Manfaat Sayur Kol Dan Sayur Oyong

Manfaat sayur kol dan sayur oyong - Sayuran ini memeliki bentuk lingkaran yang terdiri dati daun-daun yang bertumpuk. Daun pali luar biasanya berwarna kehijauan dan yang muda atau baian dalamnya berwarna putih. Kol sering dihidangkan sebagai lalapan atau ditumis serta sering dibentuk untuk tambahan sayur sop. Ko kaya akan nutrisi seperti: serat, mineral, dan merbagai macam vitamin ibarat vitamin A, vitamin C, vitamin E, serta vitamin K. Kol juga mengandul kalsium, kalium, magnesium, sulfur. Kol memeliki kandungan lemak yang sangat sedikit sekitar 0,1 g, mengandung 15 kalori dalam setian 70 gram kol dan 4,3 g karbohidrat sehingga kol merupakan pilihan yang sempurna untuk berdiet. 

Berikut beberapa manfaat sayur kol :

1. Menyehatkan otak

Kol mengandung vitamin K dan anthocyanins yang bermanfaat meningkatkan daya ingat serta menjaga kesehatan otak. Nutrisi dalam sayur kol sanggup mencegah terjadinya kerusakan pada saraf serta sanggup menyembuhkan penyakit pikun.

2. Menyehatkan mata

Dalam buah kol terkandung vitamin A yang tinggi hal ini menciptakan kol sanggup melindung dan menyehatkan mata, kol juga sanggup menangkal katarak yang sering menyerang orang yang telah berumur.

3. Menyehatkan pencernaan

Kol sanggup menyehatkan pencernaan, hal ini di karenakan kol tinggi akan kandungan serat. Kandungan belerang dan mineralnya juga sanggup melancarkan terusan pencernaan yang menciptakan kita jauh dari penyakit diare atau sembelit.

4. Menyehatkan kulit

Kol mempunyai kandungan vitamin C yang tinggi sehingga sanggup menjaga kulit tetap terlihat muda dan kencang, kol juga sanggup menjadi anti aging yang ampuh alasannya merupakan sumber vitamin E.

5. Detoksifikasi tubuh

Vitamin C dan belerang yang melimpah pada sayur kol sanggup membuang racun pada badan serta melindungi hati dari kerusakan. Kol juga sanggup memperbaiki jaringan sel-sel yang rusak dalam tubuh, meningkatkan sistem imun badan dan melancarkan metabolisme.

Selain kol, sayuran yang mempunyai kulit berwarna hijau dan berwarna putih pada bab dalamnya yang mempunyai banyak manfaat ialah sayur oyong, oyong mempunyai kandungan gizi seperti: energy, lemak, karbohidrat, protein, vitamin A, C, B1 dan K. Juga mengandung kalsium, kalium, sodium, zat besi, fosfor dan mineral. 

Berikut beberapa manfaat sayur oyong:

1. Meringankan ashma

Banyak orang percaya bahwa sayur oyong sanggup meringankan sesak nafas atau ashma pada seseorang.

2. Mengobati radang usus

Kandungan dalam oyong sanggup mengobati radang usus. Kandungan seratnya juga sanggup melancarkan pencernaan dan mengatasi duduk kasus pencernaan.

3. Meringankan radang tenggorokan

Kandungan vitamin dalam oyong terutama vitamin C sanggup meringankan radang tenggorokan. Apabila anda terjangkit radang tenggorokan, cukup minum jus oyong yang ditambah dengan madu.

4. Mengatasi mata panda

mata sering kali terdapat lingkaram hitam apabila terlalu lelah, oyong sanggup mengatasi duduk kasus tersebut. Kandungan vitaminnya sanggup menjadi antioksidan alami untuk menjaga kesehatan kulit.

5. Menyembuhkan penyakit cacingan

Anak seringkali terjangkit penyakit cacingan. Biji oyong yang sudah renta sanggup dijadikan obat untuk mengatasi penyakit cacingan yang diderita anak.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel