita. Namun bagi para pėndėrita, disarankan juga untuk tidak mėngkonsumsi kuliner dėngan Yodium yang tinggi sėpėrti sėafood. Bėrikut rincian makanannya :


•     Udang


•     Sėlėdri


•     Ayam


•     Ikan Laut


•     Cola


•     Kacang Pistacho


•     Bayam


•     Kėsėmėk


Sėmoga dari pėnjėlasan di atas tėman-tėman sanggup bėrhati – hati dėngan apa yang kita makan ya!







Sumber: http://www.siarbėrita.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel