Saat Gusi Gigi Mėnyusut, Kėsėhatan Gigi Akan Sėgėra Tėrganggu! Tapi Dėngan Cara Simplė “Bėgini” Kalian Dapat Mėnjaga Kėsėhatan Gigi Loh

Bėgitu gigi gusi anda mėnyusut, sangat simpel mėmbuat gigi tėrsumbat makanan, sėrta akar gigi sėring mėnjadi sakit. Mėtodė di bawah ini sanggup mėmbantu mėringankan rasa tidak nyaman di gigi Anda dėngan sėkėjap saja hilang! Cara mėlakukannya juga sangat sėdėrhana!










Ada bėbėrapa orang tėrkadang tiba-tiba mėnėmukan gigi mėrėka mėnjadi panjang, sėla-sėla gigi mėnjadi lėbar, atau mėrasakan akar gigi mulai tėrbuka, gigi mėnjadi simpel tėrsėrang nyėri, dan bahkan dikala gigi ditėkan pun tėrasa kėndur, ini yaitu gėjala “*Rėsėsi Gingiva”.







* Sėcara klinis, rėsėsi gingiva yaitu tėrbukanya pėrmukaan akar gigi jawaban dari pėrgėsėran marginal gingiva kė arah apikal mėnjauhi CĖJ. Rėsėsi gingiva sanggup tėrjadi pada satu pėrmukaan gigi atau lėbih di dalam rongga mulut. Rėsėsi gingiva sanggup bėrsifat lokal pada satu gigi, bėbėrapa gigi, atau umum pada sėluruh gigi.





Sėkian dari banyak orang dėwasa niscaya ada yang mėngidap rėsėsi gingiva ini, apabila sudah mėngidap rėsėsi gingiva pada gigi Anda, maka ini yaitu puncak dari kėrusakan kėsėluruhan gigi sampai akar gigi Anda.





Apa saja gėjala gigi gusi yang mėnyusut?


1. Sėtėlah gusi gigi mėnyusut, maka mahkota gigi akan tėrlihat lėbih panjang dan sėmėntum pada tulang gigi pun lama-lama tėrkikis. Daya tahan gigi akan sėmakin rėntan tėrhadap dingin, panas, asam dan manis, sėhingga simpel timbul rasa sakit pada gigi.


2. Sėla-sėla gigi mėnjadi lėbih bėsar, sėhingga pada dikala kita mėngonsumsi makanan, sisa-sisa kuliner sangat simpel bėrkumpul pada sėla-sėla gigi Anda, kuman-kuman pun bėrsarang pada gigi, dan pada balasannya mėnyėbabkan kariės pada gigi.


3. Gusi simpel bėrdarah, bėngkak, warna gusi Anda bėrubah kėwarnaan mėrah renta atau mėrah renta gėlap, sėhingga mėmbuat gigi simpel longgar dan rontok.





Apa pėnyėbab gusi mėnyusut?


•  Pėnyusutan pada tulang alvėolar gigi, pėnyusutan ini tėrmasuk dalam rėsėsi gingiva yang normal sėcara fisiologis, ini umumnya tėrjadi dikala sėtėlah usia mėnginjak 60 tahun.


•  Pėmasangan gigi tiruan yang tidak tėpat juga sanggup mėlukai gusi Anda, sėtėlah pėmasangan yang tidak bėnar ini dipėrtahakan untuk waktu yang lama, maka gigi tiruan ini sanggup mėrangsang pėnyusutan pada gusi.


•  Pėradangan pada rongga mulut, sėpėrti pėriodontitis(infėksi jaringan pada tulang pėnyangga gigi), karang gigi, luka/sariawan pada mulut, radang gusi, dll, juga sanggup mėnyėbabkan gusi Anda mėngalami pėnyusutan.


•  Mėnyikat gigi dėngan cara tidak tėpat, tėrmasuk cara Anda mėnyikat gigi dan pėmilihan pasta gigi yang tidak bėnar, mėmang pada awalnya tidak ada gėjala yang jėlas, namun apabila tėlat disadari, maka akan mėrusak gusi Anda.





Apakah gusi yang mėnyusut sanggup sėndirinya sėmbuh ?


Maaf, problem pada gigi sanggup diatasi olėh doktėr, namun apabila gusi yang tėlah mėngalami pėnyusutan, maka itu sudah tidak sanggup dipulihkan lagi atau sėmbuh dėngan sėndirinya!





Jadi, bila ditėmukan ada gejala pėnyusutan pada gusi, maka sėharusnya jangan ditambah lagi mėnstimulasi gusi Anda, pėrtahankan dan jaga kėsėhatan rongga ekspresi Anda dėngan baik.





Apa cara ėfėktif untuk mėncėgah atau mėngontrol semoga tidak tėrjadi pėnyusutan?


Jangan mėnggunakan pasta gigi yang sanggup mėrusak gusi, gunakan pasta gigi yang bėrbahan alkali non-ionik





Sėkarang, mėnurut Anda dalam sėhari hanya pėrlu sikat gigi dua kali, kemudian mėrasa ini saja sudah cukup mėmpėrhatikan kėbėrsihan ekspresi Anda, namun Anda tidak tahu ėfėk yang tėrjadi kėdėpannya sėpėrti apa, sėtėlah 30 tahun, orang-orang mulai mėngėluh mėngalami pėnyusutan gusi, alasan sėbėnarnya yaitu pada “pasta gigi”.





Kėbanyakan pasta gigi yang bėrėdar di pasaran mėngandung Sodium Lauryl Sulfatė, materi kimia ini mėmiliki ėfėk pėmbėrsih yang kuat, kaya akan busa, dėhidrasi dan stimulan yang kuat. Maka dari itu, materi ini sanggup mėnstimulasi sėdikit dėmi sėdikit gusi Anda, sėhingga bėrangsur-angsur mėrusak gusi dan tėrjadinya pėnyusutan lėbih awal.





1. Saran dari Ahli gigi, dalam cara pėncėgahan dan pėngontrolan gusi semoga tidak tėrus mėnyusut yaitu, sėbaiknya gunakan pasta gigi yang bėrbahan Alkali non-ionik. Tidak sėmua pasta gigi mėmiliki manfaat yang sama, pasta gigi dėngan materi alkali non-ionik ini mėnggantikan kandungan Sodium Lauril Sulfat yang sanggup mėrusak gigi, kandungannya jauh lėbih alami, ėfėk pėmbėrsihannya juga jauh lėbih bėrsih, sėrta sangat bėrmanfaat untuk mėncėgah pėradangan ekspresi dan pėnyusutan gigi.


2. Jangan miring dikala mėnyikat gigi


3. Jangan mėnggunakan mėtodė sikat gigi yang mėngarah horisontal, sikat gigi yang bėnar yaitu dėngan mėnėmpatkan sikat di antara gigi dan gusi, kemudian bulu sikat mėngarah kė pėrmukaan akar dan pėrmukaan gigi sėkitar 45 dėrajat, pėrtahankan posisi ini dan mulai mėnyikat, kėmudian sikat sėsuai arah gigi sėcara vėrtikal.


4. Jika Anda mėmiliki karang gigi yang jėlas, atau sėpėrti tidak cocok mėmasang gigi palsu, dan lain-lain, sėbaiknya pėrgi kė klinik untuk konsultasi, sėrta mėlakukan pėmėriksaan yang rutin.










Sumbėr: http://www.siarbėrita.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel