Ini Tanggapan Penting Atau Tidak Anak Usia 3 Tahun Minum Susu

Penting atau Tidak Anak Usia 3 Tahun ke Atas Minum Susu - Susu yakni jenis minuman sehat dan tentunya sangat lezat. Didalamnya banyak kandungan vitamin dan mineral penting untuk membantu pertumbuhan sang anak. Sehingga tidak heran, bila ketika kecil bila sering diajarkan untuk mengonsumsi susu baik pagi atau malam hari. Terlebih, ketika masih bayi susu yakni satu-satunya asupan penting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi. Lalu, bagaimana ketika anak kemudian tumbuh mencapai usia tiga tahun, masih perlukan untuk minum susu setiap hari?










Dilansir dari situs Detik dan di sampaikan oleh dr Badriul Hegar, PhD, SpA(K) dari RS Cipto Mangunkusumo, bahwa ketika anak sudah mencapai usia tiga tahun, susu lebih berperan sebagai makanan pendamping dan bukan makanan utama. Oleh alasannya yakni itu, pemberiannya bergantung pada orang tua.





"Secara teori di atas satu tahun pun susu sudah jadi asupan pendamping, lantaran yang utamanya ya makanan padat. Kaprikornus jadwal makannya makan makanan padat tiga kali, kemudian kudapan dua kali. Boleh kalau mau ditambahkan susu," ungkapnya.





Pemberian susu untuk dikonsumsi anak juga tidak perlu dipaksakan. Sebab, konsumsi susu juga sanggup diberikan bila orang renta merasa kebutuhan nutrisi anak mungkin belum terpenuhi hanya dari makanan padat. Namun berdasarkan dr Hegar, bila kontribusi makanan secara kuantitas dan kualitas sudah sesuai dengan berat tubuh serta usia anak, maka seharusnya nutrisi yang didapatkan sudah cukup.





"Jadi protein, lemak dan karbohidratnya disesuaikan. Lihat juga berapa kilogram berat tubuh anak, ditimbang rutin, jadi tahu asupannya sudah cukup atau belum. Bisa ditambahkan minum susu dua kali sehari misalnya," imbuh dr Hegar.





Hal senada juga pernah disampaikan oleh M. Dora Tri Yogyantini, SGz, andal gizi di Instalasi Gizi RS Panti Rapih Yogyakarta. Ia Mengatakan bahwa meskipun tak menerima susu, balita akan tetap tumbuh sehat dan optimal asalkan menerima nutrisi yang lengkap. Nutrisi-nutrisi tersebut sanggup didapat bila ibu menunjukkan makanan yang beraneka ragam jenisnya. Tak lupa juga untuk melengkapi nutrisi si kecil dengan sayur dan buah dalam jumlah yang mencukupi.





"Saran saya, yang wajib untuk anak, yang pertama yakni telur. Itu kalau tidak ada alergi. Telur itu yakni makanan wajib untuk anak lantaran kandungan asam aminonya lengkap yakni ada 23 faktor. Telur juga merupakan protein yang tepat lantaran telur sanggup dipakai untuk pertumbuhan berat dan tinggi badan," terangnya.





Susu memang sehat dan penting, tapi bila asupan makanan yang diberikan selama setiap harinya. Kita tidak perlu kok mewajibkan sanga anak yang sudah berusia 3 tahun keatas untuk tetap minum susu setiap harinya. Demikian gosip kesehatan yang kami sampaikan pada kesempatan kali ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel