Manfaat Daun Ginseng Jawa Untuk Kecantikan

Ginseng jawa adalah tanaman semak tahunan yang sering kita jumpai berada disekitar kita. Tanaman ginseng jawa ini dapat dijumpai di halaman rumah, pekarangan rumah, tepi jalan dan tempat lainnya. Nama latin tanaman ginseng jawa ialah Talinum Paniculatum.




Sedangkan nama lain tanaman ginseng jawa dalam bahasa Inggris yaitu  Fameflower, Jewels of Opar, dan Pink Baby's Breath. Menurut sejarah asal usul tanaman gingeng jawa ini berasal dari daerah Afrika. Persebaran tanaman ginseng jawa ini dari daerah Afrika, Asia dan Amerika Utara.




Ciri-ciri fisik tanaman ginseng jawa ini yaitu mempunyai daun yang agak tebal kecil berair dan memiliki bunga yang ukurannya kecil berwarna pink atau merah muda. Fungsi dan kegunaan tanaman ginseng jawa bagi sebagian masyarakat digunakan sebagai sayuran karena tanaman ini memiliki rasa yang enak. Namun yang tak kita ketahui ternyata tanaman ginseng jawa ini dapat juga digunakan sebagai obat herbal tanaman ginseng jawa dalam pengobatan macam-macam penyakit yang ada ditubuh.




manfaat daun ginseng jawa untuk kecantikan



Nama Lain Ginseng Jawa


Indonesia : , Ginseng Jawa
Jawa : Som Jawa, Gelang Porslen





Klasifikasi Ginseng Jawa





Kingdom: Plantae


Subkingdom: Tracheobionta


Superdivisi: Spermatophyta


Divisi: Magnoliophyta


Kelas: Magnoliopsida


Subkelas: Hamamelidae


Ordo: Caryophyllales


Famili: Portulacaceae


Genus: Talinum


Spesies: Talinum paniculatum





Anatomi dan Morfologi Ginseng Jawa


Tanaman ginseng jawa merupakan salah satu jenis dari tanaman dari keluarga tanaman berbunga (Portulacaceae). Tanaman ginseng jawa ini termasuk tanaman semak tahunan (Parennial) dengan ukuran yang dapat mencapai sekitar 1 m. Batang tanaman ginseng jawa berbentuk bulat, bercabang di bagian bawah.

Pangkal batang tanaman ginseng jawa mengeras berwarna hijau keunguan. Daun tanaman gingseng jawa ini  tunggal berbentuk bulat lonjong,  pangkal daun tumpul,  dengan tepian daun yang rata, berwarna hijau. Bunga tanaman gingseng jawa ini majemuk berbentuk malai, bercabang atau berkelompok. Mahkota bunga tanaman ginseng jawa ada lima, berbentuk bulat telur  dengan ukuran panjang sekitar 3- 4 mm.

Benangsari bunga tanaman ginseng jawa lima sampai lima belas, tangkai bercabang. Kelompak bunga tanaman ginseng jawa berwarna pink atau merah muda. Buah tanaman ginseng jawa berbentuk bulat berwarna kuning kecoklatan. Biji tanaman gingseng jawa ini berbentuk pipih kecil berwarna hitam. Budidaya tanaman ginseng jawa ini berkembangbiak dengan cara biji dan stek yang diambil dari batang yang sudah tua.

Cara tanam dengan biji yaitu disebar pada tanah yang lembab setelah 7 hari akan berkecambah kemudian dipindah ketempat yang lebih luat. Habitat tanaman ginseng jawa berada pada tanah yang lembab dengan unsur hara yang tinggi dengan sinar matahari yang cukup dan curah hujan yang banyak dengan syarat hidup pada dataran rendah hingga ketinggian 2.400 meter dari permukaan air laut.






Bagian Ginseng Jawa Yang Digunakan


Daun dan akar






Kandungan Ginseng Jawa


Tanaman gingseng mengandung flavonoid, tanin, dan saponin.






Manfaat dan Khasiat Ginseng Jawa Bagi Kesehatan



  1. Tanaman ginseng jawa untuk obat sakit pusing.

  2. batuk, tuberkolosis paru-paru,

  3. nyeri lambung, diare

  4. bermanfaat meningkatkan stamina atau lemah syahwat.

  5. berkhasiat haid tidak teratur, keputihan.

  6. menyembuhkan sakit bisul

  7. digunakan untuk melancarkan ASI.

  8. berguna untuk meningkatkan nafsu makan




Catatan




Konsumsilah obat herbal tanaman ginseng jawa ini dengan bijak dan sesuai takaran.




Untuk Lebih Jelasnya bisa tonton video berikut ini:


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel