Cengkeh Dan Keuntungannya Bagi Kesehatan






Cengkeh atau cengkih (Syzygium aromaticum) ialah tanaman orisinil Indonesia dan mempunyai bermacam-macam manfaat, tidak hanya sebagai penyedap rasa makanan; juga populer untuk mengobati aneka macam macam penyakit. Di negara Eropa, cengkeh banyak digunakan sebagai bumbu masakan pedas, sedangkan di Indonesia selain populer sanggup mengobati bermacam-macam penyakit, cengkeh juga digunakan sebagai materi utama rokok kretek khas Indonesia. 




Berikut akan dijelaskan beberapa manfaat cengkeh untuk kesehatan, antara lain:








1. Mengatasi Infeksi Pernafasan


Menurut profesor dari Mount Sinai School of Medicine di New York City; Neil Schachter, MD: Cengkeh bekerja sebagai ekspektoran. yaitu sanggup mengencerkan lendir yang ada di kerongkongan dan tenggorokan. Teh yang mengandung cengkeh sanggup membantu mengatasi benjol terusan pernapasan.





2. Mengobati sakit gigi.


Bagian cengkeh yang sanggup digunakan untuk mengobati sakit gigi ialah bunga cengkih. Cara pemanfaatannya adalah, sangrai 5 hingga 10 butir bunga cengkih kemudian ditumbuk hingga halus. Bubuk cengkeh yang dihasilkan kemudian ditaburkan di bab gigi yang sakit.





3. Mengatasi noda jerawat


Menurut Cornelia Zicu (staf Elizabeth Arden Red Door Spas), kandungan senyawa Euganol (dikenal sebagai antiseptik alami untuk menyeimbangkan kulit) yang dikandung cengkeh sanggup dimanfaatkan untuk mencegah timbulnya jerawat dan menghilangkan noda bekas jerawat.





4. Pembersih Kuman alternatif 


Senyawa Euganol atau antiseptik alami pada cengkeh bermanfaat untuk menjaga kebersihan barang-barang anda. Minyak cengkeh sanggup mengurangi kuman atau jamur yang ada pada perabotan rumah tangga dan mencegah kuman tiba kembali. Caranya yaitu dengan mencampur 1/2 sendok minyak cengkeh dengan dua gelas air kemudian semprotkan ke tempat-tempat yang rentan terpapar kuman atau kuman, contohnya dinding kamar mandi.





5. Pewangi alami pakaian 


Aroma cengkeh yang pedas secara alami akan menutupi anyir tak sedap, selain itu sanggup menjaga kesejukan barang-barang anda. Salah satu teladan pemanfaatan nya ialah untuk pewangi dan penyegar pada pakaian anda. Caranya: simpanlah beberapa batang cengkeh ke dalam lemari pakaian Anda dan ganti setiap 2-4 ahad sekali, biar aroma segar tetap terjaga


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel