19 Manfaat Buah dan Daun Sirsak Untuk Kesehatan Tubuh

Siapa yang tidak mengenal dengan tumbuhan yang namanya sirsak? Biasanya orang-orang mengolah daging buah sirsak ini menjadi minuman jus segar yang dikombinasikan dengan es, sirup, susu maupun gula jawa. Ternyata buah sirsak memiliki manfaat yang sangat baik bagi kesehatan. Bahkan bukan hanya buahnya, akan tetapi daun sirsak pun memiliki banyak manfaat.

manfaat buah sirsak matang

Selain memiliki rasa yang segar, buah sirsak ternyata mengandung banyak nutrisi yang berguna untuk tubuh kita. Nutrisi yang dikandungnya seperti kalsium, mineral, serat dan aneka vitamin. Sudah banyak penelitian yang mengkaji tentang khasiat dari buah sirsak untuk kesehatan tubuh manusia.

Kandungan Nutrisi Buah Sirsak



Mengandung Kalori (cal) 65
Mengandung Karbohidrat (g) 16.3
Mengandung Protein (g) 1.0
Mengandung Lemak (g) 0.3
Mengandung Kalsium (mg) 14.0
Mengandung Besi (mg) 0.6
Mengandung Fosfor (mg) 27.0
Mengandung Vitamin A (SI) 10.0
Mengandung Vitamin B1 (mg) 0.07
Mengandung Vitamin C (mg / 100 g bahan)

Lalu apa saja sebenarnya manfaat dari buah sirsak ini, berikut informasinya untuk Anda :

1. Mengusir kolesterol jahat



Bagi anda yang memiliki penyakit kolesterol jangan khawatir untuk mengkonsumsi makanan berminyak dan berlemak. Buah sirsak ternyata dipercaya mampu mengusir kolesterol jahat dalam tubuh kita karena mengandung vitamin C yang baik. Selain itu serat tinggi yang terdapat di buah sirsak juga mampu menyerap kolesterol yang terdapat dalam tubuh.

2. Menjaga imunitas tubuh



Imunitas tubuh sebagian besar dibentuk dari kandungan vitamin C dari makanan yang kita konsumsi setiap harinya. Berdasarkan penelitian dalam 300 gram buah sirsak mengandung 60 miligram vitamin C yang baik untuk sistem imun tubuh kita.

3. Baik untuk tulang



Selain susu ternyata buah satu ini juga banyak mengandung kalsium dan fosfor yang baik untuk menjaga kesehatan tulang Anda. Pada setiap 100 gram buah sirsak ternyata mengandung 14 miligram kalsium dan 27 miligram fosfor. Tak hanya kalsium dan fosfor buah sirsak juga mengandung zat tembaga alami yang mempunyai manfaat untuk membantu penyerapan kalsium pada tulang.

4. Buah Sirsak Pembunuh Kanker



Selain nutrisi dan vitamin ternyata dalam buah sirsak juga mengandung senyawa fitokimia yaitu Annonaceous Acetogenins. Senyawa fitokimia ini biasanya digunakan untuk menangkal berbagai virus yang menyebakan penyakit berbahaya, salah satunya virus penyebab kanker.

5. Menghilangkan bisul



Bisul yang merah dan meradang memang tidak berbahaya namun tentunya rasa sakit yang ditimbulkan membuat kita tidak nyaman dan tidak percaya diri dalam menjalani aktifitas. Kini Anda tidak perlu membeli obat obatan kimia seperti salep untuk menyembuhkan bisul Anda. Ternyata bisul dapat juga diobati menggunakan cara alami yaitu menggunakan buah sirsak dengan cara membalurkan daging buah sirsak yang telah ditumbuk halus keatas permukaan bisul.

6. Mengatasi migrain



Sebagian besar orang pastil pernah mengalami migrain atau sakit kepala sebelah. Jika hal ini terjadi pada diri Anda, jangan terburu buru meminum obat kimia dari dokter ataupun apotek. Tapi sekarang cukup dengan mengkonsumsi buah sirsak migrain Anda bisa sembuh. Sebab, selain tinggi vitamin C buah sirsak juga mengandung riboflafin atau biasa disebut vitamin B2 yang cukup tinggi. Kandungan riboflavin atau vitamin B2 ini yang dipercaya mampu menyembuhkan sakit migrain yang Anda derita.

7. Manfaat Buah Sirsak Untuk Kecantikan



Kandungan Vitamin C yang terdapat buah sirsak selain berfungsi menjaga imun tubuh juga berfungsi menjaga kelembaban kulit Anda. Selain menggunakan lotion pada tubuh kelembaban kulit secara alami juga bisa diperoleh dari cara cara alami, salah satunya dengan mengkonsumsi buah sirsak ini.

8. Mengatasi anyang-anyangan



Kondisi ini sangatlah tidak nyaman dan menyebalkan bagi Anda yang pernah merasakan. Ternyata buah sirsak juga dapat mengobati rasa anyang-anyangan ini yang umumnya terjadi kepada kaum laki-laki. Cara yang dilakukan yaitu dengan merebus separuh buah sirsak yang telah dikupas dengan dua gelas air putih sampai mendidih lalu air saringan rebusan tersebut diminum.

9. Mengatasi sakit pada kandung kemih



Penggunaan buah sirsak sebagai obat sakit kandung kemih ini cara pengolahannya bisa diolah menjadi sebuah makanan menyerupai kolak sirsak. Caranya dengan memasak buah sirsak yang telah dikupas dengan menambahkan air, garam dan gula secukupnya. Santap kolak sirsak ini secara rutin selam satu minggu untuk mengobati sakit kandung kemih Anda.

10. Manfaat buah sirsak untuk penyakit liver



Selama ini pengobatan penyakit liver dilakukan dengan mengkonsumsi obat obatan kimia melalui tahapan pemeriksaan dan penanganan medis yang panjang. Namun salah satu cara yang bisa dilakukan selain tindakan medis yaitu mengkonsumsi buah sirsak satu minggu berturut-turut. Selama satu minggu tersebut usahakan untuk puasa makanan yang lain terlebih dahulu. Mudah-mudahan dengan cara ini bisa menyembuhkan sakit liver Anda.

Sirsak termasuk buah yang banyak tumbuh di daerah tropis. Sirsak merupakan tumbuhan yang memiliki banyak sekali manfaat. Buah sirsak dipercaya dapat mencegah dan mengobati penyakit sariawan. Kayunya juga dapat dimanfaatkan sebagai kayu bakar atau bahan untuk kerajinan tangan. Sedangkan daunnya dapat digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit.

Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan



cara meramu daun sirsak untuk wasir

Kandungan Senyawa yang terdapat pada Daun Sirsak



Mengandung reticuline
Mengandung coclaurine
Mengandung loreximine
Mengandung minyak esensial
Mengandung annomurine
Mengandung higenamine
Mengandung acetogenin

Berikut beberapa manfaat daun sirsak untuk tubuh, antara lain :

1. Manfaat Daun Sirsak Untuk Kanker Dan Tumor


Daun sirsak mengandung zat proaktif yang dapat membunuh sel kanker. Zat proaktif tersebut juga mampu melihat sel mana yang harus dibunuh dan sel mana yang harus tetap hidup. Daun ini dipecaya memiliki keampuhan sampau 100 kali lipat dibandingkan dengan pengobatan kanker melalui kemoterapi.

2. Khasiat Daun Sirsak Untuk Penyakit Wasir


Pada kondisi yang sudah cukup berbahaya, wasir dapat menyebabkan anus terasa sangat nyeri dan juga mengeluarkan darah. Daun sirsak mengandung zat yang dapat menghentikan pendarahan pada anus dan mampu untuk membuat otot sekitar anus menjadi lebih rileks, sehingga pembengkakan yang terjadi akan berkurang.

3. Daun Sirsak Untuk Asam Urat Dan Rematik


Asam urat merupakan penyakit yang disebabkan karena mengkonsumsi makanan mengandung purin dalam jumlah yang banyak. Tetapi tidak usah risau karena penyakit tersebut dapat diatasi dengan cara memanfaatkan daun sirsak. Caranya membuat rebusan air daun sirsak dan meminumnya selagi hangat.

4. Daun Sirsak Untuk Menurunkan Kolesterol


Beberapa penelitian menunjukkan bahwa daun sirsak ini cukup berkhasiat dalam menurunkan kadar kolesterol jahat didalam darah. Daun sirsak mengandung zat yang dapat menyingkirkan kolesterol jahat pada tubuh anda.

5. Daun Sirsak Untuk Mengatasi Jerawat


Cara mengatasi jerawat dengan cara menghaluskan daun sirsak dan letakkan pada wajah yang paling berpotensi tumbuh jerawat. Tunggu sampai kandungan meresap dan bilas dengan menggunakan air hangat. Ramuan ini banyak digunakan oleh orang zaman dahulu untuk menjaga kecantikan.

6. Mengobati Diabetes


Manfaat daun sirsak untuk mengobati diabetes memang sudah teruji, karena banyak orang yang sudah menggunakan ramuan ini. Caranya denan merebus daun sirsak hingga mendidih. Waktu yang paling tepat untuk meminum ramuan ini adalah pada malam hari sebelum anda tidur.

7. Mengobati Tekanan Darah Tinggi


Bahan yang dibutuhkan untuk membuat ramuan adalah daun sirsak dan daun alpukat. Rebus kedua bahan tersebut dengan air dan setelah itu minum air rebusan. Di dalam daun sirsak terdapat banyak sekali zat yang dapat menurunkan tekanan darah.

8. Mengobati Sakit Pinggang


Resep untuk sakit pinggang dengan menyeduh 20 lembar daun sirsak hingga menjadi setengah air rebusan. Lalu anda minum air rebusan tersebut.

9. Mengobati Infeksi


Resep untuk infeksi dengan menyeduh 4 gelas air daun sirsak sampai menjadi 1 gelas air rebusan. Lalu setelh itu minum air rebusan tersebut.

Fakta Unik Buah Sirsak



buah sirsak pembunuh kanker

Buah sirsak telah menjadi obat tradisional yang cukup ampuh dalam menyembuhkan atau menghambat beberapa penyakit mematikan seperti kanker dan lain-lain, bahkan buah tersebut sudah ratusan tahun telah digunakan oleh pendahulu kita karena bukan hanya buahnya yang bermanfaat namun biji dan daunnya pun memiliki manfaat yang cukup baik untuk terapi pengobatan seperti mengobati perut kembung,menghilangkan kutu rambut, antidepresan dan berbagai penyakit lainnya.

Efek Samping Buah Sirsak



Meskipun buah sirsak terdapat banyak manfaat, namun buah tersebut juga memiliki efek samping yang cukup berbahaya jika dikonsumsi oleh ibu hamil dan orang yang memiliki tekanan darah rendah. Jadi jika buah tersebut dijadikan sebagai terapi pengobatan, mesti juga mengkonsumsi minuman probiotik yang berfungsi untuk memperkaya bakteri baik yang ada dalam usus. Oleh karena itu hindari mengkonsumsi buah tersebut secara berlebihan dan sebaiknya dikonsumsi saat benar-benar matang.

Itulah beberapa manfaat buah sirsak dan efek samping yang terdapat didalamnya,semoga dapat bermanfaat dan menjadi referensi pengobatan alami untuk kesehatan tubuh anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel