19 Manfaat Buah Sirsak Untuk Kesehatan Dan Kandungan Gizinya


Halo pembaca wikimanfaat, blog ini khusus dibentuk untuk membuatkan aneka manfaat buah bagi kesehatan kita. Sebagaimana yang kita ketahui kita gres mencicipi betapa mahalnya kesehatan sehabis sakit, menyerupai itulah aksara manusia.


Kita gres mencicipi bahwa sehat itu nikmat yang tiada tara ketika kita sudah terkulai lemah di daerah tidur, dikala kita bernafas harus membayar, dikala kita minum atau makan melalui kanal infus. Maka dari itu, perlu bagi kita untuk tetap menjaga kesehatan dan kebugaran badan kita. Cara terbaik untuk menjaga kesehatan yakni dengan kembali ke alam, sebab alam sudah menyediakan semua yang kita butuhkan. Kali ini admin ingin sedikit berbagi Manfaat Buah Sirsak bagi kesehatan dan kandungan gizinya yang perlu kita ketahui.


Belakangan ini, sirsak cukup populer, sebab terbukti bisa mengobati banyak sekali jenis penyakit berbahaya menyerupai kanker. Sebelumnya kita perkenalan terlebih dahulu dengan buah yang satu ini. Nama latin sirsak adalah Anona muricata Linn merupakan kerabat erat Srikaya (Anona squamosa Linn). Bebrapa derah di Indonesia juga menyebut buah ini nagka belanda; nagko belando. Buah ini berasal dari Amerika (sekitar Peru, Meksiko dan Argentina). Di Indonesia nama Sirsak berasal dari bahasa Belanda, yaitu ZuurZak yang artinya kantong yang rasanya asam. Sebelum kita bahas apa saja manfaat buah sirsak, mari kita lihat apa saja kandungan nutrisi di dalamnya.

 












 blog ini khusus dibentuk untuk membuatkan aneka 19 Manfaat Buah Sirsak untuk Kesehatan dan Kandungan Gizinya
Manfaat Buah Sirsak


Kandungan Nutrisi Buah Sirsak


Berikut ini kandungan nutrisi buah sirsak yang sangat luar biasa banyaknya:


Kandungan vitamin C dalam bauh sirsak


Kandungan nutrisi buah sirsak yang pertama yakni vitamin C. Buah ini kaya akan vitamin C, dimana dalam 100 gr buah sirsak terdapat sekitar 20 mg vitamin C. Dan kebutuhan harian vitamin C seseorang per harinya yakni 60 mg, jadi dengan mengkonsumsi 300 gram buah sirsak tentu saja kebutuhan ini sanggup terpenuhi, selain itu daya tahan badan kalian juga meningkat dan sanggup memperlambat proses penuaan. Hal tersebut dikarenakan buah sirsak mengandung banyak vitamin C dan menjadikannya sebagai antioksidan yang sangat baik. 


Fosfor dan Kalsium



Kandungan nutrisi buah sirsak selanjutnya yakni fosfor dan kalsium. Kedua mineral ini sangat dibutuhkan oleh badan untuk pembentukkan massa tulang, sehingga tulang menjadi kuat. Kalsium pun dipercaya sanggup menurunkan kolesterol. Fosfor dan kalsium juga sanggup menghambat osteoporosis atau pengeroposan tulang. Fosfor dalam buah sirsak yakni 27 mr / 100 gram daging buah sirsak, sedangkan untuk kalsium yakni sebesar 14mg / 100 gram daging buah sirsak. 


Protein



Buah sirsak juga mengandung protein yang dibutuhkan oleh badan kita. Buah ni mengandung 1 gr / 100 gram daging buah sirsak.


Zat Besi



Untuk zat besi, setidaknya ada 0.6 mg zat besi / 100 gram bauh sirsak. Zat besi berfungsi menjaga kualitas sel darah, dengan begitu maka sanggup mencerahkan warna kulit.


Vitamin A



Buah ini juga mengandung vitamin A. Vitamin A bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Terdapat vitamin A sebesar 10 mg / 100 gram buah sirsak. 


Vitamin B



Selanjutnya, buah sirsak juga mengandung vitamin B, dimana vitamin B sendiri berfungsi untuk mengatur proses metabolisme lemak, protein, serta karbohidrat dalam badan kalian. Terdapat 0.07 mg vitamin B didalam 100 gram buah sirsak.



Manfaat Buah Sirsak Untuk Kesehatan Tubuh


Berikut ini manfaat buah sirsak yang mesti anda ketahui:



1. Mencegah Kanker




Manfaat buah sirsak untuk kesehatan yang pertama yakni sanggup mencegah kanker. Annonaceous acetogenins yakni fitokimia yang terdapat dalam daun, biji dan batang sirsak. Zat ini berperan dalam menangkal serangan kanker dan virus. Penelitian mengungkap bahwa kandungan Annonaceous acetogenins pada sirsak sanggup membunuh sel-sel ganas pada 12 jenis kanker, menyerupai kanker payudara, usus besar, prostat, paru-paru, dan masih banyak lagi.

2. Melancarkan buang air kecil


Jus buah sirsak ternyata sanggup dijadikan sebagai obat kalau Anda mengalami rasa sakit ketika buang air kecil. Selain itu juga sanggup megatasi haematuria yaitu bercampurnya sel darah putih dalam urin, serta penyakit hati ringan.

3. Menjaga Kesehatan Tulang


Selain mengandung fosfor dan kalsium, buah sirsak juga diperkaya mineral lain yakni tembaga, yang membantu absorpsi kalsium ke dalam tulang sehingga tulang Anda tetap tercukupi kebutuhan nutrisinya.

4. Meningkatkan Energi


Jika Anda merasa tak bergairah, cobalah mengonsumsi buah sirsak. Selain aroma segar yang bisa menciptakan mood Anda kembali bergairah, buah sirsak juga mengadung thiamin yang mempunyai kegunaan untuk meningkatkan energi Anda.

5. Meredakan Migrain


Buah sirsak mengandung riboflavin atau vitamin B2 yang dikenal efektif meredakan sakit kepala menyerupai migrain.

6. Mencegah Anemia


Kandungan zat besi dalam buah sirsak juga dipercaya efektif meredakan tanda-tanda anemia yang bisa menyerang kapan saja.

7. Manfaat Biji Buah Sirsak


Biji sirsak ternyata mengandung zat emesis yang sanggup dipakai untuk mengurangi mual dan muntah.

8. Mengobati Diare pada Bayi


Bunda dan ayah, kalau bayi anda mengalai diare, maka buah sirsak ini sangat ampuh untuk mengobatinya. Caranya yakni dengan menyiapkan buah sirsak yang sudah masak/ matang. Kemudian peras dan saring airnya, dan kemudian minumkan air hasil saringan tersebut kepada bayi yang sedang diare.

9. Mengobati Penyakit Ambeien


Buah sirsak juga bermanfaat untuk mengobati ambeien. dengan memeras sirsak yang sudah matang dan kemudian ambil airnya. Ambil sekitar 1 gelas saja dan minum secara teratur 2 hari sekali. Sangat dianjurkan untuk meminumnya setiap pagi dan sore untuk mempercepat penymebuhan.  

10.  Mengobati Kencing Anyang – anyangen




Dapat membantu menyembuhkan kencing anyang – anyangen. Untuk menyembuhkan penyakit ini anda harus menyiapkan buar sirsak setengah matang dan gula pasir secukupnya saja. Kemudian kupas sirsak tersebut dan rebuslah bersamaan dengan gula secukupnya, tambahkan air sebanyak 2 gelas. Setelah itu saring dan minum air hasil rebusan tersebut.  

11.  Meningkatkan Sistem Imunitas Kekebalan Tubuh


Buah sirsak juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan badan kita. Hal ini dikarenakan buah ini mengandung senyawa acetogenins sampai muricapentocin yang mempunyai kegunaan untuk meningkatkan sistem imunitas badan dari ancaman penyakit, selain juga bisa juga dipakai sebagai obat penyakit.


12. Meningkatkan Konsentrasi


Bagi anda yang agak kesulitan untuk bisa fokus, mengkonsumsi buah sirsak mungkin bisa menjadi salah satu solusinya. Kandungan tiamin dalam buah sirsak bermanfaat untuk menjaga fungsi otak dan meningkatkan memori serta konsentrasi. Adanya vitamin ini juga membantu otak terlepas dari beban (stres) dan memperkuat sistem saraf motorik dalam otak.


13. Membantu Produksi Hemoglobin


Manfaat buah sirsak selanjutnya yakni untuk membantu badan dalam memproduksi hemoglobin. Kandungan riboflavin dalam buah sirsak sangatlah penting, yaitu membantu produksi sel darah merah sehingga cukup untuk mengaliri oksigen ke seluruh jaringan dalam tubuh. Dengan begitu semua organ baik yang vital maupun tidak kinerjanya sanggup berlangsung secara normal.


14. Mengurangi Risiko Serangan Jantung


Salah satu cara untuk menjaga kesehatan jantung yakni dengan sering-sering mengkonsusi buah sirsak. Buah sirsak bermanfaat untuk menghilangkan aterosklerosis di dalam jantung. Penyakit tersebut merupakan sebuah kondisi arteri jantung mengalami penebalan sehingga menciptakan darah menjadi tidak lancar dan serangan jantung gampang terjadi. Hal yang menakjubkan ini dikatakan para jago sebagai reaksi dari vitamin C dalam buah sirsak.


15. Menjaga Kesehatan Pencernaan


Selain menjaga kesehatan jantung, buah sirsak atau sirsak ini juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin B2 yang terdapat di dalamnya yang berfungsi untuk melindungi membran mukosa usus sehingga sistem pencernaan tetap lancar dan terjaga kondisi baiknya. Dengan begitu pula secara otomatis dilema yang bersangkutan dengan pencernaan sanggup terminimalisir.



16. Mencegah Katarak


Buah ini juga bermanfaat untuk mencegah gangguan kesehatan mata, yakni katarak. Dengan cara rutin minum buah sirsak sehari minimal dua kali dipercaya bisa mengurangi risiko pandangan menjadi kabur serta dilema kesehatan pada mata lain menyerupai katarak dan buram.


17. Mengurangi Risiko Diabetes


Buah ini juga bermanfaat untuk mengurangi resiko terkena diabetes. Kadar gula dalam buah sirsak tidaklah tinggi sehingga bisa mengurangi risiko terhadap diabetes. Tetapi kalau Anda tidak ingin terjadi apa-apa terhadap kondisi kesehatan Anda, lebih baik hindari konsumsi aneka olahan dari buah sirsak hiperbola kalau kadar gula dalam darah sudah tinggi.


18. Mengatasi Sakit pada Kandung Kemih



Anda merasa nyeri atau sakit pada kandung kemih? Dengan mengkonsumsi buah sirsak rasa sakit atau nyeri pada kandung kemih bisa berkurang bahkan hilang. Cara pengolahannya dengan buah sirsak separo masak, garam secukupnya dan gula. Dari semua materi tadi dibuatkan kolak, kemudian dimakan menyerupai biasa, makan rutin selama satu minggu.







19. Penyakit Liver


Manfaat buah sirsat atau sirsak yang terakhir yakni untuk mengatasi penyakit liver secara alami. Caranya yaitu dengan  mengkonsumsi buah ini, bisa dalam bentuk jus dan diminum selama satu ahad berturut-turut. Selama satu ahad tersebut usahakan puasakan makan masakan yang lain terlebih dahulu. Mudah-mudahan dengan cara ini bisa cepat sembuh.





Bagaimana? Sangat banyak sekali bukan Manfaat Buah Sirsak untuk kesehatan? Semoga bermanfaat untuk pembaca semua. Jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini kepada yang lainnya gar lebih bermanfaat lagi.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel