Obat Tradisional Kutu Air

Obat tradisional kutu air (penyakit kulit) kali ini menjadi materi goresan pena pada postingan kali ini, yuk kita terusin saja bahasannya...






Kutu air merupakan abses jamur yang biasanya terjadi di sela-sela jari kaki, timbul lepuhan-lepuhan kecil, retak-retak, serta kemerahan. Kutu air sanggup merambat hingga ke telapak kaki dan telapak tangan. Rasanya sangat gatal dan perih. Umumnya kutu air menghinggapi orang yang sering beraktivitas di kawasan berair dan kakinya sering  terendam air.






Ada kalanya penyakit kutu air sulit diobati alasannya yakni kalau salah  makan sanggup kambuh kembali. Untuk mempercepat penyembuhan maka penderita berpantang  menghindari makan ikan asin atau sejenisnya, daging kambing, dan sayur kol. Pemakain sabun basuh dan sabun mandi yang tidak cocok sanggup menjadi penyebab kambuhnya penyakit ini,.





Obat tradisional penyakit kutu air menggunakan materi sebagai berikut;







Bahan:


Daun sambiloto .......................... 25 lembar


Kulit pohon pule sebesar ............ 1 jari tangan


Kunyit sebesar ............................. 1 jari


Cara meramu:


Cuci semua bahan, iris tipis kunyit. Rebus semua materi dengan 4 gelas air hngga tersisa sekita 3 gelas.


Aturan pakai:


Minum ramuan 3 kali sehari, masing-masing ½ gelas.







Bahan:


Daun ketepeng cina ........................... 11 lembar


Batang brotowali sepanjang .............. 3 jari tangan


Kunyit sebesar telur ayam.................. 1 biji


Minyak kelapa .................................... ½  gelas


Belerang halus ..................................... 1 sendok teh





Cara meramu:


Cuci semua materi kecuali minyak kelapa dan belerang. Rajang halus daun ketepeng cina, iris tipis batang brotowali dan parut kunyit.


Panaskan minyak kelapa, masukan semua materi kecuali belerang. Aduk sebentar dengan api terkecil yang penting tetap mendidih. Setelah  5 menit menit, matikan api dan masukan sulfur halus,  lalu aduk rata. Setelah hirau taacuh saring ramuan, masukan ke dalam botol/toples kecil  biar gampang digunakan.


Aturan Pakai:


Gunakan minyak ramuan menyerupai salep,  oleskan pada kutu air 3 – 4 kali sehari, yang penting kulit yang terena kutu  air dalam keadaan bersih.





Obat  kutu air ini merupakan ramuan yang sering penulis  praktekan. Kandungan zat aktifnya manjur untuk mengobati banyak penyakit kulit, menyerupai kudis, koreng, biang keringat, cantengan, luka yang menjadi borok, gatal-gatal, digigit serangga/nyamuk. Admin berkeyakinan ramuan ini juga manjur untuk mengobati panu alasannya yakni ada sulfur yang dikenal  luas berguna mengobati penyakit kulit dan sebagai zat pemanis dalam pembuatan salep penyakit kulit.





Karena ditempat tinggal penulis susah mencari daun ketepeng, maka materi herbal tersebut diganti dengan daun brotowali. Resep lengkapnya akan penulis bagi pada postingan berikutnya. Sering-sering berkunjung ke blog rumah obat tradisional ya, InsyaAllah akan ada up date artikel lainnya J



Toko herbal keraton menyediakan aneka obat tradisional baik berupa simplisia, tepung maupun kapsul, kalau Anda memerlukan obat herbal alami silhakan berkunjung dengan klik di sini.














Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel