Takaran Dan Cara Memasak Beras Merah

Di postingan sebelumnya kita telah membahas kandungan gizi dari beras merah. Di postingan kali ini kita akan membahas bagaimana cara memasak beras merah sehingga sanggup dinikmati oleh siapa saja. Selama ini banyak orang yang mengatakan bahwa beras merah akan terasa keras dan tidak yummy ketika ditanak dan menjadi nasi. Mengenai cara mengkonsumsi beras merah pun banyak masyarakat yang belum mengerti informasinya secara benar dan lengkap.





Warna merah dari beras merah berasal dari kulit ari berasnya yang memang sengaja tidak dhilangkan pada waktu proses penggilingannya. Kulit ari dari beras sendiri merupakan suatu lapisan yang agak liat, sehingga kalau kulit ari ini tidak pecah waktu dimasak, maka akan menghasilkan teksur nasi beras merah yang keras. Untuk mengatasi hal ini ada 2 cara yang sanggup dilakukan untuk memasak 100% beras merah, yaitu merendam dengan air selama 12 jam sebelum dimasak atau dengan menambahkan air lebih banyak dari biasanya. Yang paling efektif ialah dengan menambahkan air lebih banyak, alasannya ialah proses pemanasan pada dikala pemasakan akan menjadi lebih lama, sehingga akan menunjukkan kesempatan untuk sanggup memecahkan kulit ari dari beras merah dan alhasil ialah nasi merah dengan tekstur yang pulen.





Bagi sebagian besar masyarakat yang dari kecil kita selalu makan beras putih, ketika mereka disuruh mencoba makan beras merah akan muncul pertanyaan apakah beras ini akan seenak beras putih. Jawabannya niscaya rasanya berbeda alasannya ialah kadar kandungan gizi yang berbeda dengan beras putih. Bagi orang awam yang mencoba pertama kali niscaya akan bilang rasanya dingin dan ada yang bilang teksturnya keras. Saya pun ketika pertama kali mencoba beras merah juga berperasangka demikian. 





Berikut ialah proporsi jumlah beras merah dan cara memasak beras merah dan yang mungkin sanggup anda coba di rumah. 





1. Porsi 100% beras merah

Sudah kita bahas di postingan sebelumnya bahwa dengan mengkonsumsi beras merah maka kadar gula dalam darah kita sanggup terkontrol. Pada penderita diabetes atau bagi orang dengan kegiatan diet untuk menurunkan berat tubuh maka dianjurkan untuk menggunakan atau memasak beras merah saja sebagai konsumsi pengganti beras putih.

2. Porsi adonan beras merah dan beras putih

Bagi keluarga yang ingin menjaga kesehatan atau bagi anda yang ingin mencoba rasa beras merah makan anda sanggup memasak dengan mencampurnya dengan beras putih. Anjurannya ialah 1 ; 9, 1 untuk beras merah dan 9 untuk beras putih. Dengan mencampur, maka anda akan tetap sanggup mencicipi beras merah tanpa takut rasa dingin alasannya ialah masih ada beras putih yang akan menunjukkan sedikit rasa elok di nasi anda.




Cara Memasak Beras Merah



  1. Ambil beras merah sesuai dosis ajuan di atas
  2. Campurkan beras merah dengan beras putih atau sanggup beras merah saja
  3. Tambahkan air 1/4 > dari dosis biasa anda memasak
  4. Masak beras merah sesuai kebutuhan anda.
Semoga bermanfaat.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel