8 Khasiat Luar Biasa Buah Manggis Bagi Kesehatan

Manggis merupakan jenis buah yang mempunyai banyak rasa lezat dan manis. Buah ini selain mempunyai rasa yang mampu untuk memanjakan lidah ternyata juga mempunyai banyak sekali khasiat untuk menjaga kesehatan kita.

cara mengolah kulit buah manggis

Buah manggis mempunyai kandungan Vitamin C, B2, Zat Besi, Serat Fiber dan Kalsium yang sangat bermanfaat untuk kesehatan kita. Kandungan seperti xanthones juga terdapat dalam buah yang satu ini. Xanthones merupakan salah satu Antioksidan yang baik bagi kesehatan tubuh.


Kandungan dan Nutrisi Buah Manggis :



Banyak sekali kandungan vitamin dan nutrisi yang terdapat didalam buah manggis yang semuanay berguna dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. diantara kandungan vitamin dan nutrisi yang terdapat pada buah manggis adalah sebagai berikut:


  1. Lemak Jenuh

  2. Kolesterol

  3. Sodium 0 mg

  4. Total Karbohidrat

  5. Diet Serat 2.7 gram

  6. Protein 0.20 gram

  7. Vitamin C

  8. Vitamin B1 Thiamin

  9. Vitamin B2 Riboflavin

  10. Vitamin B3 Niasin

  11. Vitamin B5 Asam Pantotenat acid

  12. Vitamin B6

  13. Kalsium

  14. Zat Besi

  15. Kalium

  16. Fosfor

  17. Magnesium

  18. Tembaga

  19. Mangan

  20. C Sistein

  21. F Fenilalanin

  22. I Isoleusin

  23. K Lisin

  24. L Leusin

  25. M (Metionin)

  26. T (Treonin)

  27. Tirosin

  28. V (Valin)

  29. W Triptofan



Manfaat Buah Manggis Bagi Kesehatan Tubuh Manusia



dengan banyaknya kandungan vitamin dan nutrisi yang terdapat didalam buah manggis, tentu saja dapat kita simpulkan bahwa buah manggis ini sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Berikut beberapa manfaat dari buah maggis untuk menjaga kesehatan tubuh.

1. Buah Manggis Dapat Membantu Mencegah Dan Mengobati Kanker



Kanker merupakan sebuah penyakit mematikan yang dapat merusak seluruh organ pada tubuh manusia. Buah manggis merupakan salah satu tanaman herbal yang banyak digunakan untuk mencegah serta mengobati penyakit tersebut. Kandungan yang terdapat pada buah manggis di percaya dapat mencegah berkembangnya tumor ganas yang diakibatkan oleh senyawa garcinone E. Penderita penyakit tersebut diperingatkan harus lebih berhati-hati dalam mengkonsumsi buah yang satu ini terutama ekstak manggis karena dapat mengakibatkan terjadinya peningkatan gula darah.

2. Buah Manggis Dapat Membantu Menurunkan Kolesterol



Kandungan kolesterol yang sedikit berlebihan pada tubuh dapat menepel pada dinding sel dan menyempitkan pembuluh darah. Buah manggis mempunyai zat xanthones yang dapat mengatasi hal tersebut. Kandungan xanthones berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol pada tubuh manusia. Konsumsilah buah manggis setiap hari untuk mengurangi kadar kolesterol pada diri Anda.

3. Buah Manggis Mampu Mencegah Penyakit Jantung



Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit mematikan selain kanker yang diakibatkan karena pembuluh darah disekitar jantung kehilangan elastisitasnya. Seseorang yang mempunyai penyakit jantung dapat meninggal secara mendadak apabila merasa tertekan dan syok. Kandungan Antioksidan dan Antimikorbial yang dimiliki oleh buah manggis dapat memulihkan elastisitas pembuluh darah disekitar jantung.

4. Buah Manggis Mampu Menyembuhkan Penyakit Asma



Asma merupaakan salah satu penyakit yang diakibatkan oleh rusaknya sistem pernapasan. Penderita asma akan merasakan sesak nafas apabila berada ditempat yang lembat atau sedang dalam kondisi kelelahan. Buah manggis dapat mengatasi hal tersebut, karena kandungan yang ada di dalam buah manggis dapat melawan infeksi serta mengandung beberapa zat yang dapat mengurangi alergi.

5. Buah Manggis Mampu Untuk Melancarkan Peredaran Darah



Buah manggis mempunyai khasiat untuk mencegah anemia. Kandungan yang ada didalam buah manggis berfungsi untuk meningkatkan aliran darah sehingga dapat membuat pembuluh darah melebar dan membantu melindungi tubuh dari beberapa penyakit seperti aterosklerosis dan kolesterol. Konsumsilah buah manggis setiap hari untuk menjaga kesehatan Anda.

6. Buah Manggis Dapat Mencegah Dan Menyembuhkan Penyakit Katarak



Katarak merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh infeksi bateri pada mata. Penderita katarak akan mengalami kesulitan untuk melihat obyek di depan mereka. Buah manggis mempunyai kandungan yang dapat memperlancar aliran darah pada otak. Kandungan yang ada pada buah manggis berfungsi untuk melawan infeksi sehingga dapat mencegah terkena penyakit katarak.

7. Buah Manggis Dapat Menyembuhkan Sakit Tenggorokan



Sakit tenggorokan dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti cuaca dan menurunnya metabolisme dalam tubuh. Penyakit ini dapat diatasi dengan mengkonsumsi buah manggis atau merebus kulitnya. Kandungan yang ada di dalam buah manggis berkhasiat untuk membunuh bakteri serta melawan infeksi pada tubuh kita.

8. Buah Manggis Dapat Dikonsumsi Untuk Meredakan Stress



Stress merupakan kondisi dimana seseorang tertekan serta mempunyai beban yang sangat berat. Kondisi ini dapat mengakibatkan sakit kepada serta penyakit lainnya dan dapat memicu timbulnya rasa putus asa pada diri sendiri. Kandungan yang terdapat pada buah manggis dapat membuat otak menjadi rileks sehingga menurunkan tingkat stress pada diri kita.

cara mengolah kulit manggis untuk dikonsumsi

Fakta Unik Buah Manggis



Buah Manggis atau Garcinia mangostana L merupakan sejenis pohon yang tumbuh pada daerah tropika dan biasa disebut sebagai buah hijau abadi dan diyakini berasal dari Kepulauan Nusantara. Buah manggis juga dapat tumbuh hingga mencapai tujuh hingga dua puluh lima meter. Buahnya yang berwarna merah keunguan pada saat matang, meskipun ada pula varian yang kulitnya berwarna merah.

Buah manggis sering disebut dalam dunia perdagangan sebagai ratu buah, sebagai pasangan dari buah durian yang biasa juga disebut raja buah karena rasanya yang nikmat dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

Selain itu buah tersebut juga mempunyai aktivitas anti inflamasi dan antioksidan dan bukan hanya isi yang ada pada buah tersebut yang memiliki banyak manfaat tetapi pada kulitnya juga yang memiliki senyawa antioksidan terbaik yaitu Xanthone. Bahkan menurut beberapa ahli mengatakan bahwa buah tersebut dipercaya mampu menyembuhkan lebih dari 70 penyakit yang ringan hingga penyakit yang dianggap berat seperti darah tinggi, diabetes dan bahkan kanker dan stroke juga.

Itulah beberapa penjelasan mengenai Khasiat Buah Manggis Bagi Kesehatan. Harapannya semoga dapat bermanfaat bagi anda yang telah membacanya dan dapat di share dengan teman dan kerabat terdekat anda agar kita semua dapat merasakan khasiat dari buah manggis tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel