10 Manfaat Buah Jeruk Nipis Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Jeruk nipis merupakan buah yang mempunyai kandungan vitamin c tinggi. Kandungan lainnya yang terdapat pada jeruk nipis ialah munyak terbang Limonene, Poncirin, Rhofifolin, Nagirin, Sypnephrine, Asam Nitrat, Fosfor, Zat Besi Dan Vitamin A, B1, serta C. Jeruk nipis mempunyai nama latin Citrus Aurantifolia yang mampunyai rasa asam. Buah ini mempunyai bentuk kecil tetapi besar khasiatnya.

Manfaat Jeruk Nipis untuk kesehatan

Sebelum kita membahas tentang ragam manfaat bah jeruk nipin bagi kesehatan tubuh dan kecantikan, terlebih dahulu wikimanfaat akan menguraikan kandungan vitamin dan nutrisi yang ada pada buah jeruk nipis.

Kandungan Nutrisi jeruk Nipis/100 Gram


  1. Asam sitrat

  2. Asam amino>triptofan dan lisin

  3. Minyak atsiri > sitral, limonen, felandren, lemon kamfer, kadinen, gerani-lasetat.

  4. linali-lasetat, aktilaldehid, nildehid.

  5. Damar

  6. Glikosida

  7. Asam sitrun

  8. Lemak

  9. Kalsium

  10. Fosfor

  11. Zat besi dan belerang.

  12. Kandungan Vitamin C (27 miligram)

  13. Vitamin B1 (0.04 miligram)

  14. Protein (0.9 gram)

  15. Lemak (0.2 gram)

  16. Karbohidrat (11.4 gram)

  17. Mineral (0.5 gram)

  18. Kalsium (33 miligram)

  19. Fosfor (23 miligram)

  20. Zat besi (0.4 miligram)

  21. Asam askorbat (49 miligram)

  22. Energi (51 kalori)

  23. Sisanya Air (86 gram)



Manfaat Buah Jeruk Nipis Untuk Kesehatan Tubuh



Berikut ini manfaat jeruk nipis bagi kesehatan tubuh manusia :

1. Jeruk Nipis Dapat Menurunkan Tekanan Darah Tinggi



Kandungan yang ada didalam jeruk nipis ternyata dapat digunakan sebagai obat penurun darah tinggi. Cara membuat obat ini anda hanya perlu mempersiapkan 20 kuntum bungan dan juga 30 lembar daun jeruk nipis. Tambahkan air perasan jeruk nipis kemudian rebuslah. Saringlah ramuan tersebut kemudian minum 3 kali sehari dengan madu.

2. Jeruk Nipis Dapat Mengobati Batu



Batuk disebabkan oleh bakteri yang masuk kedalam sistem pernapasan. Batuk dapat diobati dengan mengkonsumsi air perasan jeruk nipis yang sudah dicampurkan sedikit garam dan madu. Konsumsilah kurang lebih sebanyak 3 kali sehari. Konsumsilah ramuan ini hingga batuk Anda sembuh.

3. Jeruk Nipis Dapat Mengatasi Haid Yang Tidak Teratur



Haid yang tidak teratur dapat disebabkan oleh beberapa hal seoerti stres, terlalu capek serta mengalami gangguan kesehatan didalam tubuh. Jeruk nipis dapat membantuk mengatasi haid yang tidak tertaur. Cara membuat obat tersebut ialah dengan menambahkan air jeruk nipis yang sudah dicampur dengan satu sendok madu dan air panas. Konsumsilah ramuan tersebut ketika masih dalam keadaan hangat selama 3 kali sehari.

4. Jeruk Nipis Dapat Mengobati Penyakit Amandel



Amandel yang biasanya hanya dapat diobati melalui operasi ternyata juga dapat disembuhkan dengan menggunakan jeruk nipis. Rebuslah kulit jeruk nipis yang sudah dipoting kecil-kecil kedalam sebuah panci yang telah diisi 2 gelas air. Saring air tersebut kemudian berkumur-kumurlah menggunakan ramuan tersebut. Lakukan 4 kali sehari untuk hasil yang maksimal.

 

Manfaat Buah jeruk nipis untuk kecantikan



Ternyata selain bermanfaat bagi kesehatan tubuh, buah jeruk nipis juga bermanfaat bagi kecantikan, baik itu kecantikan wajah maupun yang lainnya. Beriut manfaat Jeruk nipis untuk kecantikan :

1. Jeruk Nipis Dapat Membuat Wajah Lebih Putih Berseri



Kandungan Vitamin C serta Antioksidan yang terdapat pada jeruk nipis dapat membuat wajah menjadi lebih bersih. Jeruk nipis dapat berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan menggantikannya dengan yang baru. Buah ini juga berkhasiat untuk mengangkat komedo sehingga wajah akan lebih sehat, bersih dan terlihat segar.

2. Jeruk Nipis Dapat Membantu Untuk Mengaangkat Sel-Sel Kulit Yang Mati



Jeruk nipis mempunyai kandungan Alpha Hudrocy Acid yang berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit yang mati. Terangkatnya sel-sel kulit mati pada wajah membuat pori-pori bersih dari komedo sehingga kulit akan meregenerasi sel kulit yang baru. Wajah akan terlihat lebih segar dan bersih dengan penggunaan jeruk nipis secara rutin. Oleskanlah bebrapa tetes air perasan jeruk nipis setiap hari untuk hasil yang maksimal.

3. Jeruk Nipis Dapat Membantu Membersihkan Komedo



Komedo merupakan salah satu masalah kulit yang disebabkan karena kotoran terseumbat pada pori-pori wajah. Jeruk nipis dapat digunakan sebagai ramuan untuk membersihkan komedo pada wajah. Oleskanlah air jeruk nipis pada area wajah yang mempunyai banyak komedo. Lakukanlah perawatan ini setiap harinya untuk hasil yang lebih maksimal.

4. Jeruk Nipis Dapat Digunakan Untuk Melangsingkan Badan



Badan yang langsing dan ideal merupakan salah satu hal yang ingin dimiliki oleh setiap orang. Jeruk nipis mempunyai beberapa kandungan nutrisi dan Vitamin yang berfungsi untuk melangsingkan badan. Campur dan minumlah air perasan jeruk nipis serta teh hijau setiap harinya untuk hasil yang maksimal.

5. Jeruk Nipis Dapat Mengobati Jerawat



Jerawat yang berlebih pada wajah akan membuat penampilan menjadi kurang percaya diri. Jerawat dapat diobati dengan menggunakan air perasan jeruk nipis. Oleskanlah air jeruk nipis pada jerawat setiap harinya untuk hasil yang optimal.

6. Jeruk Nipis Dapat Mencegah Rambut Rontok Serta Berketombe



Ketombe yang ada pada rambut disebabkan karena kotoran dirambut tidak tercuci secara bersih ketika sedang mandi. Permasalahan pada rambut ini dapat diatasi dengan menggunakan jeruk nipis. Oleskan jeruk nipis yang sudah dipotong menjadi dua pada kulit kepala. Bungkus kulit kepala menggunakan plastik atau kain selama sehari lalu cici hingga bersih. Lakukan perawatan ini selama 3 kali dalam seminggu untuk hasil yang maksimal.

Berbicara tentang jeruk nipis, tentu saja dari sisi manfaatnya cukup banyak. Namun jeruk nipis juga memiliki fakta unik yaitu buah tersebut selalu identik dengan kecantikan kulit baik itu mencerahkan kulit maupun perawatan kulit secara alami.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel