13 Manfaat Buah Delima Untuk Kesehatan Tubuh

Anda mungkin tak asing lagi dengan buah yang satu ini. Warnanya yang merah menyala menggoda siapapun yang melihat untuk segera menyantapnya. Buah yang memiliki bahasa latin Punica Granatum L merupakan tanaman yang berasal dari Timur Tengah. Di Indonesia sering dijumpai banyak orang yang menanam pohon delima di pekarangan rumah mereka. Di dalam buah delima ini ternyata terkandung banyak nutrisi antara lain alkaloid pelletierene, granatin, betulic acid, ursolic acid, isoquercitrin, elligatanin, resin, triterpenoid, kalsium oksalat, dan pati yang terdapat pada kulit buah delima.

manfaat Buah Delima untuk kesehatan

Kandungan Nutrisi Buah Delima



Bagi Anda yang sering mengkonsumsi buah delima dan diolah menjadi jus, taukah Anda jika dalam segelas jus buah delima ternyata mengandung asam sitrat, asam malat, glukosa,maltosa, fruktosa, Vitamin C, Vitamin A, mineral (kalsium, fosfor, zat besi, magnesium, natrium, dan kalium), dan tanin. Keseluruhan zat tersebut tentulah baik untuk kesehatan dala tubuh kita. Setelah tau berbagaia kandungan zat yang terdapat pada buah delima ini, yuk kita cari tau ulasan apa saja sih manfaaf dari zat yang terkandung pada buah delima ini untuk kesehatan? berikut ulasannya :

Manfaat Buah Delima untuk Kesehatan :



1.Menyembuhkan Gejala Sering Kencing



Penyakit sering buang air seni atau biasa istilah dalam bahasa jawa “beseran” biasanya diderita segala umur tidak hanya orang dewasa tapi anak anakpun sering mengalaminya. Tentu hal tersebut sangat tidak nyaman jika berlangsung terus menerus. Salah satu cara menyembuhkannya yaitu dengan meminum rebusan buah delima yang telah dipotong potong. Minum air rebusan dua kali sehari secara teratur untuk menyembuhkan gejala sering kencing tersebut.

2. Mengobati Sariawan



Rasa asam yang terdapat dalam buah delima ternya berkhasiat menyembuhkan sariawan pda mulut. Caranya dengan berkumur dengan air yang dicampurkan dengan buah delima yang sudah dihaluskan. Berkumur secara teratur setiap hari sampai sariawan di mulut Anda benar-benar hilang.

3.Batuk Sudah Berlangsung Lama



Batuk yang berkepanjangan dan tidak kunjung sembuh tentu sangat menyiksa kita. Sudah berbagai obat dicoba namun batuk juga tak kunjung reda. Jangan khawatir alternative solusi satu ini patut Anda coba. Ambil buah delima yang tidak terlalu masak, kunyah biji delima tersebut sampai halus lalu buang. Biarkan sarinya tertelan dan menyembuhkan tenggorokan Anda yang gatal karena batuk. Lakukan hal ini secara teratur sebelum tidur sampai batuk Anda sembuh.

4.Suara Serak, Tenggorokan Kering



Selain menyembuhkan batuk yang berkepanjangan, masalah lain yang muncul di tenggorokan basanya suara serak dan tenggorokan yang kering. Hal tersebut juga bisa diatasi dengan mengkonsumsi buah delima 2 sampai 3 kali sehari.

5.Cacingan



Cacingan ditandai dengan makin kurusnya tubuh kita karena asupan nutrisi pada makanan yang kita makan tidak terserap dengan baik oleh tubuh. Kondisi ini jika dibiarkan akan berbahaya bagi kesehatan. Salah satu cara yang bsa dilakukan untuk mengatasi cacingan adalah dengan mengkonsumsi campuran jus delima dengan jus wortel. Minumlah secara teratur untuk mengobati penyakit cacingan yang diderita.

6. Sebagai Antioksidan



Beberapa hasil penelitian yang menyebutkan bahwa jus buah delima memiliki sumber antioksidan yang sangat tinggi dan bahkan lebih besar dibandingkan dengan beberapa buah dan daun lainnya yang juga memiliki banyak manfaat seperti bluberry,teh hijau dan anggur merah. Antioksidan yang terdapat dalam buah tersebut berfungsi untuk menangkal radikal bebas yang berpotensi untuk merusak sel-sel yang terdapat dalam tubuh dan dapat berakibat oleh serangan kanker jika sel tersebut rusak.

7. Melindungi Kesehatan Jantung



Berdasarkan hasil riset yang telah diterbitkan dalam Proceedings of the National Academy of Sciences yang menyebutkan bahwa dalam kandungan nutrisi buah delima juga dapat berfungsi juga dalam melindungi kesehatan jantung karena jus buah delima dapat memerangi penumpukan plak yang telah lama dan sudah mengeras dalam arteri.

8. Menurunkan Kolesterol Jahat



Berdasarkan riset journal of Clinical Nutrition di Amerika,Antioksidan yang terdapat pada buah delima juga dapat mengikis kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol yang baik dalam tubuh.

9. Menurunkan Tekanan Darah



Dengan mengkonsumsi sebanyak 1,7 ons jus buah delima setiap harinya dapat menurunkan tekanan darah hingga 5% per hari.

10. Mencegah Dan Mengobati Penyakit Kanker



Dengan kandungan dan senyawa kimia yang dimiliki buah delima,sehingga dapat menjadi sebagai pengobatan alami berbagai jenis kanker yang timbul dan tentunya dapat menghambat potensi munculnya sel kanker yang mengancam kesehatan tubuh. Sebagai bukti dari hasil penelitian bahwa kurang lebih 50 pria yang telah menjalani terapi pengobatan kanker prostad dengan mengkonsumsi sekitar 205 gram jus buah delima/harinya.

11. Melindungi Otak Bayi



Dari hasil riset yang telah dikeluarkan oleh Pediatric Research menyatakan bahwa dengan mengkonsumsi jus buah delima selama menjalani proses kehamilan dapat membantu melindungi otak bayi yang baru lahir.

12. Mencegah Osteoporosis



Dalam sari buah delima berperan dalam mencegah kerusakan pada tulang rawan dan dapat menghambat degradasi kartilago pada osteoartritis.

13. Sebagai Sumber Nutrisi



Buah delima merupakan salah satu sumber nutrisi yang sangat baik dan memiliki sekitar 40 persen asupan vitamin setiap harinya.

Fakta Unik Buah Delima



Buah Delima termasuk jenis buah yang cukup lama telah ada dimuka bumi ini karena telah tumbuh hingga ribuan tahun lamanya. Sekitar 5000 tahun silam (di Yerikho dan Nimrud di Israel) biji buah delima pernah ditemukan situs arkeologi Zaman Perunggu Tengah. Buah delima telah dibudidayakan oleh bangsa sumeria sekitar 3000 SM dan uniknya lagi buah tersebut seringkali disebut dalam perjanjian lama dan bahkan dalam alqur'an surat Al Rahman ayat 68 buah tersebut disebut-sebut sebanyak 3 kali sebagai buah yang lain selain buah kurma yang tumbuh di surga. Fakta unik lainnya pada buah delima yaitu buah tersebut masih digunakan sebagai alat kontrasepsi yang cukup ampuh berdasarkan pernyataan dalam tulisannya Dioscorides,Hippocrates dan Ibnu Sina.

Begitulah seputar manfaat yang terdapat pada buah delima,semoga dapat dijadikan sebagai terapi pengobatan kita semua agar terhindar dari jenis-jenis penyakit yang mengancam kesehatan kita semua.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel