Manfaat Liuar Biasa Buah Pinang Untuk Kesehatan

Tahukah anda, ada banyak sekali Manfaat Liuar Biasa Buah Pinang Untuk Kesehatan. Namun memang tidak banyak masyarakat kita yang menggunakannya sebagai herbal, justru lebih banyak yang menggunakannya sebagai materi pewarna pakaian.

Pinang mempunyai nama Latin Areca catechu dan dalam bahasa Inggris buah ini di kenal dengan nama buah Betel palm atau Betel nut tree, hal ini sebab Pinang merupakan jenis palma yang tumbuh di tempat Pasifik, Asia dan Afrika potongan timur. Oke, pribadi saja, berikut ini adalah Manfaat Liuar Biasa Buah Pinang Untuk Kesehatan yang harus anda ketahui.

Manfaat Liuar Biasa Buah Pinang Untuk Kesehatan Manfaat Liuar Biasa Buah Pinang Untuk Kesehatan
Ilustrasi Buah Pinang

Manfaat Liuar Biasa Buah Pinang Untuk Kesehatan


  • Keluar Darah Berlebihan

Air rebusan biji pinang juga dipakai untuk mengatasi penyakit menyerupai haid dengan darah berlebihan, hidung berdarah (mimisan), koreng, bisul, kudis dan mencret.

  • Sakit pinggang

Ambil beberapa lembar daun pinang. Tumbuk daun tersebut dan hangatkan. Daun pinang yang tenah ditumbuk dikompreskan di tempat yang sakit.

  • Kudis

Parut satu biji buah pinang. Campur dengan seperempat sendok teh kapur sirih dan air secukupnya. Oleskan di potongan yang sakit.

  • Difteri

Siapkan dua biji buah pinang kemudian rebus dalam dua gelas air. Tunggu hingga tersisa menjadi 1 1/2 gelas. Tambahkan satu sendok makan madu dan aduk rata. Minum perlahan-lahan untuk menyembuhkan difteri.

  • Mengecilkan Rahim

Biji pinang muda dipakai kaum perempuan untuk mengecilkan rahim sehabis melahirkan. Caranya masak buah pinang muda kemudian airnya diminum hingga rahim kembali ke bentuk normal.

  • Rabun Mata

Untuk mengobati rabun mata. Cukup dengan pribadi dikunyah dan airnya ditelan.

  • Meningkatkan gairah

Meningkatkan gairah seks kaum pria. Khasiat ini di ketahui sebab di dalam pinang terkandung arekolin. Ambil satu biji buah pinang yang belum mengeras. Potong kecil-kecil kemudian kunyah dan makan. Cara lain, ambil satu biji buah pinang kemudian hancurkan dan rebus dalam dua gelas air. Tunggu hingga menjadi satu gelas. Keduanya mempunyai khasiat yang sama.

  • Mengobati luka kulit

Caranya, daging buah pinang yang masih muda ditumbuk hingga halus, kemudian ditempelkan pada potongan badan yang terluka.

  • Obat cacingan

Siapkan seperempat potong buah pinang, setengah jari rimpang temulawak, dan setengah jari rimpang kunyit. Semua materi tersebut direbus kemudian disaring. Minum air hasil saringan tersebut untuk mengatasi cacingan.

  • Menguatkan gigi dan gusi

Ambil beberapa biji buah pinang. Iris menjadi beberapa bagian, kemudian kunyah irisan tersebut.

  • Mengobati indera pendengaran bernanah

Caranya, ambil akar buah pinang muda secukupnya, tumbuk halus, peras airnya. Bersihkan terlebih dahulu indera pendengaran anak yang sakit dengan kapas, sehabis itu tetesi dengan air perasan pinang di potongan indera pendengaran yang sakit sebanyak 3 tetes. Sumbat indera pendengaran dengan kapas biar air tetesan tidak mengalir keluar. Lakukan setiap hari secara rutin hingga sembuh.

Bagaimana? Ternyata wow Manfaat Liuar Biasa Buah Pinang Untuk Kesehatan, bukan? Gunakan yang alami untuk anda dan keluarga. Baca juga Manfaat Jambu Biji Untuk Kesehatan Wajib Diketahui.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel