11 Manfaat Buah Nangka Untuk Kesehatan Tubuh

Nangka merupakan buah yang mempunyai warna kuning saat matang dengan daging tebal serta rasanya sangat manis. Buah nangka merupakan salah satu jenis makanan favorit kebanyakan orang karena terdapat banyak manfaat didalamnya. Buah yang satu ini mempunyai kandungan Zat Besi, Kalium, Kalsium, Niasin, Riboflavin, Thiamin, Seng, Vitamin A dan Vitamin C. Nangka juga mempunyai kandungan serat rendah kalori yang baik bagi penderita jantung.

manfaat buah nangka untuk kesehatan

Khasiat Baik Buah Nangka Untuk Tubuh



[table id=3 /]

Berikut adalah 11 manfaat buah nangka untuk kesehatan tubuh :



1. Dapat Mengatasi Sembelit



Terganggunya sistem pencernaan pada tubuh manusia dapat mengakibatkan sembelit. Gangguan ini biasanya terjadi karena usus kekurangan nutrisi sehingga mengalami kesulitan untuk mencerna makanan. Nutrisi yang dibutuhkan oleh sistem pencernaan yaitu serat. Kandungan ini banyak terdapat pada buah nangka sehingga ia dapat mengatasi sembelit. Konsumsilah buah nangka ketika Anda mengalami sembelit.

2. Dapat Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh



Tubuh memerlukan nutrisi agar tetap terjaga kesehatan dan kekebalannya. Nangka mempunyai kandungan Vitamin A dan C yang dibutuhkan oleh tubuh. Buah ini juga mempunyai kandungan antioksidan yang berfungsi untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh agar terhindar dari virus dan bakteri.

3. Dapat Mencegah Anemia



Anemia merupakan kondisi dimana tubuh kekurangan sel darah merah. Anemia dapat diobati dengan mengkonsumsi beberapa obat-obatan penambah darah serta buah seperti nangka. Buah ini mempunyai kandungan zat besi yang dapat berfungsi untuk mencegah anemia serta juga dapat membantu untuk meningkatkan sirkulasi darah.

4. Dapat Menurunkan Tekanan Darah



Meningkatnya tekanan darah dapat disebabkan karena kurangnya kandungan kalium dalam tubuh. Buah nangka mempunyai kandungan kalium yang dapat berfungsi untuk menurunkan tekanan darah. Manfaat lain dari buah ini ialah dapat mengurangi resiko terkena penyakit jantung.

5. Dapat Mencegah Penyakit Kanker



Kandungan Vitamin C serta Phyto-nutrisi pada nangka dapat mencegah kanker serta penuaan. Kandungan ini berfungsi sebagai anti-kanker agar penyakit tersebut tidak dapat masuk kedalam tubuh anda. Kandungan ini juga berfungsi untuk memperlambat proses degenerasi sel agar tercegah dari penyakit degeneratif.

6. Dapat Menjadi Sumber Energi



Manusia membutuhkan energi yang cukup untuk melakukan aktifitas sehari-hari. Buah nangka mempunyai kandungan alami sehingga dapat menjadi sumber energi yang diperlukan oleh tubuh. Buah ini juga tidak mengandung kadar kolesterol.

7. Dapat Menjaga Kelenjar Tiroid Agar Tetap Sehat



Kesehatan kelenjar tiroid pada tubuh manusia dapat dilakukan dengan mengkonsumsi buah nangka. Kandungan mineral mikro serta tembaga yang ada didalam buah nangka berfungsi untuk melindungi kesehatan teroid. Kandunga ini juga berfungsi untuk memproduksi hormon serta penyerapan.

8. Dapat Menjaga Kesehatan Mata



Mata yang sehat merupakan hal utama yang harus dijaga. Mata merupakan organ tubuh yang berfungsi untuk melihat semua benda dimuka bumi ini. Kesehatan mata yang terganggu dapat menyebabkan kita susah melihat bahkan menjadi buta. Buah nangka mempunyai nutrisi vitamin A yang berfungsi untuk melindungi kesehatan mata kita agar tetap terjaga.

9. Dapat Menjaga Kesehatan Kulit



ulit yang sehat dan lembut dapat mencerminkan kepribadian kita. Buah nangka mempunyai nutrisi Vitamin A dan C yang berfungsi untuk membuat kulit lembut dan bersih. Buah ini juga mampu untuk mencegah kulit terkena radikal bebas sinar UV matahari.

10. Dapat Menjaga Kesehatan Dan Kekuatan Tulang



Tulang yang sehat akan membantu kita terhindar dari penyakit osteoporosis. Penyaki ttulang tersebut dapat membuat kita cepat lelah dan tidak bisa menopang beban berat karena terjadinya pengeroposan pada tulang. Buah nangka mempunyai kandungan magnesium yang berfungsi untuk memperkuat dan menjaga kesehatan tulang.

11. Dapat Mengobati Penyakit Asma



Penderita asma akan merasakan nyeri didada karena kesusahan untuk bernafas. Penderita penyakit tersebut akan mengkonsumsi obat-obatan yang justru banyak bahan kimia dan semakin memperburuk kesehatan mereka. Buah nangka mempunyai kandungan alami yang terbukti dapat mengontrol asma. Rebuslah akar dan ekstrak nangka untuk mengobati penyakit asma.

Fakta Unik Buah Nangka



Karena beratnya bisa mencapai hingga diatas 50 kg dan unkurannya cukup besar, buah tersebut juga sering disebut dengan raja buah
Selain buah nangka memiliki manfaat dan kandungan nutrisi yang cukup banyak,ternyata akar dari buah yang satu ini cukup manjur dijadikan sebagai obat-obatan alami seperti Asma,demam dan juga diare.
Salah satu keunikan buah nangka karena buah tersebut ternyata dijadikan sebagai buah nasional negara Bangladesh
Diberbagai daerah diindonesia seperti di jogja dan malang buah nangka kerap dijadikan sebagai keripik karena buahnya yang cukup harum dan nikmat untuk dikonsumsi.
Demikian 11 Manfaat Buah Nangka Untuk Kesehatan Tubuh,semoga dapat bermanfaat bagi anda yang membaca artikel ini dan bisa dicoba bagi anda yang belum pernah mengkonsumsi buah tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel