Cara Mengobati Amandel Meradang Dengan Buah Mengkudu

Beberapa orang pernah mengalami radang pada tenggorokan atau sakit pada amandel yang mengakibatkan kesulitan menelan. Penyakit ini memang sangat mengganggu aktifitas, apalagi penyakit ini mengakibatkan tanda-tanda demam. Peradangan amandel atau tonsilitis biasanya berlangsung cepat dan termasuk jenis faringitis. Adapun cara mengobati amandel meradang dapat dilakukan secara medis, dam dapat memakai ramuan tradisional.





 Beberapa orang pernah mengalami radang pada tenggorokan atau sakit pada amandel yang meny Cara Mengobati Amandel Meradang Dengan Buah Mengkudu





Penyakit raang amandel sering disebabkan karen infeksi virus dan bakteri. Jika penyebabnya basil A streptococcus maka termasuk radang tenggorokan. Dan infeksi basil diantaranya N gonorrhoeae, C diphtheriae atau H influenzae. Gejala radang amandel biasanya mencakup sakit pada tenggorokan, demam tinggi, amandel membengkak. Sakit dapat dirasakan ketika menelan makanan, dan kelenjar getah bening besar terasa sakit di sekitar leher. Ada juga beberapa penderita mengalami komplikasi infeksi peritonsillar, tetapi jarang ditemukan. 






Infeksi virus dan basil paling umum menyebar melalui udara, dan pengobatannya mencakup perbaikan tanda-tanda dan penurunan komplikasi. Biasanya penyakit ini sering menyerang ketika pergantian musim, terutama pada anak-anak. Obat medis yang paling umum dipakai ialah parasetamol dan ibuprofen untuk mengurangi rasa sakit. Radang tenggorokan dan amandel dapat diatasi dengan antibiotik menyerupai penisilin, sefalosporin atau makrolida. Sedangkan cara mengobati amandel meradang dengan ramuan tradisional dapat memakai mengkudu.





Cara Mengobati Amandel Meradang






Mengkudu (Morinda Citrifolia) semenjak zaman kuno telah dipakai sebagai salah satu materi herba pengobatan tradisional. Termasuk buah, daun, dan akar pernah dipakai dalam tradisi Polinesia sebagai tonik umum dan dianggap sebagai makanan. Sementara dalam pengobatan tradisional Tiongkok, akar dipakai untuk mengatasi nyeri perut, impotensi, dan gangguan menstruasi. 





Buah mengkudu mengandung karbohidrat, serat makanan, vitamin C, vitamin A, niasin, besi dan kalium. Buah mengkudu juga mengandung senyawa kimia termasuk lignan, oligo dan polisakarida, flavonoid. Iridoid, asam lemak, scopoletin, catechin, beta sitosterol, damnacanthal, dan alkaloid. Adapun cara mengobati amandel meradang dengan mengkudu sebagai berikut:




  1. Ambil buah mengkudu yang sudah matang atau berwarna kuning.
  2. Cuci bersih, kemudian parut dan dicampur dengan 100ml air matang.
  3. Biarkan selama 30 menit, kemudian saring airnya.
  4. Tambahkan air yang telah disaring dengan satu sendok teh madu.
  5. Gunakan ramuan ini untuk berkumur, lakukan sehari 3 kali.
  6. Ramuan ini tidak berbahaya dan tanpa dampak samping kalau tertelan. 









Ramuan sari mengkudu diatas juga dapat mengatasi sariawan dan panas dalam. Dapat dipakai untuk anak diatas 5 tahun dan orang dewasa. Beberapa orang dapat sembuh dalam tiga hari, tetapi kebanyakan sembuh dalam satu minggu. Jika lebih dari waktu ini, sebaiknya segera periksa secara medis untuk mengetahui kemungkinan lain.





Referensi





  • Peritonsillar Abscess: Complication of Acute Tonsillitis or Weber's Glands Infection?. Publish by journal of American Academy of Otolaryngology-Head and Neck Surgery, 2016. DOI:10.1177/0194599816639551
  • The ocean-going noni, or Indian Mulberry (Morinda citrifolia, Rubiaceae) and some of its "colorful" relatives. Publish by Economic Botany, 1992. DOI:10.1007/BF02866623

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel