Usir Nyamuk Dengan Tanaman Zodia

Usir Nyamuk dengan Tanaman Zodia







Zodia (Evodia suaveolens). Zodia yaitu flora dari suku jeruk-jerukan (Rutaceae) yang merupakan tumbuhan endemik Indonesia yang berasal dari Papua. Tanaman ini telah dimanfaatkan oleh masyarakat orisinil Papua untuk mengusir serangga dan nyamuk dengan cara mengusapkan daun zodia ke sekujur tubuh.










Saat sekarang, mulai banyak orang yang menanam zodia (Evodia suaveolens) di dalam pot dan diletakkan di dalam ruangan. Aroma yang keluar dari pohon ini terutama saat daun-daun zodia bergesekan bisa mengusir nyamuk (anti nyamuk). Tanaman zodia, oleh para penjual tumbuhan hias sering kali lebih dikenal sebagai Pohon Nyamuk.





Ciri-ciri Zodia. Zodia merupakan tumbuhan perdu dari suku jeruk-jerukan (Rutaceae) yang memiliki tinggi berkisar antara 50-200 cm dengan rata-rata tinggi sekitar 75 cm. Daunnya berbentuk pipih memanjang agak elastis dengan warna kuning kehijau-hijauan. Panjang daunnya berkisar antara 2—30 cm.





rumpun zodia (Evodia suaveolens)





Zodia (Evodia suaveolens) merupakan flora yang berasal dari pulau Papua. Tapi kini mulai dibudidayakan diberbagai daerah termasuk di Jawa. Tanaman ini bisa hidup pada ketinggian antara 400-1.000 meter dpl.





Pada umumnya tumbuhan ini dutanam di dalam pot dan diletakkan di dalam ruangan (indoor plant). Namun Zodia sanggup juga ditanam di luar ruangan ibarat di halaman rumah. Pohon zodia kalau dibiarkan tumbuh dengan bebas bisa mencapai ketinggian sekitar 2 meter.





Zodia Pengusir Nyamuk. Tanaman zodia (Evodia suaveolens) telah semenjak usang dipergunakan oleh penduduk orisinil Papua sebagai pengusir serangga dan nyamuk. Zodia mengeluarkan aroma yang khas yang tidak disukai oleh nyamuk sehingga nyamuk akan menghindar dan pergi.





Bunga Zodia (Evodia suaveolens)




Menurut penelitian Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balittro), minyak yang disuling dari daun tumbuhan ini mengandung linalool (46%) dan a-pinene (13,26%). Linalool sendiri dikenal sebagai pengusir nyamuk.





Daun zodia bisa menghalau nyamuk selama enam jam dengan daya halau (daya proteksi) sebesar lebih dari 70%.. Selain itu, lengan yang digigit oleh nyamuk demam berdarah akan cepat sembuh (bentol dan gatal) apabila digosok dengan daun zodia.





Zodia (Evodia suaveolens) akan mengeluarkan aroma yang khas bila daun-daunnya saling bergesekan. Aroma yang keluar akhir pergesekan daun zodia inilah yang tidak disukai dan bisa mengusir nyamuk. Karenanya sebagai tumbuhan pengusir nyamuk, cukup menanam tumbuhan ini di pot yang ditarud di sudut ruangan atau bersahabat jendela.





Memperindah ruangan dengan Zodia, tumbuhan yang sekaligus memiliki khasiat sebagai pengusir nyamuk tampaknya bukan sebuah pilihan yang jelek. Kecuali bagi nyamuk itu sendiri.





Klasifikasi Ilmiah: Kerajaan: Plantae; Divisi: Magnoliophyta; Kelas: Magnoliopsida; Ordo: Sapindales; Famili: Rutaceae; Genus: Evodia; Spesies: Evodia suaveolens.








Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel