8 Manfaat dari Kandungan Buah Apel untuk Kesehatan

Apel merupakan buah yang banyak dikonsumsi oleh manusia. Biasanya oleh para kaum hawa yang sedang menjalankan diet. Buah apel mudah kita jumpai di daerah tropis seperti di Indonesia. Bahkan di Indonesia sendiri ada daerah yang terkenal sebagai daerah penghasil apel terbesar yaitu Malang. Selain baik untuk diet daging buah apel yang memiliki rasa asam manis ini ternyata juga kaya akan khasiat untuk kesehatan tubuh.

pengobatan manfaat buah apel

Manfaat buah apel yang paling tersohor sampai sekarang adalah sebagai buah yang paling banyak dikonsumsi oleh para kaum hawa yang sedang menjalani program diet. Karena kandungan serat yang tinggi, buah ini membuat rasa kenyang lebih lama pada lambung kita. Jadi setelah kita memakan buah ini rasa lapar otomatis akan hilang sehingga membantu proses diet akan berjalan dengan lancar.


Komposisi, Kandungan dan Nutrisi Buah Apel



58 kalori
Hidrat arang (14,9 gram),
Lemak (0,4 gram),
Protein (0,3 gram),
Kalsium (6 mg),
Fosfor (10 mg),
Zat Besi (0,3 mg),
Vitamin A (90 SI),
Vitamin B1 (0,04 mg),
Vitamin C (5 mg) dan Air (84 %)
Kalium 83 mili gram
Natrium
Niasin 0,3 mili gram
Epicatehin dan catechin
Ploridzin dan quercetin
Ellejic acid dan caffeic acid
Khlorogenic Acid
Pektin
Serat
Vitamin B1 0,03 mili gram
vitamin B2, 0,01mili gra
vitamin B3,
vitamin B5,
vitamin B6,
vitamin B9

Setiap kandungan yang ada pada buah apel sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Oleh karena itu sangat disarankan untuk mengkonsumsinya setiap hari agar kesehatan kita tetap terjaga selalu.

Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan



Setelah menguraikan tentang kandungan nutrisi dan vitamin yang ada pada buah apel, sekarang wikimanfaat akan menguraikan tentang manfaat buah apel bagi kesehatan tubuh manusia. berikut ulasannya :

1. Baik untuk pencernaan dan membantu kerja usus halus



Serat, vitamin dan mineral yang terkandung pada buah apel juga sangat baik untuk menstimulus kerja usus halus dalam tubuh. Bagi anda yang ingin memiliki pencernaan sehat konsumsilah buah apel secara teratur.

2. Memberikan perlindungan pada tulang



Di dalam buah apel terdapat kandungan flavonoid (phloridzin) yang dipercaya dapat mengurangi masalah osteoporosis pada wanita pasca menopause. Selain mengandung zat flavonoid apel juga mengandung Boron yang apat berfungsi memperkuat tulang tubuh sehingga tidak mudah keropos. Buah Apel juga baik dikonsumsi untuk mencegah timbulnya gejala rematik.

3. Mengkontrol gula darah dan menurunkan kolesterol



Bagi Anda yang memiliki riwayat diabetes mengkonsumsi buah apel secara teratur dapat menjadi pilihan untuk mengontrol gula darah anda. buah apal mengandung galacturonic acid yang berfungsi menurunkan kinerja tubuh untuk melepaskan hormone insulin. Selain gula darah yang terkontrol mengkonsumsi buah ini juga dapat menurunkan kadar kolesterol karena seratnya yang dapat mengikat lemak dalam usus.

4. Mencegah dan Mengobati Kanker



Dari sebuah penelitian yang dilakukan oleh Cornel University ditemukan bahwa senyawa triterpenoids pada kulit apel dapat menghambat sel kanker pada kasus kanker payudara, lever dan usus besar. Sejumlah zat dalam apel juga bersifat anti mutagenik, mekanisme anti-inflamasi, aktivitas antioksidan, antiproliferatif dan proses apoptosis-inducing yang terbukti efektif mencegah sel kanker berkembang.

5. Mengatasi Diare dan Sembelit



Diare dan sembelit merupakan hal yang berbeda dan bertentangan. Namun ternyata dua permasalahan yang bertolak belakang ini dapat disembuhkan sekaligus dengan satu cara yaitu dengan mengkonsumsi buah apel. Serat yang terkandung di dalam buah ini terbukti efektif mengatasi dua masalah pencernaan ini.

6. Detoksifikasi Hati



Buah apel juga bersifat antioksidan yang dapat mendetoksifikasi hati dan berbagai zat racun dalam tubuh. Sehingga mengkonsumsi apel setiap hari disarankan agar tubuh kita senantiasa bersih dari racun yang masuk dalam tubuh.

7. Perawatan Kulit



Menurut para dokter saja, buah apel sangat baik bagi kesehatan kulit dan menjaga kulit agar tetap sehat karena didalamnya terkandung elastin dan kolagen yang dapat menjaga kecerahan kulit dan menjaga agar tetap lembab.

8. Mengendalikan Gula Darah



Buah apel dapat membantu mencegah radikal bebas oksigen yang dapat berpotensi menimbulkan diabetes karena kandungan seratnya yang tinggi.

Fakta Unik Buah Apel



Berdasarkan hasil penelitian Arkeologis yang mengatakan bahwa buah buah apel telah dikonsumsi oleh manusia kurang lebih 6.500 SM. Salah satu studi mengatakan bahwa penduduk Amerika mengkonsumsi buah apel kurang lebih 42 - 43 poud per tahun. Bahwa buah apel terbanyak saat ini berada di negara cina dibandingkan dengan negara-negara yang lain.

Konon asal mula pohon apel dari suatu daerah bernama laut hitam dan kaspia. Jika menanam pohon apel dari biji yang sama kemungkinan tidak menghasilkan varietas yang sama. Apabila buah Apel yang masih segar ditaruh kedalam air akan mengapung karena volume yang dimiliki 25 % kebanyakan udara.

Menanam buah apel setidaknya harus menunggu hingga 4-5 tahun untuk menghasilkan buah pertamanya
Meskipun varietas buah apel ada sekitar 7.500 namun yang paling dikenal yaitu hanya Red Delicious Apple, Apple Gala, Golde Delicious Apple, Granny Smith Apple, dan Apple Fuji Di negara jepang tercatat bahwa buah apel terberat mencapai hingga 1.849 kilo gram.

Apel terberat tercatat di Jepang dengan berat mencapai 1,849 kg. Di Pastikan Umur hidup pohon apel diyakini bisa hidup lebih dari 100 tahun lamanya

Demikianlah berbagai manfaat dari buah apel yang wajib anda ketahui.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel