Cara Merawat Kulit Wajah Dan Tips Untuk Remaja

KULIT dalam diri seorang berilmu balig cukup akal tergolong bebas dari kekendoran dan tidak dijumpai garis-garis. Susunan kulit dan warnanya bagus. Namun, pada periode ini pula dimulai produksi hormon tubuh tertentu. Diantaranya hormon Adrogen yang bekerja menstimulasi produksi kelenjar keringat dan minyak mencapai tingkat maksimal, sehingga kulit berilmu balig cukup akal cukup lembab.

Kulit merupakan organ tubuh yang terluas, kira-kira 1,8 M2 dengan tebal berkisar 5mm dan berat sekitar 15% dari berat badan. Fungsi kulit, sebagai dinding batas antara belahan tubuh dan dunia luar. Kulit merupakan pelindung tubuh terhadap kekeringan, panas, cahaya, debu, dan kuman. Selain sebagai pelindung tubuh, kulit juga berperan pada faktor estetis. Sebab, kulit sehat lembut, halus merupakan idaman tiap orang.







Dalam keadaan normal kulit mengalami proses turn over tiap tiga hingga dengan empat minggu. Pada masa itu, sel-sel kulit mati akan mengelupas secara alami kemudian berganti sel kulit yang gres yang sehat. Beberapa ciri yang biasa digunakan sebagai patokan untuk mengetahui kulit sehat pada diri berilmu balig cukup akal di antaranya kulit terasa kenyal bila disentuh. Hal ini sebagai indikator bahwa kolagen dan elastin sebagai jaringan penyangga masih diproduksi dalam jumlah yang cukup dan keadaan baik. Kulit lembab, bukan berarti berminyak tetapi menunjukan kadar air di dalam terjaga keseimbangannya. Sedangkan kemerahan yang terlihat di kulit mengindikasikan pembuluh darah berjalan optimal dan kulit mendapat nutrisi yang cukup.

Selain itu terjadi penebalan dimuara kelenjar minyak dan berakibat tersumbatnya jalan masuk kelenjar disertai pori-pori melebar. Peningkatan produksi minyak dan tersumbatnya jalan masuk kelenjar minyak ini menyebabkan jerawat. Tanda khas periode berilmu balig cukup akal atau nanah inilah yang sering menjadi problem bagi kaum remaja, laki-laki maupun wanita.

Jerawat merupakan kelainan yang keronik pada unit pilosebasia. Prepa lensi dari nanah berkisar 27% hingga dengan 93%. Remaja berjerawat sering mengalami problem sosial, fisik dan psikologis, menyerupai menurunnya akidah diri, body, image, cocial with hdrawal, putus asa dan depresi. Jerawat dengan peradangan berlarut akan menyebabkan bekas nanah menyerupai noda hitam (hiperpigmintasi post acne), warna merah dan jaringan parut kulit bermetamorfosis berangasan serta tidak rata dan bersifat permanen.

Jerawat sanggup dicegah dengan menghindari faktor pelopor nanah dan melalukan perawatan kulit sehari-hari yang tepat. Hentikan kebiasaan jelek memegang atau memencet nanah dengan tangan. Perbaiki contoh hidup, tidur, dan hindari stres. Gunakan kosmetik yang non acenegenik. Jika nanah tidak kunjung sembuh, bertambah parah, nyeri, dan mengganggu aktivitas, segera konsultasikan dengan dokter seorang jago kulit untuk mendapat terapi yang sesuai dengan problem dan kebutuhan kulit.

Jerawat kulit pada berilmu balig cukup akal bertujuan untuk menjaga kulit tetap sehat dan segar, melindungi dari efek luar yang merugikan, menjaga kebersihannya serta mengatasi problem kulit menyerupai nanah dan kulit. Umumnya berilmu balig cukup akal banyak bekerjasama dengan bubuk dan matahari. Agar wajah senantiasa halus dan sehat harus selalu dijaga kebersihan kulit wajah, guna meraih penampilan yang menarik dengan keadaan kulit yang sehat, segar dan bersih.

Beberapa tips merawat kulit pada berilmu balig cukup akal :

  1. Bersihkan wajah secara teratur memakai pembersih wajah yang bebas minyak. Wajah dibersihkan dua kali sehari dan jangan di gosok dengan keras.
  2. Gunakan penyegar untuk membersihkan sisa-sisa lemak dan kotoran yang menutupi pori-pori, dilakukan 1-2 kali sehari sesuai kebutuhan. Hindari astrigen, lantaran sanggup menyebabkan kulit kering dan iritasi.
  3. Gunakan pelembab berbasis air dan mempunyai tabir surya dengan spektrum luas, digunakan pagi dan siang hari.
  4. Jika memakai kosmetik dekoratif gunakan yang berbasis air (water based) atau kosmetik non komedogenic/non acnegenic.
  5. Bagi kulit sensitif gunakan kosmetik fragance free tanpa parfum.
  6. Untuk mengontrol nanah gunakan produk yang direkomendasikan dokter.
  7. Eksfoliasi biasanya dilakukan 1-2 kali seminggu tergantung tipe kulit dan kondisi lingkungan. Eksfoliasi ini mempunyai kegunaan untuk menghilangkan kulit mati dan bekas kosmetik/lemak yang menyumbat pori-pori.



Demikian artikel ihwal cara merawat kulit wajah dan tips untuk remaja. Jadi, buat Anda para remaja, rawatlah kulit wajah Anda yang gres bertumbuh dan memasuki masa puber. Ikuti saja beberapa langkah merawat kulit wajah di atas sebagai referensi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel