Tips Jitu Mengatasi Susah Tidur








Pada umumnya orang berilmu balig cukup akal membutuhkan waktu tidur 7-8 jam setiap malam.





Tetapi, untuk beberapa perempuan yang sedang mengalami kondisi seperti; Menstruasi, Hamil dan Ibu yang gres melahirkan, sangat susah mendapat waktu tidur yang ideal tersebut. 





Biasanya, hal yang menjadikan tidak idealnya waktu tidur kita (mommies) dan Ibu bekerja yaitu keadaan lingkungan dan tuntutan aktifitas yang tidak sanggup di hindari, misalnya: Mengurus bayi yang sakit, kelelahan sebab over aktifitas di siang hari, banyak pikiran, mengerjakan pekerjaan kantor di rumah, dan lain sebagainya, sanggup menciptakan waktu tidur yang di butuhkan oleh badan kita, menjadi berkurang.





Dan sebab badan insan sudah di atur oleh Sang Pencipta untuk tidur sesuai dengan waktu ideal maka sanggup di pastikan ketika waktu tidur kita kurang gejala-gejala seperti: Gangguan memori (sering lupa), ‘moody’, simpel depresi, menurunnya energi (gampang lelah), dan menurunnya daya tahan badan sangat mungkin akan kita rasakan.





Bila mom memang sulit memperoleh tidur malam yang ideal atau sangat susah menikmati tidur yang nyenyak, di bawah ini beberapa tips yang mungkin sanggup membantu mom mengatasi hal tersebut :


  1. Usahakan tidur malam pada setiap waktu yang sama dan berdiri di dikala yang sama. 
  2. Jangan tidur di siang hari, sebab sanggup menciptakan mom kurang ‘ngantung’ dikala malam hari. 
  3. Hindari kopi, rokok, dan minuman beralkohol dikala menjelang malam. Karena kafein dan nikotin yang terkandung di dalam rokok dan kopi, sanggup mencegah mom untuk tidur. 
  4. Lakukan olah raga secara teratur. Namun sebaiknya jangan melaksanakan olahraga 3 jam menjelang waktu tidur mom. 
  5. Jangan makan masakan berat menjelang tidur. 
  6. Pastikan cahaya sesuai dengan kebutuhan, hening dan tidak terlalu dingin. Jika cahaya menjadi masalah, coba gunakan ‘sleeping mask’. Kalau terlalu berisik gunakan ‘ear plug’. Intinya buat kamar tidur mom senyaman mungkin. 
  7. Hindari memakai daerah tidur selain untuk tidur dan berafiliasi intim dengan pasangan mom. 
  8. Jika masih tetap tidak sanggup tidur dan tidak merasa ‘ngantuk’, bangunlah dan coba cari acara yang sanggup menciptakan mom sanggup merasa ‘ngantuk’ menyerupai membaca buku dlsb. (Catatan: Jangan memaksakan mata mom untuk tidur, sebab semakin di paksa maka rasa ‘ngantuk’ akan semakin jauh. 
  9. Jika mom merasa tak bisa tidur sebab banyak memikirkan hal-hal yang akan di lakukan esok hari, buatlah ‘to do list’ sebelum mom tetapkan kembali ke daerah tidur. Hal ini akan membantu mom melepaskan diri dari hal-hal yang mencemaskan. 
  10. Untuk mom yang gres saja melahirkan, coba ikuti ritme tidur si kecil. Kaprikornus ketika si kecil sedang terlelap sebaiknya mom ikut tidur juga.


Intinya: Sesuaikan tips diatas dengan situasi dan kondisi mom, serta lakukan tips tersebut secara konsisten ‘maximal’ 6 minggu. Semoga tips ini sanggup membantu mom dalam mengatasi kebiasaan susah tidur yang di alami. 





Karena tanpa kita sadari tidur merupakan kebutuhan dasar manusia, sama pentingnya dengan kesehatan dan contoh makan yang baik, serta olahraga. Tidur malam yang cukup kadang menjadi cara terbaik untuk mengatasi stress, menuntaskan masalah, atau memulihkan diri dari sakit.(WRM/SA/07)





Sumber Tulisan: 


* Majalah Parents Guide


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel