Kandungan Dan Manfaat Jambu Biji Untuk Kesehatan

Kandungan dan Manfaat Jambu Biji untuk Kesehatan - Jambu ialah buah-buahan yang sehat nan alami. Buah yang banyak tumbuh di iklim tropis ini, punya segudang manfaat penting untuk kesehatan dan juga kecantikan terutama yang berdaging merah. Cara mengkonsumsinya pun bisa secara eksklusif maupun tidak langsung, menyerupai salah satunya dijadikan minuman atau jus yang menyegarkan. Dengan demikian, Anda bisa mendapat keuntungannya secara langsung. Hal ini terbukti sudah banyak banyak sekali jenis penyakit yang terbukti bisa disembuhkan oleh jambu biji diantaranya, diare, disentri, sembelit, batuk, pilek, perawatan kulit, tekanan darah tinggi, types, DBD dan penyakit kudis.





Buah ini sangat terkenal di Indonesia, bahkan untuk mendapatkannya pun sangatlah gampang dan tidak mahal untuk membelinya. Jambu Biji banyak mengandung mineral dan vitamin yang bisa membantu badan tetap sehat dan bugar sepanjang hari. Selain itu, buah sehat ini punya kandungan vitamin C yang sangat tinggi.





Kandungan dan Manfaat Jambu Biji untuk Kesehatan  Kandungan dan Manfaat Jambu Biji untuk Kesehatan



Kandungan Buah Jambu Biji


Berikut ini ialah kandungan gizi dan nutrisi yang terdapat didalam jambu biji





Energi 68 Kcal 3,5% 


Karbohidrat 14,3 g 11,5% 


Protein 2,55 g 5% 


Total Lemak 0.95 g 3% 


Kolesterol 0 mg 0% 


Diet Serat 5,4 g 14%





Vitamin





Folat 49 mg 12,5% 


Niacin 1,084 mg 7% 


Asam pantotenat 0.451 mg 9%


Pyridoxine 0.110 mg 8,5%


Riboflavin 0.040 mg 3%


Thiamin 0.067 mg 5,5%


Vitamin A 624 IU 21%


Vitamin C 228 mg 396%


Vitamin E 0,73 mg 5%


Vitamin K 2,6 mg 2%





Elektrolit





Sodium 2 mg 0%


Kalium 417 mg 9%





Mineral





Kalsium 18 mg 2%


Tembaga 0.230 mg 2,5%


Besi 0,26 mg 3%


Magnesium 22 mg 5,5%


Mangan 0.150 mg 6,5%


Fosfor 11 mg 2%


Selenium 0,6 mcg 1%


Zinc 0.23 mg 2%


Karoten-ß 374 mg


Crypto-xanthin-ß 0 mg


Lycopene 5204 mg





Manfaat Jambu Biji untuk Kesehatan dan Kecantikan





  1. Jambu sanggup membantu memperbaiki tekstur kulit, dan sanggup terhindar dari problem kulit lebih terbaik dari krim kecantikan kulit. Hal ini alasannya ialah banyaknya astringents dalam buah-buahan jambu yang (lebih banyak yang belum matang) dan pada daun. Anda bisa mendapat manfaat terbaik dari buah ini dengan memakan buah, untuk mengencangkan otot. Atau dengan mencuci kulit Anda memakai air rebusan buah dan daun jambu yang tua, untuk mencerahkan dan mengencangkan kulit kendur. Selain astringents, jambu biji sangat-sangat kaya akan vitamin-A, B, C dan kalium yang merupakan anti oksidan sangat baik untuk pendetoks dan menjaga kulit bersinar dan bebas dari keriput jawaban proses penuaan dan gangguan lainnya.
  2. Buah jambu biji merah juga sangat mempunyai kegunaan dalam menjaga kesehatan pencernaan, alasannya ialah di dalam buah jambu biji mengandung serat alami yang sangat bermanfaat dalam melancarkan system pencernaan menyerupai susah BAB, sembelit serta membuang zat-zat berbahaya di dalam usus.
  3. Buah jambu biji merah juga kaya akan vitamin B kompleks, sehingga sangat bermnafaat untuk menjaga kesehatan tubuh.
  4. Selain itu, buah jambu biji merah juga sangat mempunyai kegunaan dalam menurunkan tekanan darah tinggi, alasannya ialah di dalam buah jambu biji merah terdapat kandungan kalium yang bisa menstabilkan tekanan darah.
  5. Kandungan mineral tembaga yang terdapat pada buah jambu biji sudah terbukti khasiatnya dalam menjaga fungsi kelenjar tiroid, jikalau terjadi gangguan pada kelenjar tiroid maka akan menjadikan munculnya penyakit serius.
  6. Kandungan mineral lainnya yang terdapat pada buah jambu biji merah yaitu mangan, kandungan mangan sanggup membantu dalam menyerap nutrisi pada masakan yang kita konsumsi. Oleh alasannya ialah itu, konsumsilah masakan yang sehat biar nutrisi yang diserap badan lebih maksimal.
  7. Buah jambu biji merah juga sangat mempunyai kegunaan dalam mengobati penyakit demam berdarah, alasannya ialah buah jambu biji merah kaya akan kandungan zat besi yang sanggup membantu pembentukan sel darah gres di dalam tubuh.
  8. Jambu biji kaya akan kandungan magnesium yang sangat mempunyai kegunaan untuk relaksasi, sehingga sanggup membantu dalam mengendurkan otot-otot saraf di dalam tubuh. Selain itu, mengkonsumsi buah jambu biji merah sehabis melaksanakan acara seharian sanggup mengembalikan stamina yang hilang.
  9. Vitamin B3 dan B6 yang terdapat di dalam buah jambu merah sangat berguna dalam membantu menjaga fungsi otak dengan cara melancarkan sirkulasi darah dengan baik.
  10. Buah jambu merah juga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit, alasannya ialah di dalam buah jambu biji merah mengandung vitamin C, beta-karoten dan juga antioksidan yang sangat tinggi. Sehingga kulit akan tampak lebih cerah, lembut dan jauh dari gangguan kulit menyerupai jerawat, kulit kering, kulit berminyak dan gangguan kulit lainnya. Maka tak heran jikalau buah jambu biji sering dijadikan sebagai materi untuk menciptakan lotion untuk kulit wajah dan tubuh.
  11. Jambu biji rendah lemak dan kalori , dan mengandung beberapa macam vitamin penting, mineral, dan senyawa antioksidan poli-fenolik dan flavonoid, yaitu senyawa yang penting untuk pencegahan kanker, anti-penuaan, meningkatkan kekebalan tubuh, dll.
  12. Buah jambu biji sangat kaya sumber serat larut (5,4 g per 100 g buah, sekitar 14% dari DRA), sehingga bisa menjadi pencahar yang baik. Serat membantu melindungi selaput lendir pada usus, dengan mengurangi waktu paparan racun serta mengikat materi kimia penyebab kanker di usus besar.
  13. Buah jambu juga sumber vitamin-A, dan flavonoid menyerupai beta-karoten, likopen, lutein dan cryptoxanthin. Senyawa-senyawa ini dikenal mempunyai sifat antioksidan, dan sangat penting untuk kesehatan. Vitamin A diharapkan badan untuk menjaga selaput lendir dan kulit gara tetap sehat. Buah jambu segar alami kaya akan karoten, yang dikenal untuk melindungi dari paru-paru dan kanker rongga mulut. 100 g buah jambu biji merah muda mengandung 5204 mg likopen, hampir dua kali lipat jumlahnya dari yang terdapat pada tomat. (100 g tomat mengandung lycopene 2573 ug). Studi memperlihatkan bahwa likopen dalam jambu biji merah mencegah kerusakan kulit dari sinar UV , juga memperlihatkan derma dari kanker prostat.
  14. Jambu biji mengalahkan banyak buah-buahan lainnya dalam hal vitamin C, termasuk buah jeruk lemon dan lainnya.Konsentrasi vitamin C, akan menjadikan kuman penyebab kudis akan berkurang dan menghilang. Vitamin C pada jambu lima kali lipat daripada Vitamin-C dalam jeruk.
  15. Fakta bahwa jambu biji membantu mengendalikan diabetes, sumber Lypocene yang mengurangi risiko kanker. Jus daun jambu sebagai obat sakit gigi, gusi bengkakl, menyembuhkan luka bila dipakai secara eksternal, kejang, epilepsi, infeksi kuman dsb.
  16. Buah jambu biji mempunyai kandungan senyawa antioksidan yang sangat tinggi yang dihasilkan oleh kandungan vitamin C, kandungan vitamin C sangat dibutuhkan oleh badan untuk pembentukan sintesis kolagen di dalam tubuh. Kolagen merupakan protein yang di butuhkan oleh badan dalam menjaga integritas pada pembuluh darah, kulit, tulang dan organ badan lainnya.





Demikian isu tentang manfaat dan kandungan buah jambu biji untuk kesehatan dan juga kecantikan. Semoga sanggup memperlihatkan manfaat untuk siapa saja yang membacanya. Terima kasih. Baca Juga : Ini Jawaban Penting atau Tidak Anak Usia 3 Tahun Keatas Tetap Minum Susu


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel