Manfaat Dan Khasiat Bangle Bagi Kesehatan

Manfaat dan Khasiat Bangle bagi Kesehatan - Tanaman bangle termasuk familia Zingiber montanum. Tanaman Bangle banyak di tanam di kebun atau pekarangan rumah sebagai apotik hidup. Tumbuh pada ketinggian 1300 m dpl.

Berkembang biak dengan melalui rimpang yang bertunas. Nama kawasan flora bangle di Indonesia: mungle (Aceh), bengle (Gayo, Jawa Tengah), bungle (Batak), banlai (Minangkabau), kunyit bolai (Melayu), gundre boli (Nias), panglai (Sunda), pandiang (Madura), bangles (Dayak), Banggele (Bali), unil makei (Ambon), bangle (Ternate).


Manfaat dan Khasiat Bangle bagi Kesehatan Manfaat Dan Khasiat Bangle Bagi Kesehatan



Bangle mempunyai rimpang yang menjalar dan berdaging dengan bentuk tidak beraturan. Bila rimpangnya dibelah berwarna kuning muda hingga kuning kecoklatan.

Sudah semenjak usang bangle digolongkan sebagai rempah-rempah (bumbu makanan) dan flora ini juga mempunyai khasiat obat herbal alami. Bangle sanggup dipakai sebagai obat alami untuk penyakit: sakit kepala, demam, batuk, perut nyeri, masuk angin, menghangatkan tubuh, sembelit, sakit kuning, cacingan, rematik, kegemukan, dan mengecilkan perut sehabis melahirkan.

Cara Pemakain Bangle Bagi Kesehatan

1. Sakit Kepala

Untuk penanganan sakit kepala dengan memakai bangle, caranya siapkan bangle kemudian ditumbuk hingga halus dan mencampurnya dengan sedikit air hangat hingga membentuk krim kemudian pijatlah kepala yang terasa sakit dengan tangan beserta krim bangle yang telah Anda buat. Cara ini tidak memperlihatkan khasiat tertentu bagi tubuh, namun akan menciptakan otot menjadi rileks dan mengurangi sakit kepala.

2. Rematik

Rimpang segar secukupnya dicuci kemudian diparut. Tambahkan arak kemudian aduk hingga menjadi menyerupai bubur. Balurkan pada bab sendi yang sakit.

3. Perut Mulas

Siapkan rimpang bangle, rimpang jahe, kencur, dan lempuyang wangi, masing-masing 1/2 jari. Semua materi dicuci kemudian diiris tipis-tipis. Rebus dengan 1 gelas air hingga tinggal 1/2 gelas. Setelah masbodoh disaring kemudian diminum.

4. Cacingan (Cacing Gelang dan Kremi)

3 jari rimpang bangle, 2 jari temu hitam, 5 biji ketumbar (ketiga materi ini kulitnya di bersihkan terlebih dahulu kemudian di bersihkan dengan air bersih) dan 5 lembar tangkai daun sirih dicuci kemudian diiris-iris tipis semua materi tersebut dan ditumbuk hingga halus. Tambahkan 1/2 gelas air matang, peras dan saring airnya kemudian diminum.

5. Deman dan Masuk Angin

15 gr rimpang bangle yang segar dicuci kemudian diparut, kemudian diperas dan disaring airnya. Tambahkan 1/2 gelas air panas dan 2 sendok makan madu, aduk hingga rata. Minum 2 kali sehari.

6. Sakit Kuning

1/2 jari rimpang bangle dicuci higienis kemudian diparut, kemudian peras dan saring airnya. Tambahkan air masak dan madu 1 sendok makan. Minum 2 kali sehari.

7. Menurunkan Berat Badan

Siapkan bangle, gula aren yang sudah halus, parutan, air, gelas. Caranya bersihkan bangle dengan air higienis sehabis itu bangle yang sudah higienis diparut kemudian peras hasil parutan hingga keluar air dan taruh di dalam gelas, tambahkan gula aren secukupnya. Ramuan bangle siap di minum, Konsumsilah ramuan bangle tersebut setiap hari secara rutin 1 gelas per hari.

Manfaat dan Khasiat Bangle ini diketahui dari aneka macam sumber dan Semoga artikel ini sanggup bermanfaat.

Baca juga artikel warta kesehatan:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel