Inilah Manfaat Herbal Sayuran Wortel Untuk Kesehatan

Manfaat Herbal Sayuran Wortel Untuk Kesehatan - Wortel yakni flora yang termasuk familia Apiceae. Nama ilmiah wortel dalam bahasa Latin ialah Daucus carota L.

Siapa yang tidak tahu wortel ? Wortel merupakan sayuran terkenal yang sudah dikenal oleh bawah umur maupun orang dewasa. Bentukya lonjong berwarna orange yang kaya akan kandungan kimia beta karoten, minyak atsiri, limonene, pirolidina, alkaloid daukina (bau menyerupai nikotina), dausina dan daukosterina serta mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan mata.


Manfaat Herbal Sayuran Wortel Untuk Kesehatan Inilah Manfaat Herbal Sayuran Wortel Untuk Kesehatan



Wortel sanggup tumbuh sepanjang tahun, terutama di tempat dataran tinggi dengan ketinggian minimal 1000 mdpl dan mempunyai suhu yang cukup masbodoh dan lembab, namun tetap membutuhkan sinar matahari.

Bagian wortel yang sanggup dimakan yakni penggalan umbi, selain dijadikan makanan menyerupai sayuran, sanggup juga dengan cara dijadikan jus wortel dan kandungan vitaminnya hampir sama dengan wortel yang dimakan begitu saja.

Manfaat dan kegunaan wortel, di antaranya sebagai obat hipertensi, kesehatan mata, rabun senja, mata minus, deman pada anak, kolesterol, cacingan, luka bakar, eksim, batuk, nyeri haid, sembelit, menghaluskan wajah, kanker, dll.

Cara pemakaian wortel sebagai obat herbal, di antaranya:

Untuk mata minus

Parut beberapa wortel kemudian peras airnya. Diminum setiap pagi secara teratur.

Untuk cacingan
5 wortel yang sudah dikeringkan, kemudian ditumbuk/parut hingga menjadi bubuk. Seduh dengan air secukupnya. Minum 2x sehari.

Untuk mengobati cacing kremi

Siapkan 5-7 umbi wortel kemudian parut dan peras airnya. Tambahkan bernafsu dan santn kelapa secukupnya kemudian aduk rata. Minum menjelang tidur malam.

Untuk mengobati eksim
Parut 1 umbi wortel kemudian campur dengan kapur sirih dan campur rata. Tempelkan pada penggalan yang sakit, balut dengan perban.

Untuk nyeri haid
250 gr wortel dicuci, dipotong-potong. Beri sedikit air kemudian diblender. Ramuan ini untuk diminum 2 kali sehari.

Untuk haluskan wajah
2-3 wortel dikupas, dicuci, kemudian parut, dan diperas airnya. Oleskan ke wajah. Bisa juga sehabis diparut eksklusif ketempatkan kewajah sebahai masker, hingga kering.

Demikian catatan wacana Manfaat Herbal Sayuran Wortel Untuk Kesehatan. Semoga artikel ini sanggup bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel